Zona 4 di Kampus Universitas Azzahra (Zona Cinta)

25 Januari 2012 05:32:48 Dibaca :

Wifi adalah kebutuhan untuk dapat tersambung dengan dunia luar. Wifi mampu mempermudah aktivitas akademik bagi mahasiswa, dosen dan manejemen kampus. Wifi juga mampu membantu keuangan kampus dalam mengkonsilidasi berbagai transaksi. Dan juga Wifi mampu mempekuat merek dan citra. Namun wifi juga mempunyai zona dalam aktivitas kehidupan kampus. Zona ini melanda setiap insan kampus. Tidak terkecuali, mulai dari rector sampai mahasiswa berada dan pernah berada dalam Zona ini.


Zona tersebut tebagi menajadi:


Zona 1 akademik, akademik memberikan pelayanan kepada mahasiswa melalui  zona ini , namun ruang lingkup pelayanannya terbatas. Dengan berbagai keterbatasan yang ada zona ini hanya sanggup melayani wifi hanya disekitar akademik tidah lebih dari itu. Aktivitas pengisian KRI, pemberitahuan jadwal perkuliahan, nama dosen dan juga beberapa tugas yang dikirim melalui email dan web. Namun sekarang masih dalam perancangan dan pengembangan.


Zona 2 keuangan, bidang keuangan mempunyai zona sendiri untuk menangani  masalah keuangan kepada  mahsiswa azzahra. Zona ini haya dipergunakan untuk keperluan bagian keuangan saja bukan untuk operasional di tingkat mahasiswa secara umum. Proses pembayaran sekarang telah masuk pada tahap sms banking dan ATM bekerjasama dengan pihak perbankan. Banyak kemudahan dalam proses pembayaran kuliah, gaji dan honorium dosen serta karyawan. Zona ini belum maksimal melayani mahasiswa, dosen dan karyawan. Zona ini belum memiliki konektivitas dengan pihak perbankan.


Zona 3 makerting dan kerjasama, untuk zona yangg satu ini lebih luas sedikit jangkauannya karna di zona ini lingkupnya bisa ke luar kampus. Zona ini hanya dipergunakan untuk keperluan dan kepentingan bagian marketing untuk menjalin kerjasama dan membuka link ke luar kampu demi meningkatkan kualitas dan kuantitas kampu itu sendiri. Zona ini mampu menjangkau TV One, Koran Nasional dan juga Koran Lokal.


Zona terbaru tecipta dan lahir di kampus dan menjadi primadona palig up to date di Universtitas Azzahra. Lahir dari interaksi dinamis antara insan kampus terutama mahasiswa. Zona ini dikalangan mahasiswa di namakan Zona 4 atau lebih dikenal dengan sebutan zona  “cinta”. Nah, kalau untuk zona ini ruang lingkupnya lebih luas dan dapat dicapai oleh seluruh kalangan, dari akademik,keuangan,marketing dan kerjasama serta mahasiswa.


Zona inilah yag sering digunakan setiap elemen kampus karena memiliki jaringan yang besar dan kaut dalam menunjang civitas di kampus tersebut. Zona ini tidak terbatas dan membatasi siapa saja yang ingin meggunakannya, selain jaringan luas dan kuat TERNYATA zona inilah yang paling berperan dalam menentuka civitas elemen kampus dalam menghadapi kesehariannya selama berada di tempat penuh ilmu ini.


Dari ketiga zona yang ada harus membutuhkan password yang hanya diketahui oleh segelintir kalangan tertentu saja, misalnya zona 1 passwordnya hanya diketahui orang akademik. Zona 2 diketahui oleh orang keuangan. Zona 3 oleh marketing dan pihak kerjasamanya. Lalu, apakah password yang dapat memasuki zona 4 (zona cinta) itu sendiri..???


Password untuk zona 4 (zona cinta) secara umum mudah untuk mengetahui dan mempergunakan dalam membuka zona 4 (cinta). Passwordnya mudah untuk mengenali dan menghapal oleh orang siapaun Insan Kampus terutama mahasiswa. Password itu adalah CINTA, RINDU dan SAYANG.


Bagi yang sedang merasakan “CINTA” dan tentu memahami efek cinta itu sendiri bagi kehidupannya. Mampu menaklukkan tantangan terbesar. Berkaca pada kisah Zulaikha dan Yusuf, bagaimana Zulaikha terserang virus CINTA kepada YUSUF yang sangat rupawan. Kisah Romeo dan Juliet yang menghipnotis semua insan manusia terutama Mahasiswa.


