HIGHLIGHT

Ubahlah Cara Bicara Anda...Maka Dunia akan Berubah

16 Januari 2012 12:58:01 Dibaca :

apakah anda pernah sakit hati dengan kata2 orang lain sampai merasa dilecehkan dan dihina, padahal orang itu menganggap biasa saja dan apakah anda pernah menyakiti orang lain dengan kata2 anda. Tentu saja hal seperti itu sering terjadi dalam kehidupan manusia.

Manusia cendrung bermusuhan dan defensif terhadap manusia lainnya, jika tidak memiliki rasa percaya kepada Tuhan dan juga percaya bahwa keadaan akan selalu berubah. Kerasnya kehidupan sering menjadikan manusia saling menghancurkan sampai rela berperang hanya untuk mempertahankan dan membuat pernyataan pada diri sendiri bahwa "saya jangan dianggap enteng".

Penghargaan yang kita inginkan dari orang lain, sebenarnya bersumber dari sikap dan cara bicara kita kepada orang lain. Sangat banyak para pakar komunikasi menyampaikan hal ini kepada publik, para penceraha agama dan penasehat, namun kita tidak mampu menrapkan dalam diri kita, karena memang teori tidaklah segampang cara menerapkan, apalagi dalam hal harus menerima bahwa cara kita terkadang salah.

Cara efektif Untuk mengubah pendapat orang tentang kita, sebenarnya hanya satu cara yaitu cara berbicara. Pernahkan anda terpesona melihat cara berpidato dari seorang pembesar, cara bicara seorang anak kecil atau cara menunjukkan kesalahan dari seorang pemimpin yang anda kagumi. Mungkin jika bukan mereka yang mengatakan, bahkan bisa tidak anda hiraukan sama sekali. Jadi bukan kata - katanya tapi cara menyampaikannya.

Jika ingin menaklukan dunia, mulailah dari memperbaiki cara berbicara, Jika berpendapat, kemukakanlah pendapat anda dengan tenang, tidak tergesa-gesa, tidak mendesak, dan tidak pula bersikap tegang. Hindarilah sikap banyak menentang dan mengkritik, karena sikap ini justru akan menghilangkan kerehatan pikiran anda dan membuat anda tidak simpatik. Ungkapkanlah pendapat dengan perlahan dan tenang, sehingga orang dapat mendengarkan dengan baik.

Tinggalkanlah perdebatan dan pertentangan yang tiada gunanya seputar hal-hal yang masih belum pasti, karena hal ini akan menyempitkan dada dan mengeruhkan hati. Jangan sekali-kali anda berupaya membuat orang lain mau menerima pendapat anda tentang berbagai masalah yang mempunyai banyak sudut pandang.

Cara berbicara yang baik selalu terbukti membuat banyak perubahan ke arah yang baik dan juga perubahan dalam hidup anda...jangan pernah merasa nyaman dengan sikap pemarah dan tidak menghargai orang lain, karena jangan2 itu merupakan hukuman Tuhan buat kita,sehingga kita dihindari orang lain...please!! Selalulah mengevaluasi diri.

Tentu saja pendapat ini tidak bermaksud menggurui sama sekali, namun saling menasehati dalam kebaikan merupakan hal yang harus selalu kita bangun. Semakin lama semakin terasa bahwa kehidupan di sekitar kita sangat tidak ramah, sikap saling tidak ingin mengenal menjadi hal yang sangat biasa, membiarkan orang lain menderita bukan hal yang baru. Kehidupan akan hancur, jika kita tidak mampu menumbuhkan cara - cara efektif untuk membuat diri kita menjadi lebih baik dimata orang dan juga nyaman bagi diri kita sendiri.

Sekali lagi...robahlah cara bicara Anda !....maka Dunia akan berobah

Ratna Dewi

/rat

Alumni Fakultas Hukum Universitas Andalas. Berusaha mengabdikan diri untuk mewujudkan pelayanan publik yang baik. juga penyuka sastra, budaya dan film.
Selengkapnya...

KOMPASIANA ADALAH MEDIA WARGA, SETIAP KONTEN DIBUAT OLEH DAN MENJADI TANGGUNGJAWAB PENULIS.

Siapa Yang Menilai Tulisan Ini ?