Mohon tunggu...
Bung Zulzaman
Bung Zulzaman Mohon Tunggu... Mahasiswa - Pejuang Pemikir

Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia

Selanjutnya

Tutup

Politik

Opini Zulzaman : Persiapkan Pemilu Serentak, KPU Gelar Peluncuran Tahapan Pemilu 2024

19 Juni 2022   15:37 Diperbarui: 20 Juni 2022   12:15 226 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Zulzaman, Pengurus DPP GMNI Periode 2019-2022. Dokpri

Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Republik Indonesia sebagai Penyelenggara Pemilihan Umum (Pemilu) harus mendapat dukungan baik dari pemerintah pusat, provinsi dan daerah serta masyarakat Indonesia umumnya. Tujuannya adalah agar terciptanya pelaksanaan dan penyelenggaraan Pemilu 2024 berjalan jujur, adil, dan demokratis.

Pelaksanaan Pemilu 2024, Pilkada serentak dan Pilpres merupakan pesta demokrasi terbesar yang akan menentukan perjalanan bangsa Indonesia dalam lima tahun ke depan. Oleh karena itu, penyelenggara Pemilu harus mempersiapkan secara baik dan matang.

Sesuai Surat Keputusan KPU RI Nomor 21 Tahun 2022, tepatnya pada tanggal 14 Februari 2024 nanti KPU dan Bawaslu RI telah secara resmi mengumumkan hari pemungutan suara Pemilihan Umum Serentak 2024.

Peluncuran tahapan pemilihan umum dan pemungutan suara pada tahun 2024 telah selesai dilaksanakan pada Selasa 14 Juni 2022 yang diikuti oleh KPU provinsi dan KPU kabupaten/kota yang juga dihadiri oleh juga sejumlah kepala daerah dalam acara peluncuran tersebut.

Peluncuran tahapan Pemilu Serentak 2024 adalah persiapan penyelenggara dalam hal ini seperti soal Daftar Pemilih Tetap (DPT), teknis pemilu, pendaftaran calon peserta pemilu, verifikasi calon peserta pemilu, penetapan calon peserta pemilu, hingga proses kampanye nanti.

Peluncuran pemungutan suara Pemilu Serentak 2024 sebagai pengingat semua elemen masyarakat terhadap pelaksanaan hajat pesta demokrasi lima tahunan tersebut. Meskipun Pemilu Serentak bukan pertama kali dialami masyarakat Indonesia namun sosialisasi waktu pencoblosan sangat penting.

Dengan kata lain, peluncuran hari pemungutan suara Pemilu Serentak 2024 agar masyarakat aware terhadap pelaksanaan Pemilu serentak 2024 akan dilaksanakan pada tanggal 14 Februari 2024.

Selain itu, peluncuran hari pemungutan suara tersebut juga menjadi sarana sosialisasi kepada masyarakat agar paham dan ikut berpartisipasi dalam penyelenggaraan Pemilu Serentak 2024.

Dengan sosialisasi yang optimal maka diharapkan demokrasi Indonesia semakin baik melalui pemilu yang berintegritas dan profesional dan pemilu yang jujur adil dan bermartabat.

Selain itu pelibatan aktif semua elemen masyarakat untuk kesuksesan Pemilu 2024 diharapkan akan meningkatkan partisipasi masyarakat. Outputnya hasil Pemilu Serentak 2024 akan semakin legitimit.

Berbagai catatan evaluasi pemilu sebelumnya dan pemetaan potensi kendala yang telah dilakukan perlu dijadikan acuan untuk mempersiapkan pelaksanaan pemilu dengan lebih matang. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Politik Selengkapnya
Lihat Politik Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan