Mohon tunggu...
Ladut Guido de Arizo
Ladut Guido de Arizo Mohon Tunggu... Clove Farmer
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Petani yang Berpenghasilan Miris

Selanjutnya

Tutup

Bisnis Pilihan

Berbisnis Hasil Perkebunan . Berani Coba gan?

8 Juli 2019   12:16 Diperbarui: 10 Juli 2019   01:52 0 6 3 Mohon Tunggu...
Berbisnis Hasil Perkebunan . Berani Coba gan?
Cengkeh, salah satu tanaman agrikultur yang bisa dijadikan objek bisnis pertanian (Dokpri)

Pernahkah rekan-rekan mendengar berbagai studi terkait produksi, pemuliaan tanaman dan proteksi tanaman? Nah, tantangan inilah yang akan memanggil kita yang berjiwa muda untuk bergabung disektor ini dan akan memecahkan persoalan yang dialami.

Sebagai manusia yang memiliki potensi dan mengembankan tugas mulia, sektor pertanian ini sangatlah menantang. Sebab betapa bahagianya bangsa ini memiliki kamu yang akan menyelamatkan dan menyediakan pangan untuk orang banyak. Dengan kata lain menyelamatkan sektor pangan negara.

Sterotype Petani adalah profesi rendahan

Memang masih ada yang beranggapan bahwa petani sebagai golongan kelas bawah, bahkan diyakini bahkan oleh petani itu sendiri. Berberapa orang dikampung ketika ditanya harapan apa yang mereka miliki untuk masa depan dari anak-anaknya. Semua rata-rata menjawab  "cukup kami yang bekerja sebagai petani. Anak-anak kami setidaknya bisa kerja di dalam ruangan. Jangan di bawah matahari langsung".

Anggapan ini saya temukan sebagian besar dari responden yang berkeyakinan bahwa menjadi petani adalah opsi terakhir yang mereka miliki. Sterotype ini juga yang menjadi pemicu sebagaian anak muda yang bersekolah(sarjana) enggan menjadi petani.

Pertanian adalah ladang bisnis

Berbicara tentang pertanian berarti berbicara tentang bisnis yang menjanjikan. Sebab sektor ini merupakan sektor fundamental kebutuhan manusia. Tak perlu saya uraikan lebih jauh, konsumsi makanan kita sudah pasti bersumber dari hasil pertanian dan peternakan. Bisnis pertanian variasinya sangat banyak, bisa dibagian hulu dalam penyedian alat mesin dan sarana produksi maupun hilir paca panen dan pemasaran.

Banyak pengusaha besar, konglomerat yang punya usaha dibidang ini. Betul, banyak sekali potensi yang bisa kita garap untuk mendalung uang dari sektor pertanian. Bisnis pertanian bisa berupa jual beli hasil perkebunan. Yang terpenting kita harus punya komitmen serta bertanggung jawab.

Sudah menjadi rahasia umum bila semua manusia bergantung hidup pada sektor pertanian dan pangan. Untuk itu sebaiknya kamu harus memiliki kemampuan bertani setidaknya untuk bertahan hidup dan bisa kembali ke alam.

Berikut beberapa usaha untuk meningkatkan hasil pertanian.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3