Mohon tunggu...
ZULIA PUTRI
ZULIA PUTRI Mohon Tunggu... Freelancer - 1995

Content writer

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

2 Mei: Hari Kelahiran & Bulan Kesuksesan Pendidikanku

2 Mei 2020   13:09 Diperbarui: 2 Mei 2020   13:14 136
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Namun aku percaya disaat aku gagal dan kembali belajar aku akan mendapatkan pengetahuan yang lebih bernilai daripada sebuah angka di rapor. (Sumber: Dokumentasi pribadi penulis)

Tepat hari ini, Sabtu, 2 Mei 2020 merupakan hari kelahiranku di dunia yang ke-25 tahun. Terlalu banyak kisah yang terjadi sejak aku lahir di dunia. Suka duka, canda tawa dan perjuangan kehidupan. Hari ini aku ingin membagi sedikit kisah yang terjadi di bulan Mei ini. Jika dikisahkan sejak hari kelahiran ini banyak momen yang terjadi. Dimulai aku pandai menangis, tertawa, telungkup, hingga dewasa

Inilah kisah Bulan Mei-ku:

Mei 1995

Hari kelahiran. Tentu berjuta momen ini susah untuk dijabarkan.

Mei 2013

Sejak aku mengenyam bangku SMA, aku tidak  lagi mendapatkan peringkat di kelas. Bahkan aku pernah rangking 30-an. Aku hampir selalu remedial pada mata pelajaran Matematika, Fisika, Kimia, Biologi. Namun aku percaya disaat aku gagal dan kembali belajar aku akan mendapatkan pengetahuan yang lebih bernilai daripada sebuah angka di rapor.

Pada saat aku kelas XII, akupun mencoba mendaftar jalur SNMPTN Undangan untuk kuliah. Dengan nilaiku yang sangat biasa aja, salah satu guru bahkan meragukan kelulusanku. Namun, aku tetap percaya Allah akan bantu aku untuk mendapatkan kesempatan ini. Karena aku telah belajar semaksimal dan sejujur mungkin dengan nilai yang aku dapatkan.

Saat pengumuman tiba, aku masih ingat saat itu tanggal 29 Mei 2013 sore hari aku duduk di depan notebook untuk membuka portal pengumuman. Menunggu putaran loading yang terhambat jaringan, akhirnya membuahkan hasil. Aku Lulus SNMPTN. Alhamdulillah.

Mei 2017

Perjalanan pendidikanku berlanjut pada masa perkuliahan. Perjalanan ini terlihat sama, enggan melakukan tindakan kecurangan dalam belajar tetap terpatri di hati. Aku siap terlihat bodoh di kelas karena bertanya dengan hal yang dianggap mudah demi kepahaman. Selain itu, aku juga siap mendapatkan hasil nilai yang sesuai dengan apa yang aku kerjakan.

Lalu, sidang akhirpun dimulai. Ditinggal dosen sebulan ke luar negeri hampir menyurutkan hati. Tapi memanfaatkan waktu dengan baik untuk mempersiapkan diri mengharapkan hasil yang maksimal. Tepat tanggal 29 Mei 2017 aku dinyatakan lulus dan menjadi pemuncak jurusan pada periode yudisium. Alhamdulillah.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun