Mohon tunggu...
Efa Butar butar
Efa Butar butar Mohon Tunggu... Penulis - Content Writer

Content Writer | https://www.anabutarbutar.com/

Selanjutnya

Tutup

Otomotif

Perlukah Khawatir Beli Mobil Baru Secara Online?

14 Juni 2017   13:20 Diperbarui: 19 Juni 2017   23:18 1101
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber Foto: soksinews.com

Beberapa waktu lalu, Google mengeluarkan hasil riset yang cukup mengejutkan pabrikan mobil di Indonesia. Pasalnya disebutkan di sana bahwa sekitar 72% pengguna smartphone menggunakan internet untuk mengetahui lebih lanjut terkait segala hal yang berhubungan dengan mobil yang akan dibelinya.

Dalam kesempatan tersebut, Amalia selaku Head of Industry Google Indonesia menyampaikan kepada seluruh pabrikan mobil untuk tidak menyia-nyiakan website yang dimiliki. Dalam era yang serba internet ini, website justru bisa dimanfaatkan sebagai etalase produk yang ditawarkan, atau bisa disebut sebagai showroom. Hal ini penting dilakukan agar customer bisa dengan leluasa melihat detail produk. Fasilitas apa saja yang akan didapat ketika memilih produk tersebut, bagaimana dengan tingkat keamanan dan kenyamanan produk serta hal lain yang bisa dijelaskan dealer dalam websitenya untuk setiap pengunjung website.

Kelengkapan data yang dibuat oleh dealer pada websitenya juga berperan untuk meyakinkan customer bahwa dealer yang websitenya tengah dia buka adalah dealer yang professional. Dealer yang bisa dipercaya. Satu orang custumer tentunya akan membuat beberapa perbandingan sebelum menjatuhkan pilihan dealer mana yang akan dikunjungi untuk memberikannya mobil yang diidamkan. Dan pada umumnya, dealer yang dikunjungi adalah dealer yang memberikan penjelasan serta informasi yang paling lengkap, up to date dan valid lah yang akan dipilih oleh customer.

Walau pencarian semua data yang dibutuhkan terkait mobil sudah melalui mobil, biasanya customer masih tetap memutuskan untuk melihat langsung ke dealer dan bertanya kepada sales tentang segala hal yang ingin diketahui. Terutama masalah harga. Dealer dengan website terbaik, belum tentu dealer dengan harga terbaik, oleh sebab itu, walau sudah berkunjung ke satu dealer, belum bisa dipastikan customer akan membeli unit yang diinginkan di dealer tersebut.

Hal ini bisa jadi diakibatkan perbedaan harga yang tertera di website dengan yang ditawarkan oleh sales berbeda. Perbedaan harga ini akan berakibat fatal di mata customer. Selain dianggap tidak professional, dealer juga dianggap tidak up to date terkait harga mobil. Akhirnya transaksi batal terjadi.

Meski kerap kecewa dengan penawaran yang diberikan sales, dan tertarik dengan penawaran terbaik yang didapat dari online, biasanya customer juga tidak serta merta percaya begitu saja lalu memutuskan untuk memercayakan website tersebut untuk mendapatkan mobil yang diinginkannya. Harga yang cukup tinggi menjadi salah satu bahan pertimbangan untuk mencari tahu kebenaran penawaran yang didapat.

Sebenarnya bagaimana sih prosedur pembelian mobil dengan cara online ini? Berikut beberapa pertanyaan yang kerap sekali dilontarkan oleh customer yang menghubungi perusahaan jual beli mobil bekas dan baru secara online:

1. Lho, emang bisa beli mobil dengan cara online?

Oh tentu bisa.

2. Bagaimana caranya?

Saat ini, ada banyak sekali situs yang menyediakan layanan jual beli mobil baik mobil bekas maupun mobil baru secara online. Mobiloka, carmudia, momobil, rajamobil, mobil123, dan lain-lain. Silahkan kunjungi web yang menurut Anda paling ramah untuk dikunjungi di smartphone Anda.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Otomotif Selengkapnya
Lihat Otomotif Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun