Mohon tunggu...
Bahy Chemy Ayatuddin Assri
Bahy Chemy Ayatuddin Assri Mohon Tunggu... Dosen - Pendidik Di Salah Satu Kampus

Menulis merupakan refleksi diri dan pengetahuan

Selanjutnya

Tutup

Bahasa Pilihan

Puisi "Kepada Uang" Karya Joko Pinurbo: Refleksi Atas Materialisme dan Hakikat Kekayaan

28 April 2024   10:12 Diperbarui: 28 April 2024   10:25 314
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
https://daerah.sindonews.com/

Puisi "Kepada Uang" karya Joko Pinurbo adalah karya sastra yang menggugah pikiran dan menyentuh hati. Melalui bahasa yang indah dan imajinasi yang kaya, ia mengajak pembaca untuk merenungkan makna sejati kehidupan dan pentingnya menjauhkan diri dari materialisme yang menghambat pertumbuhan rohani dan kesejahteraan sosial. Dengan pesan yang mendalam dan gaya bahasa yang khas, puisi ini akan terus mempengaruhi dan menginspirasi pembaca di berbagai generasi.

Dengan demikian, puisi "Kepada Uang" tidak hanya merupakan kritik terhadap keserakahan dan materialisme, tetapi juga sebuah panggilan untuk merenungkan kembali nilai-nilai yang sesungguhnya penting dalam kehidupan. 

Joko Pinurbo mengajak kita untuk melihat melampaui kekayaan materi dan mencari kebahagiaan dalam hal-hal yang lebih dalam dan berarti. Dalam kesederhanaannya, puisi ini menyampaikan pesan yang kuat dan relevan tentang makna sejati kehidupan.

Selamat jalan Joko Pinurbo, terima kasih atas karya-karyamu yang penuh dengan nilai-nilai filosofis dan kesederhanaan yang berguna untuk mengarungi kehidupan yang penuh perjuangan ini.  

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bahasa Selengkapnya
Lihat Bahasa Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun