Malisa Ladini
Malisa Ladini Developer Content di Media Kesehatan, Bisnis, Politik dan Hiburan

Political Science. Bachelor: Semarang State University. Master: Diponegoro University.

Selanjutnya

Tutup

Ini Fitur Sistem Ubuntu Linux Terbaru yang Wajib Dibaca

10 Agustus 2017   22:51 Diperbarui: 10 Agustus 2017   23:09 10 1 1
Ini Fitur Sistem Ubuntu Linux Terbaru yang Wajib Dibaca
http://2.bp.blogspot.com/-e5j-xSJVoCc/VSLfwkIkyGI/AAAAAAAAC-k/yNPcAmql7A0/s1600/Ubuntu-Linux.png

Masih ada yang belum tahu apa yang dimaksud dengan Ubuntu Linux? Ubuntu ialah sistem operasi pada sebuah perangkat lunak memiliki sifat open source dan basisnya ialah Linux. Jadi siapa pun Anda yang saat ini tertarik untuk mendistribusikan dan menggunakannya bisa kapan saja ya, dan pastinya gratis. Ubuntu merupakan alternatif bagi semua orang yang takut menggunakan windows karena berbayar. Ada komputer yang memang ketika beli harus membayar juga untuk mendapatkan windows yang asli. Kalau Linux gratis, jadi Anda bisa menghemat biaya. Recommended sekali buat para profesional di bidang bisnis berskala besar untuk menekan biaya pengeluaran dan bisa dimanfaatkan fitur office-nya.

Merujuk asal katanya "ubuntu" sendiri merupakan kata dari bahasa kuno Afrika, yang artinya "rasa kemanusian kepada sesamanya manusia". Ubuntu bisa diartikan juga sebagai "aku berada diantara sesama manusia". Tujuan pendistribusian ubuntu ialah untuk mengobarkan semangat akan perangkat lunak yang gratis dan tidak berbayar. Ubuntu merupakan perangkat open source lengkap yang didukung oleh banyaknya komunitas yang di dalamnya banyak tenaga ahlinya. Banyak perangkat lunak yang gratis dan bisa disetting dengan bahasa lokal. Bahkan bisa dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan pemakainya. Banyak pekerjaan yang bisa dihasilkan dalam berbagai macam industri yang tertekan biayanya sehingga dapat menambah nilai keuntungan para pebisnis.

Komitmen publik terkait dengan tim Ubuntu memang bisa dibilang untuk menyediakan dukungan profesional dari ratusan perusahaan yang bertumbuh subur di dunia program internasional. Ubuntu dapat dirilis paling tidak membutuhkan waktu enam bulan dan bisa diperbaiki sistem keamanannya di bawah kurun waktu 18 tahun. Ubuntu Linux juga menyediakan terjemahan aksesibilitas terbaik yang dapat dimanfaatkan oleh banyak orang dan bisa saling bekerjasama dengan semua komunitas software dengan cara saling bertukar kode dan menyebarluaskan hasil modifikasinya. Ubuntu juga sangat baik untuk memberikan dorongan kepada masyarakat untuk lebih kreatif dengan cara memperbaiki dan menyebarkan program yang sudah dibuatnya.

Ubuntu sangat cocok digunakan untuk desktop dan server. Ubuntu sangat mendukung arsitektur komputer, contohnya seperti PC 64-bita (AMD64), PowerPC (Apple iBook dan Powerbook, G4 dan G5), PC (Intel x86), Sun UltraSPARC serta T1 (Sun Fire T1000 dan T2000). Bahkan Ubuntu sudah menyertakan software lebih dari 16.000 buah jumlahnya untuk berbagai instalasi desktop dan CD. Banyak sekali aplikasi seperti misalnya aplikasi lembar sebar (spreadsheet) pengolah kata, serta peralatan untuk bahasa pemrograman, aplikasi akses internet, perangkat lunak untuk server web,  dan tentu saja beragam permainan. Banyak juga beragam versi dari open source yang memiliki lisensi gratis yang memiliki perubahan besar dan biasa disebut dengan minor changes. Ubuntu juga diperbarui untuk kemudian diperbaiki dari versi sebelumnya dengan bantuan software bawaan yang sudah asli bawaan dan sudah terinstal. Ada beberapa fitur dari Ubuntu versi terbaru yang perlu Anda tahu ialah sebagai berikut:

  1. Fitur Systemd

Ada beberapa perubahan utama ubuntu versi 15.4 yang mengenalkan jenis sistem init system dan dapat difungsikan sebagai proses boot yang berjalan. System ibarat inisialisasi proses booting yang dijalankan dengan menangani pemuatan modul dan proses background yang banyak dibutuhkan oleh sistem komputer yang sudah berkembang sekarang ini. Jika Ubuntu di waktu sebelumnya menggunakan sistem yang dinamakan upstart, maka kini sudah dikembangkan dengan custom init untuk mengurus proses boot. Upstart sudah tersedia dalam Ubuntu yang memiliki versi 15.4 yang bisa difungsikan sebagai fallback yang berada di GRUB dan mampu mengendalikan sesi pengguna yang ada. Ubuntu Linux memiliki fungsi yang masih terdapat perubahan dalam lamanya kecepatan booting yang bisa dikonfigurasikan secara masing-masing.

  1. Fitur Unity Versi 7.3

Pada keadaan default, fitur Unity 7.3 sudah bisa ditemukan dalam sistem operasi perangkat lunak Ubuntu dengan versi 15.04. Adanya peningktan unity versi 7.3 bisa dilakukan perbaikan kecil untuk memperbaiki bug dan berbagai macam kesalahan dalam versi yang sebelumnya. Bahkan tersedianya menu aplikasi kini juga sudah bisa diatur dan ditampilkan secara terus-menerus atau always showyang tidak perlu lagi kita membutuhkan untuk menggeser mouse dan masuk ke menu file, edit, dan help. Fungsi ini bisa dilakukan dengan cara masuk ke menu setting, pilih appearance, dan pilih behavior. Ada perbaikan dari fitur unity dengan versi 7.3 juga untuk menampilkan fungsi overlay element, baik itu Dash dan HUD. Banyak kecepatan loading animasi yang digunakan untuk sistem proses login dan logout sehingga bisa lebih simpel.

  1. Fitur Compiz Versi 0.9.12

Fitur compiz ini memiliki kegunaan sebagai window manager yang bisa berjalan pada unitu desktop yang bisa dilakukan juga berbagai macam perbaikan bug. Ada tambahan informasi juga, bahwasanya compiz merupakan salah satu window yang memiliki basis dengan sistem X window yang mendorong penampilan grafik 3D dengan pemanfaatan akselerasi hardware PC. Ada beberapa update splikasi bawaan Ubuntu yang sudah asli terinstal seperti open source gratis yang bisa Anda sebarluaskan, distribusikan, dan dipakai.

Compiz yang berfungsi sebagai window manager yang berjalan dalam Unity Desktop ini juga turut dilakukan beberapa perbaikan bug. Sekedar informasi, Compiz adalah salah satu window manager berbasiskan sistem X window yang mendukung tampilan grafik 3D dengan memanfaatkan akselerasi hardware PC. Ada beberapa perangkat lunak yang sudah populer dan terinstal di aplikasi bawaan Ubuntu yang bisa dimanfaatkan dalam bentuk email client Mozilla thunderbird, Mozilla firefox, pemutar musik atau Rhythmbox yang bisa juga dilakukan pembaruan dalam perangkat lunak Ubuntu 15.04 ini. Ada beberapa software yang diupdate dari Ubuntu ialah

Perangkat Lunak LibreOffice 4.4

Perangkat Lunak Firefox 37

Perangkat Lunak Thunderbird 31.6

Perangkat Lunak Shotwell 0.20.2

Perangkat Lunak Nautilus 3.14.2

Perangkat Lunak Evince 3.14.2

Perangkat Lunak Rhythmbox 3.1

Perangkat Lunak Totem 3.14.1

Perangkat Lunak GNOME Terminal 3.14

Ada beberapa penampilan wallpaper yang baru dan sudah bawaan dari sistem software Ubuntu yang memang pada setiap rilisnya Ubuntu selalu memberikan pembaharuan dan penambahan terkait dengan wallpaper ini sehingga tidak membuat para penggunanya merasa bosan. Ubuntu make juga sudah resmi diperkenalkan dalam berbagai macam rilisnya yang terbaru pada Oktober tahun lalu yang kini sudah mengalami perubahan namanya yaitu "Ubuntu Developer Tools Center". 

Ubuntu make ini memang sejak awal dikembangkan dengan cara melakukan penyederhanaan proses install yang bisa dilakukan oleh berbagai developer yang memiliki kefokusan pada editor, tools, library dan software development kits yang sudah ada di dalamnya. Bahkan yang sudah termasuk ke dalam sistem IDEA, PyCharm, Android SDK, Firefox Developer Edition. Adanya penampilan dalam hal perbaikan library manager yang saat ini sudah memungkinkan adanya sistem multi-library yang dapat dijalankan tanpa adanya penuduhan pembajakan atau pun konflik.