Mohon tunggu...
Zahroh Rohmatussyifa
Zahroh Rohmatussyifa Mohon Tunggu... Mahasiswa Psikologi

Sedang Belajar

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Tutup Sejak Maret 2020, Inventari Kampoeng Heritage Kajoetangan Perlu Perbaikan: Ini yang Dilakukan Mahasiswa KKN UM 2021

11 Mei 2021   21:20 Diperbarui: 11 Mei 2021   21:25 68 1 0 Mohon Tunggu...

Kampoeng Heritage Kajoetangan merupakan salah satu destinasi wisata yang terletak di pusat Kota Malang. Wisata ini telah dibuka sejak 22 April 2018, dan diberlakukan ticketing sejak Desember 2018. Banyak wisatawan baik lokal maupun mancanegara yang berkunjung kesana, terutama saat weekend dan tanggal merah. Dengan mengusung konsep Tempoe Doeloe, Kampoeng Heritage Kajoetangan dengan cepat dikenal masyarakat terutama melalui social media. Namun, sejak kebijakan penutupan kawasan wisata akibat pandemi, pada tanggal 18 Maret 2020 Kampoeng Heritage Kajoetangan resmi ditutup.

Setelah tutup selama lebih dari 1 tahun, banyak inventaris Kampoeng Heritage Kajoetangan yang tidak terawat, butuh perbaikan, atau bahkan hilang. Oleh karena itu, mahasiswa KKN UM 2021 melakukan program pendataan dan pengelolaan inventaris. Hasil program tersebut yaitu berupa database inventaris yang akan diserahkan kepada pihak Pokdarwis Kajoetangan Heritage, penataan dan perbaikan pada Pojok Dolanan dan Sepeda Ontel, serta pengadaan inventaris seperti desain alat cuci tangan, desain seragam Pokdarwis, dan desain 3D Caf Lorong Semeru.  Program tersebut dilaksanakan selama hampir 1 bulan, yaitu sejak tanggal 29 Maret 2021 hingga 26 April 2021.  

Pendataan dan pengelolaan inventaris ini juga sebagai persiapan untuk soft lauching Kampoeng Heritage Kajoetangan yang rencana akan dilaksanakan pada tanggal 5 Juni 2021 dalam bentuk event Riayan nang Kajoetangan. Ketua Pokdarwis Kajoetangan Heritage, Bu Mila Kurniawati menyebutkan bahwa setelah soft lauching Kajoetangan Heritage akan dibuka secara umum namun terbatas saat weekend (Sabtu-Minggu) saja. Nanti, setelah Grand Opening yang rencana akan dilaksanakan pada Agustus 2021, baru akan dibuka secara umum baik weekday ataupun weekend.

Pembukaan kembali kawasan wisata di era New Normal memang membutuhkan banyak persiapan. Sebab, pemerintah memberikan syarat pemenuhan 11 poin New Normal untuk kawasan wisata buka kembali. 11 poin tersebut antara lain:

  • Siap Masker 
  • Siap Handsanitizer
  • Siap Tempat Cuci Tangan
  • Siap Thermo Gun
  • Siap Face Shield
  • Siap Sarung Tangan
  • Siap APD
  • Siap Jaga Jarak
  • Siap Tempat Isolasi
  • Siap Tim Gugus Tugas Covid-19
  • Siap Rumah Sakit Rujukan

Mahasiswa KKN UM 2021 juga melakukan program untuk mendukung terpenuhinya 11 poin tersebut, khususnya pada poin Siap Masker dan Siap Tempat Cuci Tangan. Mahasiswa KKN UM 2021 melakukan pelatihan menghias masker kepada ibu-ibu PKK dan membuat desain alat cuci tangan. Baik masker, alat cuci tangan, dan desain lainnya dibuat dengan memberikan unsur heritage, agar menjadi ciri khas Kampoeng Heritage Kajoetangan. Mari kita siapkan diri untuk menyambut pembukaan kembali Kampoeng Heritage Kajoetangan, Rindoe Kenangan di Kajoetangan.

VIDEO PILIHAN