Christie Damayanti
Christie Damayanti karyawan swasta

Just a stroke survivor & cancer survivor, architect, 'urban and city planner', author, traveller, motivator, philatelist, also as Jesus's belonging. http://christiesuharto.com http://www.youtube.com/christievalentino http://charity.christiesuharto.com

Selanjutnya

Tutup

pilihan headline

The Transamerica Pyramid Center, Berbeda karena Berani

20 Maret 2017   12:07 Diperbarui: 21 Maret 2017   02:52 185 1 1
The Transamerica Pyramid Center, Berbeda karena Berani
‘The Transamerica Pyramid Center’, sebuah icon kota metropolitan San Fracisco (www.businessjournal.com)

Di beberapa kota di dunia, ada bangunan2 yang di desain sedemikian serupa dengan bangunan2 yang samadi negara lain. Terutama bangunan yang terkenal dan kotroversial, seperti pyramid.Dimana sebuah pyramid itu menandakan desain gaya Mesir yang mempunyai banyak sekali bangunan pyramid.

Salah satunya adalah ‘The Transamerica Pyramid’, sebuah bangunan tertinggi di kota San Francisco, berfungsi sebagai bangunan perkantoran berlantai 48. Dirancang oleh arsitek William Pareira dandibangun oleh perusahaan Hathaway Dinwiddie, yang selesai pada tahun 1972, sebagai salah satu dari 8 bangunan tertinggi di dunia, pada saat itu.

Sebagai bangunan berbentuk pyramid, yang sangat runcing, bangunan ini mempunyai 4 sisi datar, mengerucut sampai ujung tertinggi. Bangunan ini mempunyai “sayap”, dimana merupakan terowongan antara elevator sebelah timur dan tanga menuju ke bagian barat bangunan.

Dari 4 sisi dinding lurus yang mengerucut ke atas, berarti konsep bangunan ini, mempunyai 4 lobby utama, sesuai dengan arah 4 mata angin. Dan dibagian tertinggi bangunan ini, ditutupi oleh panel aluminium, dimana ketika ada perayaan besar, apalagi secara nasional, dari titik ini (panel aluminium dan bagian teratas pyramin runcing ini), akan bercahaya seperti lampu atau cahaya sebuah mercusuar, yang disebut dengan “Crown Jewel”.

‘The Transamerica Pyramid Center’ ini, memberikan nilai2 bagi kota San Francisco. Selain memang bersejarah sebagai bangunan unik nan cantik dan tertinggi di kota San Francisco ini, bangunan ini pun memberikan banyak informasi tentang sejarah kota San Francisco.

Terletak di 600 Montgomery Street, San Francisco di lantai dasar, disalah satu sudut gedung ini, sebuah ruangan di lanati dasar gedung ini, banyak di pajang dan dijual sebagai tanda mata merchandise bangunan ini, juga cerita tentang sejarah kota San Francisco. Begitu juga ruang ini menyajikan film dalam video cerita tentang kota tua San Francisco.

www.transamerikapyramidcentra.com
www.transamerikapyramidcentra.com
Bangunan ‘The Transamerica Pyramid Center’ - San Francisco , adalah salah satu bangunan tertinggi di dunia .....

***

Aku sendiri belum pernah masuk kedalamnya, karena waktu yang terbatas. Apalagi, di hari2 kerj, daerah pekantoran termasuk di gedung pyramid ini, selalu penuh pengunjung, dan parkirnya padat. Bukan hanya penduduk local yang berkantor disana saja,jiga wisatawan2 yang iseng kesana (seperti aku … hihihi …), untuk mencari sesuatu yang baru ……

Tetapi setidaknya, aku bisa melihat suasana di sekeliling The Transamerica Pyramid Center ini. Bagaimana ruang luarnya, bagaimana lingkungannya, bagaimana tamannya dan bagaimana denyut kehidupan di sekitar nya.

Konsep ‘The Transamerica Pyramid Center’

Konsepnya memang untuk memberikan icon yang berbeda sebagai kota metropolitan di Amerika. Mungkin ada puluhan kota metropolitan di Aerika, dan untuk akupun, tidak ada yang cukup menarik dari mereka, ketika aku hanya menjumpai bangunan2 modern, berbentuk kotak2 dan façade nya (tampak bangunannya) hanya minimalis. Walaupun kota San Francisco setelah berada di tangan Spanyol masih meninggalkan bangunan2 tua khas Eropa, tetapi dengan pertumbuhan kota seagai kota metropolitan, akan membentuk downtown perkantoran yang hanya memberikan konsep2 fungsional saja, secara arsitektural.

Konstruksi dimulai tahun 1969, dan selesai bahkan sudah disewa oleh pemilik gedung, di tahun 1972. Sebuah pekerjaan yang cukup cepat, apalagi di tahun itu, belum semodern sekarang. Membuktikan betapa keinginan San Francisco untuk memberikan nafas kota metropolitan yang ber-ciri khas di Amerika.

