HEADLINE HIGHLIGHT

Ekspansi TVRI Melalui Tayangan Olah Raga

28 Juli 2012 02:06:39 Dibaca :
Ekspansi TVRI Melalui Tayangan Olah Raga
tvri.co.id

JAKARTA –  Menyaksikan tayangan langsung Upacara Pembukaan (Opening Ceremony) Olimpiade London 2012 melalui layar televisi pada Sabtu dinihari tadi (28/7), sungguh membuat takjub semua orang. Tidak terkecuali bagi pemirsa di Indonesia yang disuguhi tayangan gratis melalui dua stasiun televisi, salah satunya oleh Televisi Republik Indonesia (TVRI) milik Pemerintah.

Sebagai stasiun televisi pertama di Indonesia,  dewasa ini TVRI mulai mendekatkan diri pada masyarakat dengan memberikan tayangan-tayangan pilihan, termasuk dari cabang olah raga. Apalagi untuk memperingati ulang tahunnya yang ke 50, pada 24 Agustus mendatang, TVRI mengawalinya dengan gebrakan terbaru melalui siaran langsung Olimpiade dan sepak bola Liga Italia Seri A. Dimulai dari Olimpiade, pesta olah raga multi cabang ini, disiarkan langsung dari 27 Juli hingga 12 Agustus 2012 dari pembukaan hinga penutupan. "Kami akan menyiarkan pertandingan di Olimpiade seperti Bulu tangkis, Sepak bola, basket, dan beberapa cabang olah raga lainnya yang dimainkan atlet Indonesia," kata Irwan Hendarmin, Direktur Program dan berita TVRI saat melakukan pengenalan program, Jumat (13/7). Ketika ditenggarai alasan pembelian paket siaran Olimpiade ini, disebutkan bahwa sebagai lembaga penyiaran pemerintah, selayaknya memenuhi kebutuhan masyarakat, termasuk di bidang olah raga. "TVRI berusaha untuk bersaing dengan stasiun televisi swasta lainnya. Saat ini kami ingin menampilkan program yang lebih mengena pada olah raga, musik, dan acara anak serta remaja," ujar Irwan melanjutkan. Selain itu, stasiun televisi yang mengudara pertama kali pada 24 Agustus 1964 ini, semakin mempertegas keinginannya untuk bersaing dengan beberapa stasiun swasta dengan menyiarkan pertandingan sepak bola Liga italia Seri A. "Kami ingin memberikan kado istimewa untuk masyarakat Indonesia di ulang tahun ke-50 TVRI dengan mempersembahkan tayangan langsung Olimpiade dan Liga Italia musim 2012/13," ucap Asep Sulaiman, Produser TVRI. Apa yang dilakukan oleh stasiun plat merah tersebut, merupakan langkah nyata dari motto "Makin Dekat di Hati" agar lebih dikenal luas di masyarakat. Ditambah, mereka sangat berpengalaman dalam menyiarkan program olah raga, karena sejak pelaksanaan Asian Games 50 tahun lalu, TVRI telah beroperasi bersama Radio Republik Indonesia (RRI). Untuk itu sudah selayaknya bagi kita masyarakat luas, turut memberikan apresiasi pada stasiun milik Pemerintah tersebut. Sebab, dengan jangkauannya yang luas, diyakini siaran dari TVRI dapat diterima hampir sebagian besar penduduk di Indonesia, termasuk di pelosok terpencil. Apalagi, tiadanya iklan yang kerap mengganggu jalannya pertandingan. Seperti yang terjadi pada beberapa tayangan langsung di stasiun televisi swasta, membuat pemirsa semakin dimanjakan oleh TVRI. Kedepannya, berharap apa yang dilakukan TVRI dengan program olah raga, semakin meluas dengan menyediakan berbagai program untuk remaja dan anak, seperti musik ataupun kebudayaan atau adat istiadat daerah. Agar, cap "Stasiun Televisi paling membosankan" tidak melekat kembali di mata masyarakat dengan porsi berita yang terlalu mendominasi. Sebab, dengan wacana program baru tersebut, dapat menjadikan TVRI sebagai alternatif bagi masyarakat yang telah jenuh menyaksikan berbagai tayangan dari televisi swasta yang terkadang itu-itu saja. Sumber: TVRI

*     *     *

- Daan Mogot, 28 Juli 2012

Choirul Huda

/roelly87

TERVERIFIKASI (BIRU)

Penulis di Kompasiana (Kompasianer) yang hobi reportase untuk menulis catatan harian, musik, olahraga, fiksi, dan sebagainya. @roelly87 (www.roelly87.com)
Selengkapnya...

KOMPASIANA ADALAH MEDIA WARGA, SETIAP KONTEN DIBUAT OLEH DAN MENJADI TANGGUNGJAWAB PENULIS.

Siapa Yang Menilai Tulisan Ini ?