Mohon tunggu...
Kinanti Kharisma Laily
Kinanti Kharisma Laily Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa S1 Bimbingan dan Konseling

Universitas Negeri Surabaya

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Efektivitas Layanan Bimbingan Klasikal dalam Meningkatkan Kepercayaan Diri Peserta Didik

17 Desember 2022   07:00 Diperbarui: 17 Desember 2022   09:05 468
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Putri Firdyana Dwicahyaningrum

Kinanti Kharisma Laily

Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Confidence is an important thing that every human being has, especially students. Self-confidence plays a role in bridging oneself to do anything freely without feeling anxious. Confidence is a feeling that comes from within humans. But often, some students still lack the confidence to speak or express opinions in front of many people. In this study, it will be reviewed how counselors or guidance and counseling teachers build students' self-confidence through classical guidance services so that students become more courageous in expressing opinions and interacting with friends. This research will be conducted with the method of literature study. The results of this study explain that classical guidance services are effective in helping students increase their feelings of self-confidence. This is also influenced by the support of the surrounding environment and the ability to be able to better understand oneself with all the strengths and weaknesses. So that when a person can understand himself, then he will be able to express something to others as a form of self-acceptance.

Keywords: self-confidence, classical guidance

Abstrak

Kepercayaan diri merupakan hal yang penting dimiliki oleh setiap manusia terutama peserta didik. Kepercayaan diri berperan untuk menjembatani diri melakukan apapun secara bebas tanpa rasa cemas. Kepercayaan diri adalah perasaan yang berasal dari dalam diri manusia. Tetapi seringkali, terdapat peserta didik yang masih kurang memiliki kepercayaan diri baik itu untuk sekedar berbicara ataupun mengungkapkan pendapat di depan banyak orang. Dalam penelitian ini, akan diulas bagaimana carakonselor atau guru bimbingan dan konseling dalam membangun kepercayaan diri peserta didik melalui layanan bimbingan klasikal sehingga peserta didik menjadi lebih berani dalam mengemukakan pendapat dan berinteraksi dengan temannya. Penelitian ini akan dilakukan dengan metode studi kepustakaan. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa layanan bimbingan klasikal efektif untuk membantu peserta didik meningkatkan perasaan kepercayaan diri yang ada dalam dirinya. Hal ini juga dipengaruhi oleh dukungan lingkungan sekitar dan kemampuan untuk bisa lebih memahami diri dengan segala kekurangan dan kelebihan. Sehingga saat seseorang sudah bisa memahami diri, maka dirinya akan mampu untuk mengekspresikan sesuatu kapada orang lain sebagai bentuk penerimaan terhadap diri sendiri. 

Kata kunci: kepercayaan diri, bimbingan klasikal

PENDAHULUAN

                 Rasa percaya diri sangat penting untuk menunjang aktivitas seseorang. Kepercayaan diri yang tinggi dapat membuat seseorang dapat secara bebas dan mudah untuk bisa beradaptasi dan berinteraksi dengan orang lain tanpa terlalu cemas dalam memikirkan dan melakukan suatu tindakan tertentu. Kepercayaan diri adalah perasaan dan sikap yang timbul dalam diri seseorang. Menurut Hidayati & Savira (2021) kepercayaan diri merupakan suatu perasaan yang dimiliki seseorang dalam memahami kelebihan serta kekurangan pada dirinya yang dimana hal tersebut digunakan dalam menyesuaikan diri dengan lingkungan agar dapat berinteraksi pada orang lain baik tidak langsung ataupun langsung. Aspek kepercayaan diri meliputi sikap optimis, bertanggung jawab, tidak bertele-tele, rasional dan realistis. Keyakinan mengacu pada keyakinan terhadap kemampuan yang dimiliki dan dapat dirasakan ketika perilaku siswa diwujudkan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun