Upaya peningkatan pertumbuhan ekonomi akibat pandemi Covid-19, menimbulkan persaingan yang ketat, tentunya hal ini menyebabkan berbagai cara dilakukan oleh semua pelaku usaha untuk dapat bertahan dalam keadaan dan masa yang sulit karena dampak pandemi.
Sasaran dan tujuan pengabdian masyarakat berbasis kemitraan merupakan suatu program yang tepat untuk memberikan mahasiswa kesempatan terjun langsung dan mendampingi para pelaku usaha serta membantu para pelaku UMKM agar dapat bangkit di tengah sulitnya kondisi perekonomian.
Masa pandemi Covid-19 memberikan dampak yang begitu luar biasa, semua kegiatan dan aktivitas dibatasi, bahkan segala metode tatap muka pun berubah menjadi daring atau secara online. Hal ini menuntut semua kalangan untuk dapat mahir dalam menggunakan teknologi.
Hal ini yang menjadikan alasan Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Covid – 19 Kelompok 92 Universitas Islam Nahdlatul Ulama (UNISNU) Jepara angkatan XI mengadakan workshop bagi pelaku UMKM sebagai salah satu program pengabdian masyarakat berbasis kemitraan guna membangkitkan UMKM Jepara di era pandemi Covid-19, Ahad (19-09-21).
Workshop yang berlokasi di Kelurahan Bulu Jepara diselenggarakan oleh mahasiswa KKN UNISNU kelompok 92. Kelompok yang beranggotakan lima orang terdiri dari Asyip Abdul Mu’iz Annasihi Prodi Manajemen, Muhammad Zaki Nurrokhman Prodi Manajemen, Rahmi Yunawati Prodi Akuntansi, Septina Eka Nugraheni Prodi Manajemen dan Zella Daniswara Putri Prodi Manajemen yang didampingi Hj. Nurul Komaryatin, S. E., M. Si sebagai Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) tim KKN UNISNU kelompok 92.
Dengan mengambil tema Strategi Pemasaran Digital, Inovasi Produk dan Pelatihan UMKM Melalui Aplikasi Keuangan Sebagai Upaya Peningkatan Daya Saing Di Era Pandemi Covid 19, workshop diikuti oleh para pelaku UMKM di Bulu Jepara dengan menghadirkan para Dosen UNISNU Jepara sebagai pembicara.
Dengan tetap mematuhi protokol Kesehatan dalam upaya pencegahan dan penanggulangan Covid-19, workshop berlangsung dari pagi sampai siang dengan materi Inovasi Produk disampaikan oleh H Ali, S. E., M. M, Strategi Pemasaran Digital oleh Ir. Mohammad Rifqi Roosdhani, M. M. dan Fatchur Rohman, S. E. M. Pd. M. Si., CADE, CAAT dengan materi Aplikasi Keuangan serta didampingi Nety Setyowati, perwakilan dari Kelurahan Bulu Jepara.
“Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) mendapat dampak paling nyata akibat adanya pandemi Covid 19, diantaranya penurunan penghasilan yang sangat drastis yaitu sekitar 50% dikarenakan penurunan minat pembeli, untuk itu setelah mengikuti workshop diharapkan para pelaku UMKM di Bulu Jepara tetap bisa bersaing dan survive di era pandemi covid – 19” ujar Mu’iz selaku ketua tim KKN UNISNU Jepara Kelompok 92.
Program-program kemitraan yang dilakukan oleh tim KKN UNISNU Jepara kelompok 92 terhadap mitra UMKM adalah inovasi kemasan produk “Sosis Kita”, membantu pemasaran melalui digital dengan menggunakan Ads dan memberikan pendampingan mitra untuk mengelola keuangan berbasis digital dengan menggunakan aplikasi “APIK” yang didesain oleh Bank Indonesia sehingga Mitra UMKM “Sosis Kita” dapat dengan mudah membuat laporan keuangan secara sederhana, baik melalui handphone maupun melalui komputer.
UMKM “Sosis Kita” merupakan suatu mitra UMKM yang bergerak di bidang makanan, seperti sosis bakar, bakso bakar, dan lain-lain yang beralamat di Jl. Ade Irma Suryani No. 45 Kelurahan Bulu Kabupaten Jepara.