Mohon tunggu...
Zairiyah kaoy CH CHt
Zairiyah kaoy CH CHt Mohon Tunggu... Penulis Informatif dan Inspiratif, Hypnoterapis.

Banyak yang abai kepada sisi psikologis diantara sesama, menulis dan memberi informasi positif untuk meredakan kesalahpahaman dalam setiap hubungan.

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup Artikel Utama

Ambivert, Si Moody yang Cepat Reda

18 April 2021   07:45 Diperbarui: 18 April 2021   11:03 217 11 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Ambivert, Si Moody yang Cepat Reda
Sumber: AWAD/flickr

Ambivert adalah gabungan dari dua yang watak yang bertolak belakang namun tidak terlalu ekstrem. Antara ektrovert dan introvert ini terkadang membuat orang lain agak rancu menyikapinya. Di satu sisi mereka senang bergaul di sisi yang lain mereka juga senang sendiri.

Kepribadian yang berganti-ganti ini sering diberi sebutan dengan berkepribadian ganda. Dimana dalam satu jiwa memiliki dua sifat yang bertolak belakang. Antara sifat tegas dan "penyedih".

Watak ambivert ini gabungan dari watak kolerik dan melankolik. Seorang yang berwatak kolerik memiliki sifat dan kebiasaan yang lebih mengarah kepada ektrovert seperti terbuka, senang bergaul dan memiliki kepedulian yang tinggi terhadap apa yang terjadi disekitarnya. Sedangkan introvert cenderung pendiam, suka merenung, lebih peduli terhadap pemikiran mereka sendiri.

Di dalam psikologi terdapat pengelompokan kepribadian yang dicetuskan pertama kali oleh Carl Jung pada tahun 1920. Dalam bukunya berjudul Psichologische Typen terdapat tiga jenis kepribadian yang memiliki pandangan yang berbeda dalam pengambilan keputusan, interaksi sosial, respon terhadap masalah, komunikasi verbal dan non verbal. Perbedaan dalam watak manusia tersebut yaitu ektrovert, introvert dan ambivert.

Seorang yang berwatak ambivert sering dikenal dengan istilah "moody", akan melakukan aktivitas sesuai moodnya. Bila hari ini bersemangat mereka akan banyak melakukan aktivitas yang berhubungan dengan orang banyak dan ketika semangatnya menurun mereka lebih suka menyendiri dan merenung. Mereka mudah meredakan kemarahannya terhadap sesuatu.

Mungkin sering kita melihat di dalam keluarga bahkan pada anak kita sendiri yang sering menunjukan sikap yang tidak konsisten. Terkadang keras dan terkadang menjadi pendiam. Pada saat moodnya berubah tersebut kita hanya dapat mengikutinya saja, karena dengan sendirinya mereka akan kembali seperti yang kita lihat semula.

Ekstrovert

Watak ekstrovert ini dimiliki oleh orang yang berkepribadian kolerik dan sanguin. Mereka mudah berinteraksi dengan kehidupan sosial, senang dengan keramaian, energi mereka berasal dari orang banyak. Lebih mudah mengutarakan sesuatu secara terbuka dan terang-terangan dan apaadanya tanpa bertele-tele.

Senang dengan hal yang praktis dan cekatan, mudah bosan dengan kesendirian, lebih senang bercerita daripada mendengarkan. Memiliki antusiasme yang tinggi dan aktif. Memiliki naluri pemimpin dan mudah memimpin diri sendiri.

Tipe ini cerdas dalam memulai percakapan dan mengutarakan gagasan. Memiliki bakat memimpin sesuatu dan terkesan tegas. Kurang pandai berbasa-basi dan mengutarakan sesuatu secara langsung.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x