Mohon tunggu...
Zahrotul Mutoharoh
Zahrotul Mutoharoh Mohon Tunggu... Semua orang adalah guruku

Guru pertamaku adalah ibu dan bapakku

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Belajar di Sekolah Swasta Juga Oke

30 Juni 2020   11:02 Diperbarui: 30 Juni 2020   11:23 121 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Belajar di Sekolah Swasta Juga Oke
Gambar Photo: Koleksi Pribadi

Apakah yang menjadi pertimbangan orangtua dan anak dalam memilih sekolah? Apakah keberhasilan ditentukan dengan anak bersekolah di mana? Apakah anak yang sekolah di Sekolah Negeri akan lebih berhasil di masa depannya? Tunggu dulu!

Belum ada penelitian yang menunjukkan bahwa anak yang bersekolah di Sekolah Negeri akan mendapatkan pekerjaan yang menjanjikan.

Lebih sering mendengar orangtua akan merasa bangga jika anaknya bersekolah di negeri. Prestise-nya itu lho!

Ya, memang diakui atau tidak, Sekolah Negeri di negeri ini masih menjadi pilihan paling utama. Entah karena nama sekolahnya yang memang sudah bagus. Atau lebih kepada cita-cita anak dan sekaligus cita cita orangtua terhadap masa depan anak-anaknya. Entah karena pertimbangan biaya tidak semahal di sekolah swasta. 

Diakui atau tidak, sekolah-sekolah swasta di "kelas perkotaan" memang sangat mahal. Contohnya saja sekolah-sekolah Islam Terpadu yang telah menjamur di Indonesia akhir-akhir ini. Sekolah-sekolah ini memberikan visi untuk membentuk anak secara agama dan sekaligus berprestasi.

Sekolah ini biasanya untuk kelas menengah ke atas. Dan orangtua memilihkan dengan tujuan tertentu. Biasanya, tujuan orangtua adalah ingin membentuk pribadi anaknya sesuai dengan tuntunan Islam. Selain itu orangtua dan anak pastinya juga berharap memiliki prestasi yang baik.

Sedangkan sekolah-sekolah swasta di "kelas pinggiran" akan lebih murah jika dibandingkan dengan sekolah swasta "kelas perkotaan". Sekolah-sekolah swasta ini tidak menarik uang untuk operasional sekolah. Sekolah gratis.

Kualitas pendidikan mungkin tak sebaik Sekolah Negeri atau Sekolah Swasta "kelas perkotaan". Tetapi bisa jadi ini menjadi pilihan alternatif bagi orangtua dengan ekonomi menengah ke bawah.

Orangtua  memilih menyekolahkan anaknya di sekolah seperti ini karena orangtua masih karena memilih pendidikan agama yang lebih banyak daripada di Sekolah Negeri.

Jadi apapun alasan orangtua dan anak dalam memilih sekolah patut diberikan penghargaan. Orangtua yang menyekolahkan di Sekolah Negeri tentu saja bagus. Orangtua yang memilih untuk menyekolahkan di Sekolah Swasta "kelas perkotaan" juga bagus. Orangtua yang menyekolahkan di Sekolah Swasta "kelas pinggiran" juga oke. Toh peran swasta adalah mendukung pemerintah dalam pendidikan ini.

Yang bersekolah di Sekolah Negeri dan Sekolah Swasta "kelas perkotaan" jangan sombong. Yang bersekolah di Sekolah Swasta "kelas pinggiran" jangan patah arang. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x