Semakin pesatnya kemajuan di dunia teknologi, menjadikan internet sebagai media komunikasi yang banyak diminati oleh masyarakat. Sehingga mengakibatkan perubahan komunikasi konvensional menjadi modern dan menjadi serba digital, tren di dunia bisnis juga semakin bervariasi.Â
Di zaman yang sudah serba digital ini, salah satu tren bisnis yang sedang berkembang saat ini adalah digital marketing.
Digital marketing memiliki peranan yang sangat penting untuk mengembangkan bisnis. Peranan digital marketing merupakan metode pemasaran yang dilakukan dengan cara memanfaatkan berbagai media. Dengan menerapkan strategi yang tepat kamu bisa menjangkau pasar secara luas.Â
Penerapan strategi pemasaran melalui digital bisa dikatakan jauh lebih hemat karena tidak perlu mencetak dan lain sebagainya. Tujuan digital marketing adalah untuk menarik konsumen dan calon konsumen secara cepat.
Strategi digital marketing bisa diterapkan dalam beberapa cara. Pemasaran yang dilakukan tidak dapat berjalan dengan efektif tanpa adanya strategi. Beberapa jenis strategi yang bisa di gunakan untuk mengembangkan bisnis :
- Sosial Media Marketing
Strategi ini menggunakan platform sosial media untuk dapat terhubung dengan audiens secara luas. Tujuan menggunakan strategi ini adalah untuk membangun brand dan untuk meningkatkan penjualan. Pemasaran melalui sosial media dianggap lebih efektif karena mampu menjangkau audiens yang lebih luas. Karena zaman sekarang semuanya serba digital jadi para audiens sering menggunakan platform sosial media
Pahami bagaimana karakteristik dari setiap platform sosial media yang digunakan agar bisa membuat konten yang menarik. konten yang dibuat juga harus memiliki visual yang menarik. Analisis sosial media juga harus dilakukan dengan baik agar pemasaran dapat berjalan lancar.
- Konten marketing
Strategi ini dapat menghubungkan dengan pelanggan melalui berbagai konten, sehingga  komunikasi brand ke pelanggan bisa dilakukan secara lebih menarik.  Strategi ini cocok  untuk mengembangkan bisnis agar lebih dikenal oleh audiens.
Bisa menghadirkan berbagai jenis konten seperti blog, video, infografis dan lain sebagainya. Kualitas konten merupakan hal yang harus diperhatikan agar mampu menarik perhatian audiens. Agar audiens bisa lebih percaya dengan produk yang ditawarkan.
- Search Engine Optimization
SEO merupakan strategi digital marketing yang paling populer strategi ini digunakan untuk membuat website yang dikelola bisa menduduki peringkat atas mesin pencarian Google. Karena produk kita berada di atas mesin pencarian dapat membuat kepercayaan tersendiri oleh audines karna sudah terbukti bahwa produk tersebut terpercaya.
Cara mengoptimalkan strategi SEO adalah penggunaan keyword. Dengan menggunakan keyword yang tepat, website yang di kelola akan terus direkomendasikan ketika audiens mencari kata kunci yang sama. Semakin banyak jumlah pengunjung, website akan semakin direkomendasikan. Strategi ini dapat meningkatkan penjualan secara signifikan.
- Pay Per Click