Mohon tunggu...
Aziz Aminudin
Aziz Aminudin Mohon Tunggu... Freelancer - Penulis Lepas, Trainer, Personal Coach, Terapist, Hipnoterapist, Pembicara, Online Marketer, Web Design

Praktisi Kehidupan, Kompasianer Brebes www.azizamin.net Founder MPC INDONESIA www.mpcindonesia.com WA : 0858.6767.9796 Email : azizaminudinkhanafi@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Ramadan Pilihan

Sahur dengan Menu Tinggi Serat: Bakal Bikin Puasa Lebih Nyaman

17 Maret 2024   09:54 Diperbarui: 17 Maret 2024   09:57 246
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi : IDM Time

Ternyata tidak bisa istikomah menulis elama ramadhan hehehehe, berapa hari bolong tidak menulis kerana ada kegiatan yang tidak bisa ditinggal dan menyita energy besar.

Hari ini niat lanjutkan menulis lagi semoga bisa lebih bisa konsisten, temanya adalah "Menu Sahur Tinggi Serat ".

Puasa bukan hanya tentang menahan lapar dan haus, tetapi juga tentang menjaga kesehatan tubuh agar tetap bugar dan berenergi sepanjang hari. Salah satu kunci untuk menjaga kesehatan saat berpuasa adalah dengan mengonsumsi makanan yang kaya serat saat sahur. Serat membantu menjaga perut kenyang lebih lama dan mengatur metabolisme tubuh dengan lebih baik. Jadi, mari kita siapkan menu sahur yang tinggi serat, agar puasamu semakin nyaman dan berenergi!

Sajian Sarapan Pagi yang Menggugah Selera

Bubur Kacang Hijau dengan Potongan Buah Segar : Bubur kacang hijau tidak hanya lezat, tetapi juga kaya akan serat dan protein. Tambahkan potongan buah segar seperti pisang, apel, atau mangga untuk menambahkan cita rasa dan kandungan serat yang lebih tinggi.

Oatmeal dengan Toping Beragam : Oatmeal adalah sumber serat yang sangat baik dan bisa disantap dengan berbagai toping yang menggugah selera. Cobalah tambahkan potongan buah-buahan, almon, atau kacang kenari untuk menciptakan variasi rasa yang lezat.

Smoothie Sayuran dengan Tambahan Chia Seed : Smoothie sayuran adalah cara yang menyegarkan dan menyenangkan untuk mendapatkan asupan serat yang cukup. Campurkan berbagai sayuran hijau seperti bayam, kale, atau selada dengan buah-buahan segar, dan tambahkan chia seed untuk memberikan tambahan serat dan omega-3.

Roti Gandum dengan Telur Rebus dan Sayuran : Roti gandum merupakan sumber serat yang baik, terutama jika dikombinasikan dengan telur rebus dan sayuran seperti tomat, timun, atau selada. Tambahkan potongan alpukat untuk kandungan lemak sehat yang lebih tinggi.

Salad Buah dengan Yogurt dan Granola : Buah-buahan segar adalah sumber serat yang alami dan nikmat. Buatlah salad buah dengan campuran buah-buahan favorit Anda dan tambahkan yogurt rendah lemak serta granola untuk kandungan serat dan protein yang lebih tinggi.

Tips Tambahan untuk Sahur Sehat

  • Pastikan untuk mengonsumsi air putih dalam jumlah yang cukup saat sahur untuk mencegah dehidrasi selama puasa.
  • Hindari makanan yang terlalu berlemak, berminyak, atau terlalu manis, karena dapat membuat Anda merasa lebih lapar dan tidak nyaman selama puasa.
  • Perbanyak konsumsi buah-buahan segar dan sayuran hijau saat sahur untuk mendapatkan asupan serat yang cukup dan memastikan keseimbangan gizi yang baik.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ramadan Selengkapnya
Lihat Ramadan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun