Sistematika Penulisan Karya Tulis Ilmiah

30 Januari 2012 06:52:34 Dibaca :
Sistematika Penulisan Karya Tulis Ilmiah
-

Akhir-akhir ini banyak kita temui  teman-teman guru yang belum mengetahui sistematika penulisan karya tulis ilmiah.Oleh karena itu dalam kesempatan ini, izinkan saya menuliskan sistematika penulisan karya tulis ilmiah.

Semoga bermanfaat untuk teman-teman guru di seluruh Indonesia yang saat ini hendak mengusulkan dirinya untuk naik pangkat ke jenjang yang lebih tinggi.

SISTEMATIKA PENULISAN KARYA TULIS ILMIAH

VERSI DEPDIKNAS UNTUK KENAIKAN PANGKAT

1. LAPORAN HASIL PENELITIAN : A. Bagian Pembuka :

  • Halaman judul.
  • Lembar pengesahan.
  • Kata pengantar.
  • Daftar isi.
  • Daftar Lampiran.

B. Bagian Isi : Bab    I    Pendahuluan -         Latar belakang masalah. -         Rumusan masalah. -         Tujuan penelitian. -         Manfaat penelitian. Bab  II    Kajian teori atau tinjauan kepustakaan -         Pemahasan teori -         Kerangka pemikiran dan argumentasi keilmuan -         Pengajuan hipotesis Bab III    Metodologi penelitian -         Waktu dan tempat penelitian. -         Metode dan rancangan penelitian -         Populasi dan sampel. -         Instrumen penelitian. -         Pengumpulan data dan analisis data. Bab  IV    Hasil Penelitian -         Jabaran varibel penelitian. -         Hasil penelitian. -         Pengajuan hipotesis. -         Diskusi penelitian, mengungkapkan pandangan teoritis tentang hasil yang didapatnya. Bab   V    Kesimpulan dan saran C. Bagian penunjang -         Daftar pustaka. -         Lampiran- lampiran antara lain instrument penelitian. 2. LAPORAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS : A. Bagian Pembuka : -         Halaman judul. -         Lembar pengesahan. -         Kata pengantar. -         Daftar isi. -         Daftar Lampiran. B. Bagian Isi : Bab    I    Pendahuluan -         Latar belakang masalah. -         Identifikasi masalah. -         Pembatasan dan rumusan masalah. -         Tujuan penelitian. -         Manfaat hasil penelitian. Bab  II    Kajian pustaka -         Kajian teori. -         Kajian hasil penelitian. Bab III    Metodologi / Metode penelitian -         Objek tindakan. -         Setting/Lokasi/Subjek penelitia. -         Metode pengumpulan data. -         Metode analisis data. -         Cara pengambilan kesimpulan. Bab  IV    Hasil Penelitian -         Gambaran selintas tentang setting. -         Uraian penelitian secara umum – keseluruhan. -         Penjelasan per siklus. -         Proses menganalisa data. -         Pembahasan dan pengambilan kesimpulan. Bab   V    Kesimpulan dan saran -         Kesimpulan. -         Saran untuk tindakan lebih lanjut. C. Bagian penunjang/penutup -         Daftar pustaka. -         Lampiran- lampiran. 3. TINJAUAN/ULASAN ILMIAH HASIL GAGASAN SENDIRI : A. Bagian Pendahuluan : -         Halaman judul. -         Lembar pengesahan. -         Kata pengantar. -         Daftar isi. -         Abstrak. B. Bagian Isi : Bab I : Pendahuluan uraian mengenai hal yang dipermasalahkan. Bab II: Kajian teori dan fakta mengenai hal yang dipermasalahkan. BabIII: Tinjauan/ulasan. Bab IV: Kesimpulan. C. Bagian penunjang : -         Daftar pustaka. -         Lampiran- lampiran.

  1. 4. BUKU
    1. A. Bagian Pendahuluan

-         Kata pengantar -         Daftar isi -         Penjelasan tujuan buku pelajaran -         Petunjuk penggunaan buku -         Petunjuk pengerjaan soal latihan

  1. B. Bagian isi

-         Judul bab atau topic isi bahasan -         Uraian singkat isi pokok bahasan -         Penjelasan tujuan bab -         Uraian isi pelajaran -         Penjelasan teori -         Sajian contoh -         Ringkasan isi bab -         Soal latihan -         Kunci jawaban soal latihan

  1. C. Bagian penunjang

-         Daftar pustaka -         Lampiran-lampiran 5. MODUL :

  1. Judul
  2. Pengantar
  3. Petunjuk penggunaan modul
  4. Yujuan umum pembelajaran
  5. Kemampuan prasyarat
  6. Pretest
  7. Tujuan khusus pembelajaran
  8. Isi bahasan
  9. Kegiatan belajar
  10. Rangkuman
  11. Tes
  12. Sumber media yang digunakan
  13. Tes akhir dan umpan balik
  14. Rancangan pengajaran
  15. Daftar pustaka

6. DIKTAT PELAJARAN: A. Bagian Pendahuluan : -         Halaman judul. -         Kata pengantar. -         Daftar isi. -         Penjelasan tujuan diktat pelajaran. B. Bagian Isi : -         Judul bab atau topik isi bahasan. -         Penjelasan tujuan bab. -         Uraian isi pelajaran. -         Penjelasan teori. -         Sajian contoh. -         Soal latihan. C. Bagian penunjang : -         Daftar pustaka. -         Lampiran- lampiran. 7. ALAT PERAGA A.Bagian Pembuka – Halaman judul – Lembar pengesahan – Kata pengantar – Daftar isi B. Bagian isi – Latar belakang pembuatan alat peraga – Manfaat alat peraga – Bahan yang digunakan – Keadaan siswa sebelum dans esudah menggunakan alat peraga – Prestasi siswa sebelum dan sesudah menggunakan alat peraga – Foto / gambar alat peraga Salam Blogger Persahabatan Omjay http://wijayalabs.com

Wijaya Kusumah

/wijayalabs

TERVERIFIKASI (BIRU)

Teacher, Motivator, Trainer, Writer, Blogger, Fotografer, Father, Pembicara Seminar, dan Workshop Tingkat Nasional. Sering diminta menjadi pembicara atau nara sumber di bidang ICT,Eduprenership, Learning, dan PTK. Wijaya adalah Guru SMP Labschool Jakarta yang doyan ngeblog di http://wijayalabs.com, Wijaya oleh anak didiknya biasa dipanggil "OMJAY". Hatinya telah jatuh cinta dengan kompasiana pada pandangan pertama, sehingga tiada hari tanpa menulis di kompasiana. Kompasiana telah membawanya memiliki hobi menulis yang dulu tak pernah ditekuninya. Pesan Omjay, "Menulislah di blog Kompasiana Sebelum Tidur". Hp. 08159155515 email : wijayalabs@gmail.com
Selengkapnya...

KOMPASIANA ADALAH MEDIA WARGA, SETIAP KONTEN DIBUAT OLEH DAN MENJADI TANGGUNGJAWAB PENULIS.

Siapa Yang Menilai Tulisan Ini ?