HIGHLIGHT

Self Picture: Tidak Sebatas Foto 'Narsis'

08 Agustus 2012 14:13:47 Dibaca :
Self Picture: Tidak Sebatas Foto 'Narsis'
(Supporter narsis - dok. pribadi)

Sifat narsis atau yang disebut juga narsisme (narsisisme) memiliki arti perasaan cinta terhadap diri sendiri yang berlebihan (Wikipedia). Orang yang memiliki gejala ini disebut sebagai narsisis (narcissist). Sifat narsis ini sudah dimiliki oleh setiap orang sejak lahir. Sifat narsis dalam jumlah yang cukup atau tidak berlebihan sebenarnya bermanfaat dan diperlukan seseorang untuk memiliki persepsi yang seimbang antara kebutuhannya dalam berhubungan dengan orang lain dan juga membuat seseorang berhenti bergantung terhadap standar dan prestasi orang lain.

Oke, kalimat-kalimat di atas saya pikir sudah cukup sebagai pengantar dalam postingan kali ini. Selain sebagai pengantar, juga saya maksudkan untuk membantu memenuhi kuota minimal 70 kata dalam menulis di Kompasiana dan membuat tulisan saya menjadi lebih panjang. Apalagi saat ini memang saya sedang tidak memiliki kata-kata yang cukup banyak untuk menulis.

(Bilang aja kalau lagi malas nulis!)

Kembali ke persoalan utama, yaitu narsis. Dalam fotografi, kita sudah sangat sering melihat foto-foto narsis. Bahkan barangkali kita sendiri yang menjadi objek utama di foto narsis tersebut. Coba lihat foto-foto di media sosial terutama Facebook, kita akan dengan mudah akan melihat foto seseorang yang diambil oleh dirinya sendiri dari arah atas, dengan pipi dibuat tembem dan mulut sedikit monyong. Biasanya hal tersebut dilakukan oleh wanita.

(Nah loh, yang lagi baca sambil mesam-mesem alias  senyum-senyum pasti sudah pernah atau bahkan sering melakukannya).

Saya juga memiliki beberapa foto yang saya ambil atau jepret sendiri. Seperti foto di atas, yang saya ambil sewaktu final Piala AFF tahun 2010 yang sudah pernah saya posting di Weekly Photo Challenge (WPC) edisi sebelumnya. Namun memotret diri sendiri atau self picture tidak selamanya terbatas pada foto yang menonjolkan ekspresi wajah nan narsis. Kita bisa juga melakukan self picture ini dengan membidik seluruh tubuh kita, dari ujung kepala sampai ujung kaki.

1344430606269816303
(Self picture dengan bantuan tripod - dok. pribadi)
13444307911779995645
(Self picture dengan bantuan tripod - dok. pribadi)

Kedua 'self picture' di atas saya ambil ketika mengunjungi Taman Sari, Yogyakarta pada Desember lalu. Berhubung waktu itu teman-teman saya sedang asyik memotret dan posisinya berada agak jauh dari saya, maka saya pun menggunakan tripod untuk melakukan 'self picture' tersebut. Setelah tripod dipasang dan framing ditentukan serta tak lupa timer-nya disetel sekitar 10 detik, maka saya pun berpose dengan latar belakang bangunan kuno Taman Sari tersebut.

(Hmmm, saya pikir saya nggak pintar berpose. Sangat kaku dan kurang ekspresi).

13444309271975148926
(Sandal dilepas untuk mengganjal kamera - dok. pribadi)

Bagaimana jika sedang tidak membawa tripod namun ingin melakukan 'self picture' ? Jawabnya tentu saja diperlukan sedikit kreativitas. Kamera bisa diletakkan di atas lantai atau tempat-tempat lain yang rata atau datar supaya kamera bisa dalam posisi berdiri dan tidak ambruk. Bagaimana jika tidak ada lantai atau tempat yang datar sehingga menyulitkan kamera  bisa berdiri? Cobalah cari benda untuk mengganjal kamera agar tidak ambruk. Seperti foto yang terakhir yang saya ambil di Bali tahun 2010, berhubung tidak ada tempat yang rata untuk meletakkan kamera, maka saya melepas sandal saya. Kamera pun saya ganjal menggunakan sandal dan beberapa batu, kemudian saya pun berpose untuk melakukan 'self picture.'

(Tuh kan, lagi-lagi posenya super kaku. Memang nggak ada bakat sedikit pun untuk jadi model deh).

***

Cukup sekian dulu membahas soal self picture. Dan menurut saya self picture ini termasuk salah satu shooting angle dalam fotografi. Untuk karya-karya apik lainnya, bisa dilihat di Weekly Photo Challenge: Shooting Angle. Cekidot!

Sam Leinad

/danielmashudi

TERVERIFIKASI (HIJAU)

jangan menyebutku mantan, tapi sebutlah alumni. siapa tahu kelak kita reuni. Twitter: @samLeinad

Selengkapnya...

KOMPASIANA ADALAH MEDIA WARGA, SETIAP KONTEN DIBUAT OLEH DAN MENJADI TANGGUNGJAWAB PENULIS.

Siapa Yang Menilai Tulisan Ini ?