Arsitektur Belanda yang Istimewa

15 Mei 2012 10:36:42 Dibaca :







Sebuah negara yang tidak terlalu besar di Eropa dengan segudang keunikan dan keindahan yang dimilikinya membuat negara ini menjadi pandangan banyak orang. Selain itu negara ini juga merupakan salah satu tujuan utama bagi turis untuk melanjutkan sekolahnya bahkan hingga bekerja dan menetap di Belanda. Bagian lain yang menarik dari kota Belanda adalah negara dengan penuh kreativitas.


Salah satu bagian yang menampilkan kreativitas orang-orang Belanda pada jaman dulu adalah bangunan klasik yang dimilikinya. Bangun klasik yang banyak akan cerita menarik didalamnya. Keindahan lain yang tidak bisa dilepaskan dari Belanda adalah arsitektur bangunan klasik yang megah serta memiliki sejarah yang besar. Bangunan yang tinggi dengan pilar yang besar serta nuansa klasik tradisional menambah kepuasan jika menikmatinya secara langsung. Perpaduan budaya dan kesenian yang saling melengkapi. Bahkan bisa jadi Belanda merupakan salah satu negara dengan keindahan arsitektur bangunan yang masih dipertahankan hingga saat ini di tengah zaman modernisasi yang pesat. Lokasi bangunan yang dilengkapi dengan keindahan alam menambah keistimewaan. Sungguh luar biasa kekreatifitasan orang-orang Belanda dalam menunjukan sisi keunikan dari negaranya. Pembuatannnya juga tidak sembarangan. Berpikir keras dalam setiap rancangannya. Serta setiap bangunan pasti memiliki sejarah yang menyimpan sejumlah kenangan. Secara tidak langsung mereka telah membentuk Belanda sebagai negara dengan salah satu negara dengan arsitektur yang indah. Bahkan mungkin arsitektur yang tidak akan bisa diciptakan oleh negara-negara lain.


Tidak bisa membayangkan jika melihatnya secara langsung dan menikmati keindahan arsitekturnya dari dekat. Dengan ditambah suasana negara Belanda yang tidak akan terlupakan. Salah satu bangunan dengan arsitektur yang indah hasil dari orang-orang Belanda tidak hanya terdapat di negara kincir angin saja. Negara yang juga mendapatkan peninggalan adalah Indonesia. Mengingat Belanda pernah menjajah Indonesia selama 3,5 abad. Beberapa kota di Indonesia juga bisa merasakan dampak dari kreativitas orang-orang Belanda pada masa tersebut dengan penuh cerita yang mengikutinya. Beberapa diantaranya seperti BNI, Lawang Sewu, Benteng salah satu bangunan yang sampai sekarang masih digunakan sebagai aktivitas rutin adalah Kantor Pos Indonesia di Kota Yogyakarta. Selain keindahannya kita juga harus merasakan bahwa bangunan tersebut saat ini benar-benar ada dan bahkan sampai sekarang bangunan-bangunan tersebut di lindungi oleh pemerintah. Sampai-sampai menjadi salah satu tujuan wisata bagi pendatang yang ingin menikmati keindahan arsitektur klasik jaman dulu.


Keindahan arsitektur ini semakin meyakinkan bahwa akan abadi sepanjang masa. Orang-orang dari negara lain masih bisa menikmati sampai nanti. Inilah yang bisa menjadi bagian dari peninggalan negara Belanda yang begitu istimewa. Sungguh kesempatan yang tidak akan disia-siakan jika diberi waktu untuk bisa menikmati keindahan kota Belanda dari sisi bangunan.



Sesilia Kartika Purwaningrum


Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Sesilia Kartika Purwaningrum

/sesiliakartika

Mahasiswa Ilmu Komunikasi konsentrasi Jurnalistik
Selengkapnya...

KOMPASIANA ADALAH MEDIA WARGA, SETIAP KONTEN DIBUAT OLEH DAN MENJADI TANGGUNGJAWAB PENULIS.

Siapa Yang Menilai Tulisan Ini ?