Hal ini menjawab pertanyaan tentang password dan mengapa mudahnya zona 4 dapat di akses oleh seluruh elemen civitas kampus, sebab perasaan civitas kampus itu sendiri sedang di gandrungi perasaan “CINTA”.


Jika kita perhatikan dengan seksama antara musim di dunia dengan musim cinta TERNYATA memiliki kesamaan yang dapat kita kaitkan satu sama lain. Di dunia ada 4 musim yang kita ketahui, musim dingin,panas,gugur, dan musim semi. Sedangkan dalam cinta pun memiliki 4 musim yang sama persis (musim dingin,panas,gugur dan semi) , ini berkaitan denga proses dalam merasakan cinta itu sendiri.


Musim dingin dalam percintaan, berarti musim ini hubungan percintaan sedang aman-amanya atau dapat dikatakan baik-baik saja. Inilah musim yang mampu melahirkan banyak perenungan dan juga pembelajaran. Musim yang hadir untuk menata CINTA mengembangkan dan menumbuhkan untuk dapat mekar di musim Semi.


Musim panas, musim ini keadaan hubungan sedang terjadi permasalahan (baik kecil atu besar) dan bisa menjadi anti klimaks dalam menjalani proses percintaan tersebut. Masalah kecil menjadi pemicu pertengkaran. Wall facebook penuh dengan status marah, kesal dan tidak jarang ungkapan yang selayaknya tidak mesti menjadi konsumsi public. Sangat mudah mengenali musim panas dalam Zona 4 Cinta. Salah satunya adalah Dokter Jaga di Klinik Menulis & Wirausaha mengalami proses ini dan ia memasuki musim selanjutnya yakni gugur dalam karya tulis menulis.


Musim gugur, musim ini hubungan mengalami kehancuran atau kandas di tengah jalan. Inilah yang terkadang menjadi permasalahan paling akut yang belum bisa dan terkadang seseorang menadi lupa dengan proses percintaan lainnya. Musim yang mampu merontokkan produktivitas menulis, usaha dan juga menjadikan Insan kampus kehilangan intelektualitas dan rasional. Tidak mampu menghasilkan kajian-kajian ilmiah nan bermanfaat.


Musim semi, dalam proses ini biasanya cinta mulai bersemi kembali setelah melewati musim gugur yang menjadi penghambat kehidupan. Musim yang datang indah menawan hati. Bunga bermekaran dan menjadi inspirasi. Bunga Sakura adalah perlambang musim semi. Bunga yang mampu menghimpun seluruh simbolisasi CINTA, bunga berwarna PINK (atau merah jambu). Musim Semi dalam zona 4 Universitas Azzahra ditandai dengan kembalinya semangat menulis bagi Dokter Jaga dan juga merupakan warga Kompasiana.


Jadi, dari ulasan dapat disimpulkan zona 4 merupakan zona penting dan menjadi zona paling di gandrungi oleh seluruh civitas kampus. Dari keterikatan emosioal yang ada dalam diri kita masing-masing yang “PASTI” merasakan cinta, zona ini mudah booming dan menjadi trendsetter khususnya dikalangan mahasiswa.


Zona 4 (Cinta) mampu merekatkan berbagai elemen yang saling berbeda. Ia menjadi penyejuk ketika amarah, kebencian berkembang merasuki seluruh civitas Akademik Universitas Azzahra. Cinta adalah kekuatan Indah dan Dahsyat untuk melahirkan banyak karya bermanfaat untuk masyarakat.


Semoga dengan adanya zona ini seluruh elemen kampus dapat membantu kebutuhan apa pun yang diperlukan oleh semua civitas yang terlibat di dalam kampus tersebut.


Tulisan bersama Komunitas Klinik Menulis & Wirausaha Universitas Azzahra : M. Elba Reza Koclak, Muhammad Husein, Supri Yadi, Gooler, Mbah Anak Menteng, Ryan D Jak dan dibawah bimbingan Muhammad Yunus. Dipublis secara bersama dalam akun Kompasiana.

M.Elba Reza Koclak

/rezakoplak

Ketua Majelis Permusyawaratan Mahasiswa (MPM)Univ.Azzahra Jak-Tim . dari kampus kumuh penghasil para pembesar,kelak..!!!
klinik menulis Univ.Azzahra

Selengkapnya...

KOMPASIANA ADALAH MEDIA WARGA, SETIAP KONTEN DIBUAT OLEH DAN MENJADI TANGGUNGJAWAB PENULIS.

Siapa Yang Menilai Tulisan Ini ?