Ekonomi

Business Intelligence + Power Pivot Excel

8 Desember 2017   07:34 Diperbarui: 8 Desember 2017   08:38 241 0 0

Microsoft  Excel sudah menjadi standar dunia untuk melakukan data analysis. Salah  satu kemampuan Excel spreadsheet yang hampir digunakan oleh tiap orang,  adalah untuk melakukan Analisa data dan informasi.

Banyak user menggunakan Excel untuk menyimpan dan mengolah data  penjualan, keuangan, data produk, data pelanggan/customer, hingga untuk  membuat  business plan yang  complex. Intinya banyak sekali jenis  informasi yang dapat diolah dan dianalisa dengan  Excel karena Excel  adalah tool yang sempurna untuk menyusun dan menganalisa data.

Dengan Excel data dapat disusun dalam format tabular, generate  charts, PivotTables, dan perhitungan-perhitungan yang didasarkan pada  berbagai bentuk format tersebut, serta Excel dapat digunakan untuk  melakukan forecasts berdasarkan data dan informasi yang telah  dikumpulkan.
Dengan adanya cloud, Excel dapat digunakan pada mobile devices seperti   tablets dan smart phones  untuk mengakses infromasi secara real time.
Disamping  Excel users, ada professional yang bekerja melakukan data  analysis, yang sering disebut business intelligence (BI) professionals.
BI adalah  sebuah science yang bertujuan untuk mendapatkan "insights"  dari kumpulan data yang sangat banyak. BI professionals sudah banyak  menciptakan tehnik-tehnik dan tools untuk memanage systems yang dapat  menangani ratusan ribu hingga jutaan baris data. 

Sebelum tahun 2010, ada pembedaan yang jelas antara  analisis pada  data yang jumlahnya relative kecil dengan analisis  pada data yg  berjumlah banyak/sangat banyak. Langkah awal untuk menggabungkan kedua  perbedaan tersebut dihadirkan excel dengan PivotTable. PivotTable tool  memiliki kemampuan untuk melakukan Query system BI.  Data analysts dapat  melakukan query terhadap BI systems yang besar dan mendapatkan hasil  terbaik dengan meletakkan Hasil query dalam excel PivotTable, lalu hasil  tersebut dapat digunakan untuk melakukan analisis lebih lanjut.

Tahun 2010, Microsoft membuat fitur handal yang dapat menjembatani   antara BI professionals dengan  Excel users dengan mengenalkan   xVelocity, sebuah mesin handal yang dapat  men"drives"  BI solutions  dalam jumlah besar secara langsung dari dalam Excel. Hal ini terjadi  saat Microsoft SQL Server 2008 R2 PowerPivot for Excel diluncurkan  sebagai sebuah  free add-in di dalam Excel 2010. Mereka menyebutnya  self-service BI.

PowerPivot juga mengenalkan bahasa DAX, sebuah Bahasa pemrograman yg  handal yang ditujukan untuk membuat solusi-solusi Busines Inteligent,  disamping untuk membuat formula-formula Excel. PowerPivot mampu untuk  meng "compress" data sedemikian rupa sehingga infromasi dalam jumlah  besar dapat disimpan dalam  workbook yang relative kecil. 

Saat ini PowerPivot tak lagi terpisah dalam add in excel, tapi sudah  menjadi bagian yang  inherent di dalam Excel technology dan  membawa  kehandalan xVelocity engine bagi setiap user Excel. Era self-service BI  dimulai tahun 2010, dan meningkat menjadi advance di tahun 2013.
Jika anda berminat   dalam mempelajari "self-service BI" dan anda  ingin  dapat menguasai PowerPivot for Excel. Maka anda bias menghubungi kami  di telp: 085216626365, atau email ke : zulkarmen@gmail.com, atau daftar online di : https://zulkarmen.com/pendaftaran.php . Anda akan mendapat pengalaman bagaimana menggunakan  basics tool  Powerpivot , bagaimana membentuk data sehingga data dapat dianalisa  secara efficient,  bagaimana membuat  data modelling, bagaimana  mengguanakan bahasa DAX.

Training ini   di design untuk membantu anda untuk berubah dari  seorang Excel user menjadi seorang self-service BI modeler. Hasil yang  didapat dengan mengikuti Training/Kursus ini sangatlah berharga.

Training/Kursus ini ditujukan pada para pengguna Excel, project  managers, dan decision makers yang ingin mempelajari PowerPivot,  menguasai DAX language yang digunakan oleh PowerPivot, dan mempelajari   data modeling dan  Tehnik-tehnik pemrograman  dengan PowerPivot.


Sumber