Mohon tunggu...
Imzen S.
Imzen S. Mohon Tunggu...

Nimbrung di sela aktivitas sebagai Lawyer (Peradi)

Selanjutnya

Tutup

Birokrasi Artikel Utama

Ahok dan Teori Abraham Lincoln

30 Agustus 2013   14:53 Diperbarui: 24 Juni 2015   08:36 7256 4 2 Mohon Tunggu...

Ahok (Basuki Tjahaja Purnama) Wakil Gubernur DKI ("Wagub") yang lagi menjabat berasal dari Gantung, desa Laskar Pelangi, Belitung Timur. Memasuki kancah politik di tahun 2003 karena pernah mengalami perlakuan sewenang-wenang dari pejabat dan keinginan untuk membantu rakyat kecil di kampungnya. Ahok meyakini bila ingin MELAKUKAN PERUBAHAN terhadap kondisi tersebut harus masuk ke dalam kekuasaan. Namun, menurut Ahok rakyat sudah tidak percaya kepada mereka yang berada di dalam kekuasaan. Dan rakyat pun tidak percaya juga dengan orang-orang yang berada di luar kekuasaan yang mau masuk. Karena toh begitu masuk dalam lingkaran kekuasaan akan sama saja dengan mereka yang berada dalam lingkaran kekuasaan yang sudah tidak dipercaya rakyat. Akan melupakan kepentingan rakyat.

Bagi Ahok kenapa orang-orang yang telah menjabat setelah habis masa kerja tidak terpilih lagi, karena mereka terjebak dengan cara berpolitik orang-orang yang sedang berkuasa yang sudah tidak dipercaya lagi oleh rakyat yaitu menggunakan politik uang. Meminjam uang lalu membagi-bagi sembako, bagi-bagi uang, bagi-bagi kaos seperti yang biasa dilakukan mereka yang mau jadi pejabat.

Teori Abraham Lincoln

Nah untuk memecah kebuntuan ini Ahok berpedoman pada Teori Abraham Lincoln yang mengatakan bahwa kalau mau menguji karakter sejati seseorang berikan dia kekuasaan (lihat: kutipan terbaik Teori Abraham Lincoln angka 12 di bawah). Hal ini terungkap dari rekaman wawancara Ahok di  http://ahok.org/tentang-ahok/siapa-ahok. Ahok meyakini rakyat perlu pemimpin yang teruji.Karena itu Ahok ingin berkiprah di dunia politik dan membuktikan bahwa ia adalah salah seorang yang teruji. Salah seorang yang patut dipertimbangkan untuk berkiprah di lingkungan kekuasaan. Ahok berkeinginan masuk ke lingkungan kekuasaan semata untuk melakukan perubahan terhadap birokrasi yang korup.Tentu saja berkiprah di dunia politik dalam lingkup kekuasaaan, Ahok tidak akan  meniru cara-cara pemimpin yang lagi berkuasa. Cara memimpin Ahok terinpirasi dari Teori Kepemimpinan Araham Lincoln. Di bawah ini adalah kutipan terbaik Teori Abraham Lincoln mengenai kepemimpinan :

1.      Selalu diingat bahwa tekad Anda untuk sukses adalah lebih penting dari yang lainnya.

2.      Seperti kasus kita adalah baru, kita harus berpikir dan bertindak baru.

3.      Pastikan Anda meletakkan kaki Anda di tempat yang tepat, lalu berdiri teguh.

4.      Jangan khawatir bila Anda tidak diakui, tetapi berusaha untuk layak mendapat pengakuan.

5.      Pemerintahan dari rakyat, oleh rakyat, untuk rakyat, tidak binasa dari bumi.

6.      Dia memiliki hak untuk mengkritik, yang memiliki hati untuk membantu.

7.      Saya tidak berpikir banyak orang yang tidak bijak hari ini daripada kemarin.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x