Mohon tunggu...
Zahwa Angelica
Zahwa Angelica Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Kediri

Selanjutnya

Tutup

Diary

Guru Dunia Akhirat

26 Mei 2022   21:07 Diperbarui: 27 Mei 2022   10:17 315
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Hai semua, bagaimana kabaranya ? Pasti kalian sehat kan ? Habis bulan puasa gini khatam berapa kali ini, wah buat kalian yang udah khatam banyak pas ramadhan pasti seneng banget ya. Ngomong" siapa sih sosok dibalik kelancaran ngaji kalian ? Ya walaupun kalian ga tanya sama aku tapi aku mau ngasih tau sosok di balik kelancaran ngajiku ini. Beliau bernama Pak Waqin. Aku ngaji sejak kecil lupa umur berapa. Pokoknya temanku sudah besar-besar dan aku termasuk anak kecil di tempat itu. Itu bukan TPA atau TPQ itu tempat ngaji rumahan tapi muridnya banyak sekali. Dan aku juga ga merasa pernah banyak jasa ngaji beliau, atau mungkin ibuk yang bayar ya ? Taoi sepertinya memang tidak ada hehehe. Aku ngaji lama banget di situ. Disaat teman-teman di tempat ngaji lain pakai iqro` ditempat kami pakai turutan. Jadi tidak langsung ada kharokatnya. Pertama yang Cuma huruf hijaih trs macam-macam kharakat atau tanda baca, lalu baru a i u ba b ibu. Bahkan metode mengaji di turutan awal sebelum juz amma adalah mengeja lalu di baca lengkap. Misal wassalamu. Bacanya gini dulu wawu sin siddah fatkhah was, sin fatkhah sa, lam alif fatkhah la, mim dhommah mu, wassalamu. Aku sangat ingat sekali vibes dan point of view ngaji waktu kecil. Dulu jam set 4 pasti sudah berlari bersama teman-teman agar dapat antrean ngaji dulu dan bisa lanjut bermain. Bisa dibilang temanku dulu mas-mas dan mbak-mbak yang besar-besar yang kecil jarang karena yang kecil biasanya di TPQ atau TPA tapi aku ga tertarik jadinya yaudah ibuk ga maksa pokoknya ngaji dimanapun itu ga masalah.

Pak waqin adalah sosok yang tegas dalam mengajar, pokoknya diajari sampe bisa kalo ga bisa-bisa dulu di pukul pake jutik begitu. Aku pernah kena pukul kayaknya 2x selama ngaji. Pertama gara-gara ga lancar a e a e yang kedua gara-gara waktu lalaran aku nunduk jadi beliau kira aku ga lalaran.

Lalaran di lakukan setelah ngaji bareng-bareng sebelum pulang. Jadi kalo belum selesai semua belum boleh pulang. Dulu aku pernah mogok ga mau ngaji setelah dipukul karena aku takut terus aku alesan ke ibuk kalo hujan. Tapi ibuk ga percaya soalnya biasanya walaupun hujan sekalipun aku ya tetap berangkat. Terus ibuk tanya kenapa kok ga mau ngaji. Lalu aku akhirnya jawab kalo aku habis dipukul sama Pak Waqin. Terus ibuk bilang ya mungkin karena kamu salah, lain kali jangan begitu lagi biar tidak dipukul.

Menurutku ajaran Pak Waqin yang keras dan disiplin menjadikanku pribadi yang seperti itu juga. Bahkan saat aku mengajari adekku mengaji aku merasa sangat keras dan terbawa emosi. Lambat laun aku sadar karena adek sering nangis kalo aku sedikit meninggakan suaraku. Padahal aku sama sekali tidak bermain tangan hanya bermain mulut saja. Tapi adekku sudah menangis. Tidak terbayang bagaimana adekku jika hidup di waktu aku masih kecil pasti dia akan nangis dan tidak mau mengaji.

Karena aku tinggal di rumah nenek dan tinggal dirumah saat ayah pulang kerja dari luar aku jadi tidak bisa mengaji di rumah Pak Waqin karena beliau tetangga nenekku. Jadi kalau aku di rumah ayah aku ngaji di rumahnya Bu Suti dan Pak No. Beliau-beliau ini tipe guru yang sangat sabar dan humoris berbeda dengan Pak Waqin yang sangat tegas dan menegangkan. Saat aku belajar ngaji di rumah ayah aku merasa banyak teman-teman seuisaku blm bisa mengaji dengan lancar karena kalau ada yang kesusahan langsung dibantu oleh Bu Suti. Jadi mungkin mereka menggampangkan dan akhirnya tidak mau belajar. Aku merasa aku mengaji di Bu Suti hanya untuk sekedar mereview bacaan dan memperbaiki mahkroj huruf. Aku tidak mengaji lama di Bu Suti. Mungkin hanya beberapa tahun karena temannya sedikit dan tempatnya kecil. 

Di rumah Pak Waqin aku terbiasa bermain setelah mengaji di belakang rumah Pak waqin dengan teman-temanku. Bermain betengan, bak sodor, lempar sandal, bakasin, rumah-rumahan, lompat tali, dsb. Sebenernya kalau dipikir-pikir itu yang buat kami rajin mengaji. Karena banyak teman dan selalu ada mainan baru jika kami sudah bosan.

Saat Pak Waqin udah meninggal aku ngaji di rumah De Rukin. De Rukin memiliki sifat yang memiliki 180 derajat perbedaan dengan Pak waqin. De rukin sabar, kalem, ga pernah marah, humble, selalu ngajak guyon, ga pernah mukul, pokoknya suabaaaar pol.

Disaat Pak Waqin sudah meninggal aku baru ngrasain segala manfaat dan maksud beliau dulu. Ya namanya anak kecil ya pasti ngiranya di marahi terus padahal ya karena kitanya bandel. Big thanks to Pak Waqin karena sudah memberikan ilmu yang amat sangat bermanfaat sampe akhir hayat. Aku yakin pahala ilmunya jenengan ngalir terus. Semoga bahagia di Surga-Nya. Makasi juga buat Bu Suti, Pak No, dan De Rukin karena sudah sabar nyemak ngajinya. Dari beliau bertiga aku mengerti apa arti sabar yang sesungguhnya. Dari beliau-beliau ini juga aku jadi tahu kalau mendidik anak dengan cara sabar pasti akan lebih terkesan dihati anak.

Ngetik ini agak nangis karena merasa kangen masa kecil yang cuma mikir happy aja ga kayak sekarang banyak banget cobaan hidup wkwkwk.  Masa kecil itu sanagt memorable buatku. Ya memang hidup ga melulu manis dan pahit. Justru karena pahit kita jadi belajar kenapa kok jadi pahit, oooo gini caranya biar manis lagi. Hope you like it guys. Assalamualaikum.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Diary Selengkapnya
Lihat Diary Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun