Perusahaan Pembiayaan Penyebab Kemacetan Lalulintas

02 Mei 2012 19:23:54 Dibaca :

Kemacetan lalulintas tak hanya monopoli kota-kota besar. Suatu kali aku terjebak macet di kota kecil kecamatan di daerahku.
Jika di kota-kota besar yang menjadi penyebab kemacetan lalulintas adalah mobil, maka di kota kecil tersebut penyebabnya adalah sepeda motor jumlahnya sangat banyak memadati jalan umum yang sempit.

Sekilas aku ingat terhadap perusahaan pembiayaan seperti Adira dan Federal Indonesia Finance (FIF), yang menjadi penjamin pengambilan sepeda motor secara cicilan (kredit). Kupikir inilah salah satu penyebab kemacetan lalulintas. Karena dengan adanya perusahaan pembiayaan tersebut, kepemilikan sepeda motor menjadi mudah dan jumlahnya meningkat.
Dengan uang muka yang cukup murah, seseorang sudah akan dapat memiliki sepeda motor.

Untuk dapat memiliki sepeda motor, tak sedikit orang yang berspekulasi terhadap cicilan per bulannya. Yang penting ada uang muka, ambil dulu, urusan bayar cicilan per bulan urusan nanti. Kalau pun nanti tak mampu bayar dan menunggak selama 3 bulan, sehingga sepeda motor disita, hitung-hitung anggap saja seperti menyewa.
Begitulah kemungkinan yang terlintas di benak mereka yang akan memiliki sepeda motor secara cicilan melalui perusahaan pembiayaan.
Adapun bagi mereka yang enggan seperti itu, cara berpikirnya adalah; uang muka murah, tapi uang belakangannya itu yang mahal, karena mesti bayar setiap bulannya selama sekian tahun.

Imi Suryaputera™

/imizona

TERVERIFIKASI (HIJAU)

Pria, orang kampung biasa, Pendidikan S-3 (Sekolah Serba Sedikit)

Selengkapnya...

KOMPASIANA ADALAH MEDIA WARGA, SETIAP KONTEN DIBUAT OLEH DAN MENJADI TANGGUNGJAWAB PENULIS.

Siapa Yang Menilai Tulisan Ini ?