Mohon tunggu...
M. Fauzan Zenrif
M. Fauzan Zenrif Mohon Tunggu... Dosen - Zenrif

Hidup Itu Belajar

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Mengenal Pesantren Muhammadiyah (Bagian 1)

16 Juli 2019   07:14 Diperbarui: 16 Juli 2019   20:54 164
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Rumah Perjuangan Keluarga Zenrif (Dokpri)

Perjalanan Menuju Pesantren Paciran

Saya kenal pesantren Muhammadiyah dari sebuah perjalanan yang tidak disengaja. Hari itu Gus Fanani tiba-tiba berada di depan pintu gerbang. 

"Saya mau ngancane Prof Imam ke Paciran," kata Gus Fanani setelah ngomong ngalor ngidul, "mau ikut?"

"insya Allah, Gus." jawab ku meyakinkan.

Saya sudah lama sekali tidak bersama Gus Fanani dan Prof Imam. Ini adalah kesempatan untuk bisa bersama-sama . Gus Fanani orang sangat konsisten dan selalu terencana. Sehari sebelumnya, sudah diingatkan dan menjelang berangkat juga diingatkan kembali.

Alhasil, akhirnya saya berangkat ke Paciran bersama Prof Imam. Saya sangat senang sekali bisa bersama Gus Fanani dan Prof Imam, sebab sudah sekian tahun saya tidak bersama-sama dalam satu mobil.


Ada hal yang selalu membahagiakan dalam perjalanan bersama Prof. Imam dan Gus Fanani, sebab di tengah perjalanan saya selalu mendapatkan cerita-cerita kehidupan yang berguna bagi kehidupan banyak orang.

Sukses dan Pinter Karena Tidak Sekolah

Salah satu ilmu hidup yang berguna, dalam artian yang luas, adalah tentang kehidupan seseorang yang sukses. Orang ini memiliki keistimewaan yang luat biasa.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun