HIGHLIGHT

Restoran Ikan Tude Manado

26 November 2011 04:11:26 Dibaca :

Restoran Ikan  Tude Manado, terletak di Bilangan Jenderal Sudirman, Jakarta Pusat, sekitaran Stasiun Sudirman. Dari namanya pasti kita bisa menerka, rumah makan ini pastinya menyediakan makanan manado, sementara orang yang belum tahu pun akan penasaran dengan penamaan ' Tude"  sebelum kata manado. Apasih itu?  Konsep marketing yang bagus menurut saya, memberi  tahu pada masyakat umum bahwa makanan yang disajikan adalah makan khas manado / Sulawesi. Sementara penamaan "Tude"  sendiri seolah -olah memberi tahu secara khusus bagi orang -orang manado yang tinggal di Jakarta, bahwa ini loh rumah makan manado yang menyajikan tude.

Oh iya. Tude itu sejenis ikan kembung, hanya saja bentuknya lebih besar sedikit dari yang biasa kita jumpai. Dan pengolahan serta penyajiannya pun beragam, sesuai dengan keinginan dari konsumen. Bisa di bakar, bisa di goreng. Kebetulan kami menyukai Tude yang dibakar di campur dengan sambal. Rasa pedas, tepatnya panas dari cita rasa campuran sambal dan tude memiliki keunikan tersendiri. Panas tetapi tetap membuat ketagihan bagi para penikmat pedas. Makannya pun bisa sampai bercucuran keringat.

Memang hampir secara keseluruhan, makanan manado itu identik dengan pedas dan panas. Ada juga Gule  ikan Garapo, penyajiannya ikan ini di gulai dengan bumbu kuning. Kalau di sumatera utara, bumbu kuning ikan garapo ini hampir sama rasanya dengan ikan mas arsik, hanya saja kalau ikan arsik, ikan mas yang disajikan utuh, kalau ini ikan sudah di potong dan dicampur  didalam gulai ikan itu. Dan kuah dari gulai ikan ini lebih kental dan banyak dibandingkan ikan arsik dari sumater utara.

Lalu tak lupa ada Nike perkedel, ini salah satu  yang unik menurut saya, dimana perkedel pembuatannya di campur dengan ikan. Sehingga menimbulkan rasa gurih, asin gimana gitu.....

Yang unik berikutnya adalah sayuran khas manado, kembang pepaya. Biasanya papaya, baik itu daunnya ataupun kembangnya identik dengan pahit. Hanya buahnya saja jika matang yang terasa manis. Tetapi dirumah makan Tude manado ini, Kembang pepaya ini berubah menjadi sayuran yang segar, pedas, panas dan tidak terasa pahitnya. Dan salah satu  makanan paling banyak diminati ketika mengunjungi rumah makan ini.

Restoran ini memiliki 2 lantai, bahkan di lantai dasar juga ada gerai Coffe toffe, sehingga tepat juga untuk di jadikan tempat ketemuan, atau nongkrog bareng. Saran saya hindari berkunjung ke resto ikan tude ini, pada saat jam makan siang. Bisa dipastikan. akan ada antrian panjang,  sebab banyak para pekerja sekitaran sudirman yang berminat makan di resto ini. Dan biasanya tidak hanya kalangan pekerja saja yang mampir ke resto ini. kalangan musisi, artis juga banyak yang mampir ke resto ini. Ketika kami berkunjung, kami bahkan sempat bertemu dengan Marcell siahaan.

Selamat menikmati hari libur anda dan semoga bermanfaat.

Kornelius Ginting

/korneliusginting

TERVERIFIKASI (HIJAU)

yang tertulis akan abadi dan yang terucap akan berlalu bersama angin -”Scripta manet verba volant”.
http://gintingkornelius.blogspot.com/

Selengkapnya...

KOMPASIANA ADALAH MEDIA WARGA, SETIAP KONTEN DIBUAT OLEH DAN MENJADI TANGGUNGJAWAB PENULIS.

Siapa Yang Menilai Tulisan Ini ?