Tetapi ada beberapa kota metropolitan di Amerika mempunyai sebuah icon, untuk lebih menjadi ciri khas kota itu, salah satunya adalah San Francisco dengan gedung tertingginya yang berbentuk pyramid.

Transamerica Pyramid Center ini mempunyai  48 lantai, dengan 15 elevator (lift) penumpang, 3 lift barang, dan 3678 jendela. Façade nya tidak dikuasai oleh kaca, tetapi betook dan sebagian lagi memang kaca berbentuk jendela.

Karena bentuk bangunan menyerupai pyramid walau sangat runcing 60 derajat, sebagian besar jendela mempunyai kemiringan yang sama,  sehingga mereka dapat di bersihkan dari dalam dari dalam, dan ini sangat menguntungkan karena tidak perlu gondola (alat untuk membersihkan  jendela dari luar), yang beresiko tinggi, apalagi di bangunan2 tinggi, karena angin yang sangat kencang di titik meter dari permukaan tanah dan membuat gondola selalu berayun sampai bisa membuat petugas kebersihan terlempar.

Di atas lantai ke-48 hanyalah sebagai penghias, menjadi ujung pyramid. Merupakan aluminium setinggi sekitar 70 meter, dimana sebenarnya hanya sebuah ruang berongga aluminium, denagn tangga baja dan sudut 60 derajat.

www.upout.com
www.upout.com
Dilihat dari bawah, menara aluminium dengan anak tangga baja untuk mencapai puncak bangunan, untuk pembersihan dan maintenance.

***

Dilantai ke-27, dulu ada deck observasi bagi wisatawn seperti di World Trade Center di New York City atau dibangunan2 tinggi lainnya. Tetapi sejak pem-bom-an WTC beberapa tahun lalu (peristiwa 9/11), deck observasi di lantai ke-27, ditutup.

Di lantai ke-48, merupakan daerah private, ruangan yang mengecil (dari lantai dasar ke lanntai ke-48, di setiap lantai, akan mengecil, sesuai dengan perhitungan ketinggian bangunan), sehingga ruangan ini bisa mempertontonkan keindahan kota San Francisco dari 360 derajat berputar, yang bisa disewa dengan harga sekitar US$ 600.00 / jam.

www.transamericapyramidcenter.com
www.transamericapyramidcenter.com
Berani karena berbeda ….. sangat ‘menonjol, bukan karena bangunan ini yang tertinggi saja, tetapi juga karena bentuknya yang memang berbeda …..

***

Bangunan ini berkonsep warna putih, sangat kontras berada di tengah2 kota San Francisco, di daerha perkantoran dan sebagian besar berkonsep bangunan tua khas Victorian modern, berwarna ‘vintage’. Dan yang aku cukup heran, ketika ternyata waktu bangunan ini pondasinya sedang di ‘cor’(memasukan adonan beton pada pondasi2 nya), ada beberapa orang yang memasukan juga beberapa ribu dollar dalam recehn, sebagai ‘keberuntungan’ ……

Hmmmm …..

Ternyata faktor2 ‘eksternal’ di luar akal sehat pun bukan untuk negara2 berkembang saja, tetapi pun Amerika yang merupakan negara maju dan adikuasa juga mempunyai kepercayaan2 diluar akal sehat.

Tahun 2000 lalu, aku sempat berkeliling downtown San Francisco, berputar2 dengan trem, dan makan siang di salah satu restoran Chinese Food di China Town. Dimana bangunan pyramid ini berada sekitar 2 block dari China Town.

www.googlemap.com
www.googlemap.com
Yang diberi batasan garis berwarna merah adalah China Town San Francisco, dan titik hitam sebelah kanannya adalah The Transamerica Pyramid Center

Dan dari sekitar itu pun memberikan kenyataan bahwa bangunan pyramid ini memang lebih dari sekedar bangunan perkantoran saja, tetapi mampu mendapatkan apresiasi di dunia desain arsitekturla dan konsep perkotaan ……

Kita memang harus berani melakukuan sesuai yang berbeda, walau ‘dunia’ menertawakannya …..

Dokumentasi pribadi
Dokumentasi pribadi
Aku denan adikku, berlatar belakang ‘The Transamerica Pyramid Center’ …..

Sebelumnya :

Wajah ‘Victorian’ Kota San Francisco

Walau Tua, ‘Trem’ Khas San Francisco Mampu Menanjak dalam Kemiringan 45 Derajat!

Di Ujung Utara Teluk San Francisco …..

Ribuan Ulir Baja Menjadi Seutas Kabel Raksasa untuk ‘Menarik’ Golden Gate Bridge!

Bentang ‘Golden Gate Bridge’ di Sela-sela Awan Putih Teluk San Francisco

Aku ‘Merinding’, Waktu Masuk ke Kamar Tahanan Al Capone di Penjara Al Catraz

‘Lombard Street’ : Jalan yang Terkenal di Dunia, Tercuram dan ….. Tercantik!

[Dermaga] Pier 39 : Banyak Singa Laut ‘Bergelimpangan’ untuk Berjemur dan Bermalas-malasan  …..