Mohon tunggu...
Herlambang Saleh
Herlambang Saleh Mohon Tunggu... Guru - Guru

Hobi Menulis

Selanjutnya

Tutup

Film Pilihan

Sekolah Rimba: Penerapan Merdeka Belajar di Tengah Hutan

1 April 2024   08:39 Diperbarui: 1 April 2024   08:58 98
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Tangkapan Layar Film Sokola Rimba. youtube/Miles Films 

Sekolah Rimba: Kisah Inspiratif yang Menggugah Jiwa

Sekolah Rimba, sebuah film drama biografi Indonesia yang dirilis tahun 2013, membawa kita menyelami kisah nyata Butet Manurung, seorang perempuan muda yang berani mendobrak batas dan mendedikasikan hidupnya untuk pendidikan anak-anak Suku Anak Dalam di pedalaman Jambi. Film ini bukan hanya sebuah tontonan, tetapi sebuah tamparan keras bagi realitas pendidikan di pelosok negeri dan pembangkit semangat untuk berkontribusi bagi sesama.

Kisah Nyata yang Menyentuh Hati

Film ini diawali dengan Butet yang memutuskan untuk meninggalkan kehidupan nyamannya di kota dan memilih jalan terjal mengabdi di tengah hutan. Di sana, ia bertemu dengan anak-anak Suku Anak Dalam yang tertinggal dalam akses pendidikan. Dengan penuh kesabaran dan ketekunan, Butet mendirikan "Sokola Rimba", sebuah sekolah sederhana di bawah pohon-pohon rindang.

Film Sekolah Rimba dapat menjadi contoh nyata implementasi Merdeka Belajar di tengah keterbatasan. Butet Manurung, dengan kegigihannya, menciptakan metode belajar yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi anak-anak Suku Anak Dalam.

Metode belajar di Sokola Rimba berfokus pada eksplorasi alam, budaya, dan kearifan lokal. Anak-anak didorong untuk belajar dengan cara yang menyenangkan dan sesuai dengan minat mereka. Hal ini sejalan dengan filosofi Merdeka Belajar yang menekankan pada pentingnya memerdekakan anak dalam belajar dan mengembangkan potensinya.


Sekolah Rimba menunjukkan bahwa pendidikan dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja, tidak harus terpaku pada ruang kelas tradisional. Hal ini juga sejalan dengan program Merdeka Belajar yang mendorong sekolah-sekolah untuk berinovasi dalam pembelajaran dan memberikan otonomi kepada guru untuk merancang kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan muridnya.

Kisah inspiratif Sekolah Rimba dan implementasi Merdeka Belajar di dalamnya mengajak kita untuk merenungkan kembali makna pendidikan. Pendidikan bukan hanya tentang menghafal dan mendapatkan nilai tinggi, tetapi juga tentang mengembangkan karakter, potensi diri, dan berkontribusi bagi masyarakat.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Film Selengkapnya
Lihat Film Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun