HIGHLIGHT

Tentang Super-Supertall Kingdom Tower Jeddah: Landmark Baru Menuju Mekah 2017

15 Juni 2012 09:47:25 Dibaca :
Tentang Super-Supertall Kingdom Tower Jeddah: Landmark Baru Menuju Mekah 2017
Kingdom Tower Jeddah, 1000 m tall. (www.smithgill.com)

Prologue : Majalah Architectural Record (AR) edisi Mei 2012 yang baru saya baca awal Juni ini, secara mengejutkan menjadikan pembangunan Kingdom Tower Jeddah sebagai cover utama dan headline berita. AR selama ini bisa dinilai sebagai majalah panduan bagi para pecinta dan pekerja di bidang bangunan & konstruksi, meski demikian AR lebih banyak menampilkan proyek-proyek baru dan teknologi yang ada di dalam negerinya. Krisis ekonomi yang sangat parah di Amerika Serikat menyebabkan banyaknya para konsultan bangunan asal Amerika yang saat ini telah dan terus mengincar pembangunan gedung baru di Timur Tengah. Tetapi meski demikian Majalah AR jarang sekali mengulas pembangunan gedung baru di negara lain.. yang spetakuler sekalipun.

Kali ini dengan 'kerendahan hati'AR mengulas Kingdom Tower Jeddah, meski hanya 3 halaman saja di bagian tengah, dan (lucunya) tetap membanggakan AS di cover dengan judul 'American Design Ingenuity at Every Scale'.. hmm.

******************************

Sekilas Kota Jeddah

Kota Jeddah sedikitnya memiliki tiga julukan, antara lain: 1) Sang Pengantin Putri Merah. Julukan ini diberikan karena kecantikan dan keindahannya. 2) Pintu Gerbang Dua Tanah Haram. Julukan ini diberikan karena letak geografisnya sebagai pintu masuk ke Mekah dan Madinah, terutama melalui jalur laut dan udara. 3) Kota di tengah-tengah pasar. Julukan ini diberikan karena fungsinya sebagai pusat kegiatan bisnis dan perdagangan tingkat dunia.

Sejak tahun 1981, Kota Jeddah telah menjadi pintu gerbang jamaah haji Internasional dengan diresmikannya Bandara King Abdul Azis. Pembangunan demi pembangunan untuk kenyamanan ibadah haji terus dilakukan oleh Kerajaan Saudi Arabia. Mengingat sejarah Kota Jeddah dan potensinya di masa depan, Kingdom Holding Company (KHC) dibawah pimpinan Prince Talaal bin AlSaud, merencanakan pengembangan besar-besaran terhadap kota Jeddah. Di bawah perusahaan Jeddah Economic Company (JEC) telah dibuat masterplan kota Kingdom City Jeddah di tanahseluas 5,3 juta m² di tepi Laut Merah. Sebagai centerpiece dan pembangunan pertama adalah Kingdom City Tower, sebuah mix-used building yang akan menjadi gedung tertinggi di dunia saat selesai di tahun 2017 nanti.

‘Arsitektur’,  dengan caranya yang unik mampu mempengaruhi perkembangan dunia.

Definisisupertall building, menurut Carol Willis - Direktur Museum Pencakar langit di New York, yaitu bangunan dengan ketinggian di atas 380 meter (ketinggian Empire State NY). Dengan pengalaman membangun puluhan supertall building, maka tidak heran jika sayembara gedung2 pencakar langit di dunia selalu dimenangkan oleh konsultan dari negeri Paman Sam.

Super-supertall Kingdom Tower Jeddah, direncanakan selesai pada tahun 2017 dan akan menjadi gedung tertinggi di dunia (dengan ketinggian 1000 m), lebih tinggi 173 m dari Burj Khalifa Dubai. Di desain oleh Adrian Smith + Gordon Gill (AS+GG), gedung  ini adalah sebuah mix used building, terdiri dari shopping mall, hotel, apartemen, perkantoran, dan kondominium, dilengkapi dengan dek atau teras observasi tertinggi di dunia.  Dengan view utama ke Laut Merah. Bukan hanya sebagai gedung tertinggi di dunia, tetapi juga akan direncakanan sebagai the tallest green & sustainable building, dalam artian gedung yang hemat energi dan ramah lingkungan dengan standar dari Green Building Council yang telah diterapkan di seluruh dunia. Yang paling istimewa menurut saya dari gedung ini adalah, bagian podium gedung, atau kaki bangunan sebelah tenggara dibuat lurus sejajar mengarah ke Ka’bah, lambang persatuan umat Islam dalam sholat.

