Memanfaatkan Media Sosial Sebagai Penunjang Penghasilan

17 Juli 2017   12:10 Diperbarui: 17 Juli 2017   12:17 44 1 1

Media sosial adalah sebuah media online, dengan para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi meliputi blog, jejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual. Banyak sekali  media sosial yang dapat kita gunakan seperti instagram, youtube, facebook, line, twitter dan media-media lainya.

 Akses untuk mendapatkan berbagai informasi dan wawasan dalam media sosial sangatlah mudah selain informasi kita juga menemui berbagai penyimpangan yang terdapat dalam media sosial. Nampaknya masih banyak yang belum memanfaatkan media secara bijak. Masih banyak penggunaan media sosial untuk tindak kejahatan. Setiap akun yang kita miliki dalam media sosial memang milik pribadi namun tidak seenaknya kita bisa menuliskan status caption atau mengunggah sesuatu yang mangandung unsur SARA. Kurangnya pemahaman mengenai UU ITE juga membuat masyarakat masih seenaknya mengunggah sesuatu yang kurang bermanfaat yang merugikan orang lain.

Banyak yang bisa kita explor dari media sosial sehingga media sosial lebih menguntungkan dan bermanfaat bagi penggunanya. Sudah bukan menjadi rahasia publik bahwa banyak sekali orang-orang bekerja duduk manis dirumah memainkan media sosial namun mendapatkan income yang sebanding atau bahkan lebih dari mereka yang bekerja keras banting tulang. Banyak sekali peluang bisnis atau kerja sama yang terjalin dari perteman di media sosial.

Media sosial adalah hal-hal berharga, bukan melulu curhat atau gosip dan debat kusir, agar kontak baru anda dapat bertahan lama di media sosial. (Brilyantini, 2015 : 108). Seperti yang dikutip dari Brilyantini media sosial bukanlah semata tentang ocehan-ocehan ataupun curhatan-curhatan semata melainkan sesuatu yang dapat kita manfaatkan sebagai penunjang kebutuhan.

Contoh salah satu pemanfaatan media sosial adalah Instagram. Melalui akun instagram kita bisa mengupload foto, memberi like,comment maupun message. Dilansir dari Tempo.co "Jumlah pengguna aktif Instagram melonjak 23 persen dari 130 juta pengguna pada Juni 2013 menjadi 150 juta per bulan pada kuartal keempat tahun lalu". Berdasarkan jumlah tersebut apabila setiap orang menggunakan instagram dengan bijak maka berapa persen media sosial ikut berperan dalam mengentasi masalah pengangguran di Indonesia.

Dalam dunia instagram pasti tidak asing dengan namanya Endorse. Endorse merupakan suatu kegiatan yang dilakukan biasanya oleh dua orang pihak dengan rulestertentu antar selebgram dan pemilik OS atau Online shop. Biasanya OS akan meminta barang atau produknya dipromosikan oleh selebgram yang memiliki jumlah followers dalam jumlah yang banyak. Dalam kegiatan tersebut tertentunya ada timbal balik yang terjadi antara pihak selebram dan pemilik OS. Dari kegiatan endorse tersebut maka seorang selebgram akan mendaptkan pundi-pundi uang dan pihak OS akan mendapat feedback kenaikan dalam penjualan produk.

Sangat disayangkan ada berbgai pihak yang menggunakan instagram sebagai kejahatan. Banyak sekali kejadian OS penipu, ketika kita sudah mengirim sejumlah uang namun barang yang kita beli tidak dikirim oleh pihak OS. Lagi-lagi tidak ada tidakan yang tegas mengenai akun-akun Online Shop dengan kedok penipu. Maka dari itu peran selebgram sangat penting dalam dunia instagram, karena mereka para OS yang dipromosikan oleh selebgram sebagian besar sudah mendapatkan kepercayaan dari pengguna jasa belanja online.

Bukan hanya instagram saja yang bisa menghasilkan pundi-pundi uang. instagram dan youtube bisa jadi sesuatu yang berkesinambungan. Mereka yang sudah merasakan bagaimana manisnya uang mengalir tanpa perlu bekerja keras pasti akan melirik youtube. Youtube juga merupakan salah satu media sosial yang banyak digunakan belakangan ini karena bukan hanya bisa menambah wawasan atau berbagi pengalaman, kita bebas mengisi konten youtube milik kita sendiri.

Akun pribadi yang kita miliki di youtube tak semena-mena kita dapat menggunakannya tanpa ada aturan. Sistem banned akun atau pemblokiran akun selamanaya oleh pihak youtube apabila berlaku apabila konten yang kita unggah adalah hasil dari karya orang lain. Semakin berkualitas dan memberikan efek positif konten yang kita unggah di youtube juga mempengaruhi viewers. Jika kita telah memiliki banyak viewers tentu akan ada iklan yang terpasang di channel kita, kita harus mencapai 10.000 views/tayangan untuk  bisa dipasangi iklan.

Untuk dapat menghasilkan uang melalui yotube kita harus memperhatikan beberapa hal seperti kita harus memiliki video, harus memiliki akun youtube dan harus mengaitkan youtube dangan adsense. Mungkin banyak masyarakat yang masih bingung dengan sistem kinerja youtube.  Untuk mendapatkan akun adsenseyoutube syaratnya cukup mudah, hanya perlu sebuah video origianal termasuk audio minimal berdurasi enam menit untuk didaftarkan adsense. Tidak memerlukan waktu lama untuk menunggu pemberitahuan adsense diterima atau tidak cukup memrlukan waktu kurang lebih tiga hari.

Banyak sekali youtuber-youtuber bermunculan di Indonesia seperti Arief Muhammad, Reza Arap dan sederetan beauty youtuber. Bisanya konten yang diunggah di youtube berupa lifestyle, beauty, kesehatan, game, travelling dan banyak sekali tayangan kreatif yang bisa kita jumpai di youtube. Penghasilan yang bisa didaptakan dari youtube juga tidak bisa kita remehkan.

Selain youtube dan istagram sebenarnya masih banyak lagi media sosial yang bisa kita maksimalkan untuk menghasilkan pundi-pundi rupiah. Bagi yang memiliki kemampuan menulis hal ini sangat menguntungkan karena sekarang ini siapapun bebas menjadi jurnalis tak selalu mereka yang mendalami dunia jurnalis, orang awam juga bisa menjadi jurnalis. Dari tulisan-tulisan yang kita tulis bisa kita unggah pada salah satu aplikasi berita yang bisa menhasilkan income. Sangat menguntungkan sekali jika kita pandai memaksimalkan penggunaan media sosial bukan.

Kita hidup diera perkembangan teknologi yang sangat pesat perkembanganya. Mau tidak mau kita harus berdaptasi mengikuti perkembangan zaman. Mengingat sosial media sudah seperti kebutuhan sehari-hari yang harus dipenuhi, kita harus pandai-pandai mengelola sosial media yang kita miliki bahkan jika memungkinkan menjadikannya sebagai penunjang pengahsilan atau bahkan menjadi pekerjaan.

Referensi Brilyantini. 2015. Sukses Bekerja Dari Rumah. Yogyakarta : CV. Diandra Primamitra Media.