Mohon tunggu...
Muhammad Zaid Al Khoir
Muhammad Zaid Al Khoir Mohon Tunggu... Mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga - 20107030029

jangan pernah menyerah

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Sepatu Compass: Cerita, Langka, dan Istimewa

31 Maret 2021   22:40 Diperbarui: 31 Maret 2021   23:01 259 3 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Sepatu Compass: Cerita, Langka, dan Istimewa
Sepatu Compass Gazelle (Dokumentasi Pribadi)

Sepatu merupakan hal yang wajib dimiliki oleh semua orang, sepatu juga merupakan fashion utama bagi anak muda masa kini. Brand sepatu ada banyak, sebagai contoh brand sepatu ternama yang berasal dari luar negeri Nike, Adidas, Vans dan lain sebagainya. 

Tidak kalah dari produk luar, Indonesia juga memiliki brand sepatu yang bagus dan berkualitas. Sepatu Compass adalah salah satu brand sepatu bagus dan berkualitas yang ada di Indonesia. Semua orang pasti tahu sepatu ini karena terdapat banyak drama yang sudah terjadi berkaitan dengan brand sepatu Compass.

Sepatu Compass merupakan brand sepatu yang berasal dari Bandung, bukan pemain baru di bidang persepatuan. Sepatu Compass lahir didirikan pada tahun 1998 oleh bapak Kahar Gunawan. 

Pada periode awal sepatu Compass mengalami masa sulit karena harus bersaing dengan produk impor dan saat itu juga terjadi krisis ekonomi. Tahun 2017 merupakan awal kebangkitan sepatu Compass, Aji Handoko merupakan tokoh dibalik kebangkitan dan kesuksesan sepatu Compass. Aji Handoko merupakan seorang Creative Director yang mengembangkan sisi kreatif dan strategi bisnis sepatu compass.

Aji Handoko merupakan pemain lama di industri sepatu, bahkan sejak kecil aji sudah menyukai sepatu dilansir dari akun youtube 'Badass 23 Monkey'. Hubungan Aji Handoko dan sepatu compass berawal saat Aji mendesain sepatu ARL, brand sepatu lokal yang mengandeng Ariel Noah menjadi Brand Ambassador

Aji Handoko kemudian bertemu dengan bapak Kahar Gunawan yang mempunyai pabrik sepatu di bandung dan bersedia memproduksi sepatu ARL. Tepat pada tahun 2017 setelah kejadian itu Aji Handoko dan Kahar Gunawan menjalin kerja sama untuk membangun kembali brand sepatu Compass yang sudah ada sejak tahun 1998.

Setelah Aji Handoko menjadi Creative Director, Aji mendapatkan kebebasan penuh dari mendesain hingga membangun strategi marketing. Pada tahap awal kerja sama ini, aji Handoko mendesain sepatu Compass Gazelle yang kemudian pada tahun 2018 menjadi momen kebangkitan sepatu Compass kembali hidup. Re-branding ini berhasil menggebrak pasar sneaker lokal di indonesia.

Strategi Aji Handoko untuk merebranding sepatu Compass sangat efektif dan menjadikan sepatu Compass sebagai sepatu paling dicari anak muda. 

Strategi Aji dalam merebranding juga ditiru oleh berbagai brand lokal lainnya.

Strategi-strategi Aji Handoko dalam merebranding sepatu Compass antara lain:

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN