Trend Hape Jadul

01 Desember 2016 00:06:46 Diperbarui: 01 Desember 2016 00:10:57 Dibaca : Komentar : Nilai :

Pada dasarnya setiap manusia memiliki kenangan yang sadar maupun tidak sadar mempengaruhi kehidupan pribadinya.  Bisa jadi kenangan itu membuat kehidupan menjadi lebih bergairah dan menjadi sumber motivasi dalam mengarungi kehidupan kesehariannya, walaupun tidak sedikit pula yang menjadi terpuruk karenanya.  Kehadiran perangkat canggih untuk berkomunikasi di antara individu yang bernama hand phone merupakan revolusi ajaib yang muncul di akhir abad 20 dan menjelang abad 21 tidak bisa dipungkiri menjadi fenomena kehidupan modern.

Bermula hanya berfungsi sebagai telepon dan sms, kemudian berkembang dan semakin lengkap mulai dari fungsi kamera, pemutar video, musik, radio bahkan tv hingga game, kemudian internet.  Hingga sekarang muncul fenomena baru medsos berbasis gadget seperti android, blackberry yang memfasilitasi berbagai aplikasi medsos seperti facebook, instagram, twitter, dll.  Berbagai kemudahan download aplikasi, musik, film ataupun dokumen semakin gencar ditawarkan.  

Umumnya gadget hp dewasa ini berbentuk sama persegi panjang, layar touch screen dengan ukuran besar, lengkap dengan kamera megapixe.  Samsung, Apple, Microsoft, Sony, Alcatel, maupun hp keluaran negeri tirai bambu lenovo, oppo, huawei, zte, bahkan buatan dalam negeri semuanya menawarkan hp dalam bentuk sama.  Hal ini berbeda dengan saat hp keluar di awal-awal kemunculannya hingga sebelum masa keemasan hp android muncul yang untuk selanjutnya kita sebut saja sebagai hp jadul.

Hp jadul yang memiliki keragaman bentuk dengan kesederhanaannya ternyata menyimpan keindahan dan keunikan tersendiri bagi sebagian orang yang bisa jadi pernah menggunakan pada masanya maupun bagi penggemar barang-barang antik yang bahkan belum lahir di saat jayanya hp jadul.  Coba kita tengok di google dengan kata kunci hp jadul atau old mobile phone atau coba buka instagram dengan hastag hpjadul, hpantik, hptua, dll.  Terdapat banyak pilihan akun yang mewakili komunitas ataupun personal yang mengatas namakan penggemar, pengguna atau sekedar ikut-ikutan demam barang jadul.

Berbagai alasan dikemukakan mulai dari sekedar mengenang masa lalu, investasi, koleksi juga trend fashion.  Namun di balik itu semua memang beberapa keunggulan dari hp jadul bisa jadi merupakan salah satu pertimbangan mereka. Tahan banting, batre tahan lama, kepraktisan, bentuk yang tidak ngebosenin, dan harga.  Namun jangan salah menilai harga hape jadul berbeda dengan hp baru, tidak ada standar baku seperti halnya hape-hape keluaran baru.  Bisa jadi harga nya melampaui hp canggih keluaran baru.  Begitulah trend gaya hidup retroisme yang kadang tidak rasional namun semuanya kembali lagi kepada pernyataan di awal...bahwa memang manusia hidup berdasarkan angan-angan di kepalanya.  Hidup terasa lebih hidup walaupun bagi sebagian besar orang dipandang aneh.

KOMPASIANA ADALAH MEDIA WARGA, SETIAP KONTEN DIBUAT OLEH DAN MENJADI TANGGUNGJAWAB PENULIS.
Daftarkan email Anda untuk mendapatkan cerita dan opini pilihan dari Kompasiana

Featured Article