Mohon tunggu...
Agung MSG
Agung MSG Mohon Tunggu... Wiraswasta - Selalu saja ada satu cara yang lebih baik, dan lebih baik lagi dengan berbagi

Hidup untuk mengasihi, menyayangi, berbagi, dan berkarya mulia. @agungmsg #haiedumain

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Menciptakan Renewal: Transformasi Menuju Gaya Hidup Baru

22 Maret 2024   11:28 Diperbarui: 25 Maret 2024   07:34 132
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Renewal for betterment: transformasi diri dimulai dari ide yang kuat, inspiratif dan berdosis tinggi | Image: ideogram

"Perubahan bukanlah takdir, melainkan hasil dari ide yang dikerjakan dengan tekad dan komitmen."

Dalam menjalani kehidupan, perubahan adalah satu-satunya konstanta yang dapat diandalkan. Namun, bagaimana kita menciptakan perubahan yang signifikan dalam hidup kita? Apakah itu hanya sekadar kebetulan atau adakah proses yang terstruktur di baliknya?

Melalui berbagai kesempatan diskusi dan belajar,  saya telah mendalami bagaimana perubahan sejati terjadi. Mari kita jelajahi proses yang melahirkan perubahan, dan bagaimana kita dapat mengikutinya dengan kesadaran dan tujuan.

1. Ide Jelas & Spesifik

Semua dimulai dengan sebuah ide (idea). Ide adalah semacam pencetus yang muncul di benak kita, mungkin sebagai hasil dari pengamatan, inspirasi, atau refleksi. Ide ini adalah titik awal dari segala perubahan yang akan terjadi.


Intnya, semua perubahan dimulai dari sebuah ide yang kuat dan menginspirasi. Bayangkan seseorang yang ingin meningkatkan produktivitasnya di tempat kerja. Ide muncul ketika dia menyadari bahwa mengatur waktu dengan lebih efisien dapat membantu mencapai tujuannya. Contoh seperti ini mencerminkan pentingnya memiliki ide yang relevan dan inspiratif dalam proses perubahan.

Penelitian oleh Gino dan Staats (2015) dari Harvard Business School sungguh menarik. Katanya, memiliki ide yang jelas dan spesifik dapat meningkatkan motivasi individu untuk mencapai tujuan mereka. Artinya, ide yang baik bukan hanya memicu perubahan, tetapi juga meningkatkan kemungkinan keberhasilan dalam mencapai tujuan.

Intinya, ide yang memicu perubahan haruslah relevan, inspiratif, jelas, memiliki nilai, dan berdaya tanggap (responsif) terhadap kebutuhan dan situasi individu.

2. Pikiran

Ide yang memicu pikiran (thought) yang aktif adalah kuncinya. Ketika kita mulai memikirkan ide tersebut, kita memberi energi padanya, mengembangkannya, dan merencanakan langkah-langkah untuk mewujudkannya. Pikiran yang kuat dan positif adalah fondasi dari segala perubahan yang berarti.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun