Mohon tunggu...
Siti AFFENTI
Siti AFFENTI Mohon Tunggu... -

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

XL Pass di Negeri Kabel

4 September 2017   23:56 Diperbarui: 5 September 2017   00:00 1866
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Negeri kabel,adalah salah satu julukan yang diberikan pada negara Korea Selatan. Selain terkenal dengan negeri ginseng, ternyata di era digital ini Korea Selatan juga dijuluki negeri kabel karena WiFi yang tersedia di berbagai lokasi, dapat diakses dengan mudah oleh siapapun dan merupakan salah satu akses internet yang tercepat di dunia. Wah, menyenangkan sekali bukan.

Saya berkesempatan mengunjungi Korea Selatan pada awal April lalu dalam rangka liburan. Saya bersama dua rekan saya mengikuti program open trip dari sebuah agen travel.

Hari keberangkatan kami dijadwalkan pada tanggal 1 April 2017, namun, ternyata pada tanggal itu ada sebuah acara yang harus saya ikuti dan mengharuskan saya menyusul rombongan pada hari berikutnya, yaitu tanggal 2 April 2017. Karena saya berangkat sendirian dan harus transit di Malaysia, maka saya harus berkomunikasi dengan agen travel untuk koordinasi penjemputan dan meeting point.

Salah satu yang saya persiapkan adalah paket internet, tentunya untuk menghubungi agen travel karena harus berkoordinasi menyusul rombongan, menghubungi keluarga, update media sosial supaya eksis hehehhe.... dan memantau email kantor. Dari beberapa blog yang saya kunjungi, banyak yang menyarankan untuk menggunakan WiFi airport setibanya di bandara Incheon dan menyewa modem atau WiFi di Korea Selatan selama beberapa hari.

Namun setelah mempelajari lebih lanjut, saya mengurungkan niat karena biayanya lebih mahal. Sebagai pengguna XL, saya akhirnya mengunjungi situs web XL https://xplor.xl.co.id/  untuk mempelajari paket-paket roaming di luar negeri. Akhirnya, setelah membaca penjelasan bahwa XL telah bekerjasama dengan operator di Korea Selatan, yaitu SK Telecom dan paket harga yang masuk akal yakni Rp200.000,00 untuk 7 hari, maka saya memutuskan untuk menggunakan paket XL Pass.

Aktivasinya cukup mudah, tinggal klik *123*747# atau klik *123# - pilih angka 7 (menu info lain) -- pilih angka 1 (menu info kartu XL-ku) - pilih angka 4 (menu Layanan Internasional) lalu ikuti petunjuk selanjutnya. Segera setelah mendapat notifikasi aktif layanan XL Pass, kita dapat cek kembali ke *123# atau cek melalui Call Center XL. Nah, karena saya sudah berlangganan paket HotRod 24 jam sebelumnya, maka saya tidak perlu mengaktifkan lagi paket internet XL lainnya. Saya mengaktifkan XL Pass dan cek paket HotRod 24 jam kira-kira 6 jam sebelum keberangkatan.

Pada waktu transit di Malaysia, saya mencoba chatting dengan teman saya yang sudah berada di Seoul. Tidak ada kendala sama sekali waktu itu. Beberapa jam kemudian saya menginjakkan kaki di bandara Incheon dan langsung disibukkan dengan proses imigrasi sehingga tidak sempat menghidupkan handphone.

Setelah proses imigrasi selesai, saya duduk dan menghidupkan handphone, melihat banyak panggilan masuk tak terjawab dan banyak chat yang belum dibalas malah membuat saya tersenyum lega. Artinya layanan XL berfungsi baik di sini. Pada saat  saya melakukan panggilan dengan rekan dari agen travel yang bertugas menjemput pun, suara kami tetap tersambung dan tidak terputus.

Dokumen pribadi
Dokumen pribadi
Berikut adalah sedikit ulasan singkat saya sewaktu berada di Korea Selatan:

Makanan

Setibanya di Seoul, tentunya saya dan rombongan yang kebanyakan muslim menginginkan makanan halal. Tidak masalah pada waktu siang hari karena tempat makan diarahkan oleh pemandu travel.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun