Brian Yudhistira R
Brian Yudhistira R Mohon Tunggu... Foto/Videografer - Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang

Saya Brian Yudhistira Rahmansyah mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang, yang kebetulan senang dengan hoby travelling, hiking, fotografi dan videografi.

Perjalanan ke Gunung Lawu, Ingin Pulang Malah Kehabisan Uang

14 Desember 2022   21:45 Diperbarui: 14 Desember 2022   22:23 581

Kehabisan uang saat mendaki adalah momen yang sulit untuk dilupakan, entah ini bisa disebut kenangan buruk atau senang, pasalnya perasaan saya pada waktu itu bercampur aduk jad satu mulai dari senang, seru, capek, pengen mengulangi lagi, dan ga pengen mengulangi lagi, semua perasaan itu menyatu menjadi 1.

Pada tanggal 12 juli 2020 kami ber lima (saya, andro, lutfi, izzul, dan yudi) telah merencanakan untuk pergi mendaki ke gunung lawu, berkumpul di rumah Andro untuk mempersiapkan dan mengecek semua peralatan dan kebutuhan selama pendakian, setelah itu kami berdiskusi untuk menentukan bus apa yang bakal kita naiki dan merencanakan bahwa setelah sampai di terminal Bungurasih Surabaya kami ingin berhenti sejenak untuk merokok, mengamati situasi dan berbincang.

Setelah semua persiapan semua selesai, kami berempat diantar oleh ayahnya Andro ke terminal Bungurasih. Ternyata sesampainya di terminal Bungurasih semua rencana yang kita susun sia-sia akibat yudi diseret oleh calo terminal dan dia mengikuti calo tersebut, kami berempat yang secara gak sadarpun mengikuti yudi dan menganggap yudi tau harus naik bus apa, dan kemana tujuan kita. Ternyata setelah masuk ke dalam bus yudi pun tidak mengetahui hal tersebut dan hanya mengikuti calo busnya ujar yudi.

Saya yang sudah lumayan sering pergi ke jawa tengah naik bus kaget mengetahuni harga bus yang ditumpangi saat ini, harga bus saat uni mengalami kenaikan 3 kali lipat dari harga sebelumnya, mungkin karena faktor corona dan karena kena calo yang tadi ada di terminal.

Setelah sampai di Terminal Solo kita langsung menuju basecamp pendakian ia Ceto menaiki mobil sewaan yang ada di Terminal. Karena kita sampai di BaseCamp malam dan melewati batas maksimal perizinan kita memutuskan untuk istirahat dan bermalam di Basecamp dan mulai naik besok pagi. Kita merencaakan mau melakukan pendakian lintas, naik via Ceto dan turun di via Cemoro Kandang ternyata karena faktor corona jadi tidak bisa melakukan pendakian lintas itu.

Selama pendakian berjalan lancar dan kami bisa sampai puncak dan kembali ke Basecamp dengan selamat, kami sampai Basecamp malam hari karena dengan kondisi yang capek dan tidak memungkinkan untuk pulang pada saat itu juga, kami memutuskan untuk kembali bermalam di Basecamp dan pulang besok pagi.

Dokpri

Kami ber lima mulai sadar karena uang kami semua mulai menipis dan apabila di hitung-hitung mungkin tidak akan sampai untuk kembali kerumah dengan naik bus, kemudian kami mencari cara agar supaya bisa pulang sampai rumah dengan selamat, pertama kami menyewa elf (bus mini) milik warga di sekitar basecamp sambil mencari gandengan yang mau bareng dengan kita agar biaya sewa semakin ringan, kemudian kami menemukan rombongan dari Surabaya yang mau bareng dengan kita agar meringankan beban sewa tersebut.

Di dalam elf kami mulai menghitung lagi dan hasilnya masih saja kurang buat naik bus sampai ke mojokerto, rombongan dari Surabaya tersebut pun mengetahui apabila kita kekurangan uang untuk pulang, karena merasa kasihan dan mungkin karena sesama pendaki memiliki solidaritas yang tinggi dan saling tolong menolong kemudian rombongan tersebut menawarkan untuk dibarengi sampai ke Surabaya dengan nebeng truk ataupun pick up yang lewat.

Mungkin karena mereka yang dari Surabaya yang nekatnya luar biasa dan sedikit ngawur dalam menghadang truk/pick up ada beberapa dari kami yang ga terbiasa dan merasa takut. Dari situ kami memutuskan untuk pisah karena sebagian dari kami takut dengan cara mereka, kami pun berpisan dan mereka melanjutkan perjalanannya naik bus.

Uang kami tipis dan menyatukan semua uang, kami semua merasa lapar dan memutuskan untuk memakai sisa uang tersebut untuk makan. Setelah makan kebingungan kami kembali menyelmuti, kami semua tidak memiliki atm untuk meminta tranfer dari orang tua, Cuma yudi yang memiliki atm, yudi dipaksa untuk meminta tranferan dari orang tuanya, sembari menunggu yudi ditranfer oleh orang tuanya kami berusaha dengan mencari tebengan truk ataupun pick up di jalan raya dengan sopan dan tidak ugal-ugalan dan mencari truk dan pick up yang sedang berhenti.