Mohon tunggu...
Edukasi Pilihan

Problematika Mahasiswa Baru, Coming Soon!

31 Maret 2019   15:02 Diperbarui: 31 Maret 2019   15:10 0 5 0 Mohon Tunggu...
Problematika Mahasiswa Baru, Coming Soon!
Sumber gambar pujangga-angka.blogspot.com/2013/ 

Masa perkuliahan merupakan masa yang ditunggu oleh para para siswa yang akan lulus ditahun ini, apalagi bagi mahasiswa yang saat ini sudah diterima dijalur SNMPTN 2019. Waw! Saya ucapkan selamat bagi siswa-siswi yang sudah diterima dan selamat datang di dunia baru yang penuh akan warna warni kehidupan yang nyata. Dan bagi siswa siswi yang belum berhasil pada jalur ini, jangan berkecil hati masih ada jalur jalur lain, perjuangkan dengan maksimal. SNMPTN bukanlah segalanya. Tetap Semangat!

Belajar di Perguruan Tinggi dengan belajar di Sekolah itu memang sangat berbeda. Di sekolah tanggung jawab seorang guru sangat besar, hampir 90% semua tentang pembelajaran, permasalahan apapun menjadi tanggung jawab seorang guru. Jika sampai ada 50% siswa yang tidak lulus maka guru lah yang akan bertanggung jawab. Sedangkan jika di Perguruan Tinggi Lulus atau tidak nya seorang mahasiswa itu  ditentukan oleh seberapa keras usaha mereka dalam proses belajar.

Selain itu semua peraturan peraturan di sekolah pun lebih banyak dibandingkan di Perguruan Tinggi. Mulai dari seragam harian, buku, sepatu atribut dan lain sebagainya. Sedangkan di Perguruan Tinggi, tidak ada peraturan yang mengikat yang mengaharuskan mahasiswa itu berseragam, bersepatu dan lain lain, kecuali memang ada hari hari tertentu yang mewajibkan untuk berseragam seperti pada saat Ulangan Tengah Semester ataupun Ulangan Akhir Semester.

Jadi intinya, apapun yang dilakukan seorang Mahasiswa di Perguruan Tinggi itu tanggung Jawab dari pribadi masing-masing sudah bukan menjadi tanggung jawab dari guru ataupun dosen lagi. Karena mahasiswa di Perguruan Tinggi dinilai sudah dewasa dan mampu bertanggung jawab atas dirinya masing-masing.

Lalu apa yang menjadi Problematika pada diri Seorang Mahasiswa Baru?

Menurut apa yang sudah saya rasakan banyak sekali Problematika-problematika yang terjadi pada diri seorang Mahasiswa Baru. Mulai dari hal yang paling sepele sampai hal yang luar biasa. Berikut contoh dari problematika-problematika mahasiswa baru dan cara mengatasinya :

1. Bingung Pakai Outfit Apa Ke Kampus.

Ini adalah problematika paling sederhana yang saya bingungkan saat pertama masuk jam perkuliahan. Apalagi pasti ada mahasiswa yang awalnya berasal dari lulusan Sekolah SMA yang harus  melanjutkan di perguruan Tinggi Islam ataupun Siswa yang lulusan Madrasah yang melanjutkan kuliah di Perguruan Tinggi Umum pasti akan bingung menyesuaikan Outfit yang pas dipakai saat perkuliahan. Karena biasanya basic Outfit di Sekolah Umum biasa dengan dengan Sekolah Madrasah pastinya sangat jauh berbeda. Begitu pula untuk di Perguruan Tinggi.

Cara Mengatasinya :

Nah, cara mengatasi problematika tersebut menurut saya yaitu yang pertama sesuaikan dengan lingkunganmu, di Perguruan Tinggi mana kamu belajar, dan jangan sampai outfit yang kamu kenakan tidak nyaman sehingga akan mengganggu proses belajarmu.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4