Mohon tunggu...
Nurul Rahmawati
Nurul Rahmawati Mohon Tunggu... Administrasi - Blogger bukanbocahbiasa.com | IG @bundasidqi | Twitter @nurulrahma

Halo! Saya Ibu dengan anak remaja, sering menulis tentang parenting for teens. Selain itu, sebagai Google Local Guides, saya juga kerap mengulas aneka destinasi dan kuliner maknyus! Utamanya di Surabaya, Jawa Timur. Yuk, main ke blog pribadi saya di www.bukanbocahbiasa.com

Selanjutnya

Tutup

Ramadan Artikel Utama

Sahur Tinggi Serat, Bikin Pencernaan Selamat

17 Maret 2024   09:21 Diperbarui: 29 Maret 2024   18:47 1279
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
ilustrasi makanan sahur yang sehat. (Sumber: Shutterstock via kompas.com)

Sepertinya, makin beranjak tua dewasa, keluhan seputar bodi tuh adaaaa aja. Yang lutut gampang klothakan, atau pinggang kok linu melulu, kaki kram, dan lain sebagainya. 

Keluhan yang kerap saya dengar (dan saya juga mengalami) adalah: Jadi nggak rutin BAB (Buang Air Besar)alias ke belakang.

"Kadang aku BAB tuh cuman sekali seminggu loh," ujar sohib saya suatu ketika.

WHAT? Apa kabar itu sampah-sampah yang teronggok di usus. Kan kasian terkaing-kaing pengin membebaskan diri, tapi si empunya bodi santuy aja dalam bereaksi.

"Emang kalau jarang BAB gitu, perut enggak terasa aneh?"

"Iyaaa, rasanya emang kayak blotty atau bedegelen/sembelit. Tapi ya gimana lagi, aku juga jarang makan sayur, sih."

Nah, tu dia, udah ketebak 'tersangka utama' kenapa perut kita kerap bermasalah. Pola makan dengan kandungan serat yang amat kurang, ini penyebabnya. Memang kita digempur dengan beragam iklan spot makanan yang jaraaangg banget mengandung sayur. 

Sebut aja, promo yang berseliweran di socmed, rata-rata kalau nggak fried chicken, pizza, burger, atau yang kekinian yah kayak cromboloni, croissant, mochi. 

Jarang banget yang promo pecel, gado-gado, lotek, gitu kan? Kalaupun ada akun yang promo salad, bujubuneeenggg, harga satu porsi bisa 50 ribu dewe. 

Akhirnya, kaum mendang mending's math bersabda "Yaelahh, beli salad 50 ribu kagak kenyaaangg, boskuuu. Mending buat beli fried chicken, bisa buat satu rumah."

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ramadan Selengkapnya
Lihat Ramadan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun