FEATURED

Beginilah Cara Tiongkok Merayakan Hari Anak Internasional

31 Mei 2013 13:43:48 Diperbarui: 20 November 2016 18:21:41 Dibaca : Komentar : Nilai : Durasi Baca :
Beginilah Cara Tiongkok Merayakan Hari Anak Internasional
Si sulung tari tradisional China (Dokumentasi Pribadi)

Sebenarnya hari anak Internasional di rayakan diberbagai  negara pada tanggal 1 Juni, namun tak seperti biasa hari anak Internasional di Tiongkok ada yang dirayakan tanggal 30 hingga 31 Mei 2013. Agak bingung juga saya hehehhe soalnya tahun-tahun yang sudah hari anak Internasional selalu tepat dirayakan tanggal 1 Juni.

Mungkin karena tanggal 1 Juni 2013 jatuh pada hari sabtu dimana hari sabtu merupakan hari libur anak sekolah heheheh jadinya dimajukan deh. Maju atau mundur acaranya yang penting anak-anak bergembira menyambut perayaan anak Internasional.

TK tempat putri saya bersekolah hari anak Internasional dirayakan tanggal 30 Mei dengan pentas seni seperti tari tradisional Tiongkok, drama anak dan pertunjukkan bakat para siswa. Persiapan selama hampir 3 minggu ternyata gak sia-sia, anak-anak dengan bakat masing-masing mampu membuat para orang tua bahagia.

Contohnya saya heheheh putri saya yang memang suka tari ternyata tanpa malu-malu menunjukkan kebolehannya tampil dimuka umum. Sementara di sekolah-sekolah lain di Tiongkok semua anak merayakan hari anak internasional dengan menampilkan acara yang berbeda-beda. Sebenarnya ini kali ke dua putri saya merayakan hari anak Internasional di Shandong, jadi saya gak terlalu terkejut saat melihat gedung pertunjukanya begitu mewah menurut saya heheheh.

Andaikan pemerintah memberikan gedung pertunjukan untuk anak-anak pentas seni seperti ini pastinya senang banget ya heheheheh. Tapi mikir lagi nih gedung sekolah saja banyak yang memperihatinkan masa sih pemerintah mau memberikan gedung pertunjukan yang semewah ini. Kalaupun sudah ada balai pertunjukan seni mungkin susah juga ya mendapatkan ijin memakai tempatnya, yang ada malah suruh bayar bukan gratis.

Untuk Pemerintah Tiongkok sendiri semua sekolah-sekolah di Tiongkok wajib mengadakan acara untuk memperingati hari anak Internasional setiap tanggal 1 Juni. Jadi semua sekolah akan merayakan hari anak Internasional tanpa terkecuali. Bahkan untuk gedung pertunjukan juga telah difasilitasi heheheh makanya para orangtua di Tiongkok yang anaknya sekolah gak perlu dipungut biaya untuk sewa gedung.

Sementara itu beberapa hari sebelum acara dimulai akan ada tinjauan dari pemerintah untuk mengetahui sejauh mana kemanjuan dan perkembangan anak-anak di sekolah tersebut. Selain itu juga mereka bertanya apa yang akan dilakukan oleh pihak sekolah saat acara perayaan hari anak Internasional. Ini berdasarkan informasi dari sekolah putri saya.

Berbeda dengan perayaan hari anak di Tiongkok yang dirayakan oleh masing-masing keluarga heheheheh biasanya para orangtua akan memberi kado pada hari itu. Sementara hari anak Internasional dirayakan disekolah-sekolah di mana para orangtua akan melihat kegembiraan mereka dan tentu saja saat acara selesai anak-anak akan dibagikan bingkisan heheheheh.

Bagaimana dengan di Indonesia semoga anak-anak juga pada senang dan bahagia ya? Selamat merayakan hari anak Internasional untuk anak-anak Indonesia

Salam Sya, Shandong (RRT) 2013.05.31

KOMPASIANA ADALAH PLATFORM BLOG, SETIAP ARTIKEL MENJADI TANGGUNGJAWAB PENULIS.
LABEL catatan

NILAI :

Daftarkan email Anda untuk mendapatkan cerita dan opini pilihan dari Kompasiana