HIGHLIGHT

Online Shop Saingan yang Perlu Dipertimbangkan

22 September 2012 02:33:35 Dibaca :


Kemajuan tekhnologi yang begitu pesat nampaknya  juga menginspirisi  para pebisnis untuk menggunakaanya secara optimal. Mengingat begitu banyaknya orang yang menggunakan internet setiap harinya dan menjamurnya pengguna smartphone,para pebisnis pun sekantak ingin melewatkan kesempatan sedikitpun untuk bisa merauk untung yang  besar para pebisnis pun mulai mencoba menawarkan produk-produknya melalui internet dan smart phone seperti Blackberry.


Menawarkan produk-produk melalui media internet dirasa sangat menguntungkan karena tidakperlu membayar pajakdanbiaya pembangunan toko yang harganya terus merangkak naik dari waktu ke waktu. Untuk bisa membeli  atau menyewasebuah kios kecil di pasar tradisional saja pedagang harus mengeluarkan biaya sewa sekitar sepuluh juta rupiah per tahunnya,apalagi jika harus membeli pastinya angka yang dikeluarkan akan jauh lebih banyak. Belum lagi pajak toko, pajak usaha pungutan kebersihan dari pengelola pasar dan masih banyak tetek bengek yang harus dikeluarkan, padahal untung yangmereka rauk tidak terlalu banyak. Dan mengingat banyak saingan maka para pedagang harus menyediakan barang dalam jumlah banyak dan bervariasi untuk menarik minat pengunjung maka takjarang banyak pedagang yang harus mengutang terlebih dahulu pada sales- sales guna mendapatkan barang dagangan. Para pedagang pun harus rela meluangkan waktu dan tenaganya untuk menjaga toko mereka, hal tesebut sama saja artinya dengan mempekerjakan diri sendiri. Karena yang namanya pebisnis ia bisa mendapatkankeuntungan tanpa ia harus terjun dalam rutinitas sehari- hari.


Bebeda halnya dengan pedagang-pedagang yang menggunakan media internet untuk menawarkan produknya.mereka bisa membuka toko di internet yang sering kita sebutdengan online shop atau olshop.mereka bisa sesuka hati membka toko secara geratis,bebas menawarkan produknya serta mereka bisa berjualan dimana saja mereka berada. Yang pastimereka terbebas daripajak toko, pajak sewa,pajak usaha dan pungutan- pungutan pasar yang lain,mereka juga tidak harus mengutang pada suplier untuk memperoleh barang karena biasanya sistem yang digunakan jika ada yang memesan baru pedagang mengambil dari suplier mereka masing- masing. Hal tersebut sangat menguntungkan tentunya,mengapa demikian? Karena jelas mereka tidak akan mengalami kerugian karena tidak menanggung resiko barang tidaklaku dan tidak menanggung retur. Karena dalam olshop tidak dikenakan pajak yang bermacam-macam maka harga barang-barang yang ditawarkan jauh lebih murah daripada yang ditawarkan di toko-toko , haltersebut pula yang menjadi pertimbangan para pembeli untukberbondong-bondong membeli keperluan melalui olshop. Para pembeli juga tidak perlu repot danlelah untuk mendatangi toko dan berdesak-desakan dengan pembeli yang lain. Para pembeli juga disuguhkan dengan display yang menarik  sehinggamudah sekali tergiur untuk membeli. Dengan segala kemudahan yang didapat oleh pedagang maupun pembeli maka olshop kini pun menjamur bahkan omset pendapatan pertahun bisa mencapai milyaran rupiah.


Maharani ayu adalah salahsatu alumni mahasiswa kedokteran sebuah universitas swasta di Yogyakarta. Ia menjalani  bisnis jual beli secara online sejak saat ia beradadi bangku kuliah bahkan sampai sekarang ia sudah hampir menyandang gelar sebagai dokter pun ia masih sempat mengurusi bisnis onlinenya tersebut. Ia mengaku bahwa bisnis secara online itu menyenangkandan tidak repot bahkan bisa dikatakan tanpa modal, hanya perlu media saja yaitu blackberry smartphone.keuntungan yang didapat pun lumayan untukmenambah uang jajan bahkan dengan hasil jual beli online tersebut ia bisa membayar uang kos sendiri saat masih kuliah.


Hal paling penting yang dibutuhkan para pedagang online adalah teman yang banyak , kejujuran, kepercayaan  dan kepuasan pelanggan. Karena meski tidak saling mengenal tetapi customer merasa puas dan barang yang diterima sesuai yang ia harapkan maka  ia akanmenjadi pelanggan tetap yang akan selalu memesanjika ada barang model ter-update.


Pada intinya parapebisnis harus jeli mengambil tiap kesempatan sekecil apapun dan olshop adalah salah satu pendatang baru dunia bisnis yang wajib untuk diperhitungkan karena bukan hal yang tidak mungkin seiring perkembangan zaman dan apresiasi masyarakat yang begitu antusias,olshop akan menjadi salah satu lapangan pekerjaan yang mampu mengentas beberapa pengangguran dinegara kita.


ine karlina

/inekarlina

saya ine karlina mahasiswa UIN Sunan Kalijaga prodi Ilmu Komunikasi
Selengkapnya...

KOMPASIANA ADALAH MEDIA WARGA, SETIAP KONTEN DIBUAT OLEH DAN MENJADI TANGGUNGJAWAB PENULIS.

Siapa Yang Menilai Tulisan Ini ?