13397528241251348052
Kingdom City Jeddah dengan Kingdom Tower sebagai new landmark. (www.smithgill.com)

13397527541029153041
View Laut Merah (www.smithgill.com)
Menurut Talal Al Maiman, Executive Director, Development and Domestic Investments, a board member of KHC and a board member of JEC, "Kami membayangkan Kingdom Tower sebagai penanda ikonik baru di kota Jeddah sebagai bagian dari sejarahnya sebagai gerbang menuju Kota Suci Mekah".

Selain itu Kingdom Tower juga akan menjadi tujuan turisme dunia sebagaimana Burj Khalifa Dubai, juga meningkatkan Jeddah menjadi kota yang sangat menarik untuk hidup dan bekerja.

13397531401707259358

Meski demikian, menurut saya desain Kingdom Tower tidak memperlihatkan ciri khas budaya setempat, misalnya memalui kekayaan pola Arabesque pada bangunan yang sangat unik dan merupakan pola tradisional yang sangat pantas untuk dibanggakan masyarakat Arab khususnya. Misalnya seperti desain Namaste Tower yang didesain oleh Atkins di India yang berhasil melambangkan konsep selamat datang khas India melalui bentuk dan motif hena tradisional India yang diterapkan pada bangunan. Sayanganya Kingdom Tower yang dimaksudkan untuk landmark selamat datang untuk jutaan umat manusia, khususnya yang akan mengunjungi dua Kota Suci Madinah dan Mekah, berbentuk bangunan yang berkesan ultra modern, tajam, dan dingin.

13397532271029126762
Ulasan Kingdom Tower dalam Architectural Record May 2012

******************************

In my humble opinion (IMHO) : Negara Saudi Arabia, selalu menjadi sorotan umat muslim di seluruh dunia, karena disanalah sejarah Islam berasal, dan ada dua kota suci Mekah dan Madinah yang harus selalu dijaga. Pemerintahan Saudi Arabia memalui kebijakan dari Raja Abdullah saat ini, sedang terus melakukan pembangunan untuk kenyamanan ibadah haji dengan perluasan Kompleks Masjidil Haram Mekah yang akan selesai tahun 2020.

Menurut penilaian AS dan negara-negara maju Eropa yang saat ini sedang mengalami krisis ekonomi global, Kingdom of Saudi Arabia (KSA) adalah sebuah negara yang masih berkembang dalam hal ekonomi dan kebudayaan. Sudah bukan rahasia lagi kalau kerjasama AS dan Saudi Arabia telah berjalan puluhan tahun dan kecenderungan AS untuk memaksakan kebijakan politik luar negeri di Timur tengah untuk disetujui oleh Kerajaan Saudi Arabia. Lagipula AS memang terbukti adalah negara agressor yang tujuan utamanya adalah kepentingan segelintir manusia di dalam pemerintah AS dan Israel (bukan rakyat AS dan Israel). Dan kekayaan minyak negara-negara Timur Tengah membuat AS dengan segala cara dan alasan ingin menguasai minyak di TimTeng.

Apapun yang terjadi di Saudi Arabia, positif atau negatif, janji Allah SWT lah untuk menjaga Kota Mekah dan Madinah akan aman hingga akhir jaman. Dengan selesainya Kindom City Jeddah di tahun 2017 termasuk Kingdom Tower sebagai Landmark International, ditambah sarana transportasi Jeddah Mekah  yang lebih modern dan lancar, plus terutama selesainya Kompleks Masjidil Haram di tahun 2020, saya membayangkan ibadah haji dan umroh menjadi lebih nyaman lagi buat jutaan umat muslim sekaligus, dan menjadi momen ibadah yang tidak terlupakan seumur hidup..

Bukan tidak mungkin apabila umat Islam di saat itu, di seluruh dunia dan terutama di Saudi Arabia, tempat Islam berasal dan tempat Nabi Muhammad SAW dilahirkan, semakin mampu menunjukkan Islam yang damai dan indah, serta unggul di dalam berbagai bidang termasuk budaya dan ekonomi, maka dengan demikian juga akan semakin bertambah banyaknya orang non muslim terutama dari Eropa dan AS yang tertarik untuk memeluk Islam, dan menjadi bagian dari rahmatan lil ‘alamin.... semoga.

******************

Sumber tulisan: Architectural Record Saudi Gazette Adrian Smith + Gordon Gill (AS+GG) Semua image 3dimensi dan film adalah copyright AS+GG. NB : Berhubung di Kompasiana banyak sekali yang lebih faham tentang Arab Saudi, mohon maklum kalau artikel saya banyak kekurangan disana-sini. Akhir kata, salam damai Kompasiana..

Retno Setiowati

/eno

TERVERIFIKASI (HIJAU)

kucinta biru Indonesia.. :)

Selengkapnya...

KOMPASIANA ADALAH MEDIA WARGA, SETIAP KONTEN DIBUAT OLEH DAN MENJADI TANGGUNGJAWAB PENULIS.

Siapa Yang Menilai Tulisan Ini ?