Mohon tunggu...
Zahra Hayyu
Zahra Hayyu Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Ahmad Dahlan

Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Pengaruh Olahraga Aerobik dalam Menjaga Kesehatan dan Kebugaran Tubuh

25 Juli 2021   14:18 Diperbarui: 25 Juli 2021   14:48 94 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pengaruh Olahraga Aerobik dalam Menjaga Kesehatan dan Kebugaran Tubuh
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Kesehatan dan olahraga merupakan dua hal yang saling berkaitan dalam kehidupan manusia. Dimana jika ingin hidup sehat dan tubuh yang bugar, maka perlu berolahraga dengan rutin dan di waktu yang tepat. 

Olahraga senam aerobik adalah salah satu jenis olahraga sederhana yang dapat dilakukan perorangan atau kelompok secara berirama, dengan memaksimalkan seluruh otot tubuh. Jenis olahraga ini cocok dilakukan selama masa pandemik, sebab olahraga ini dapat dilakukan dirumah saja dan tidak memerlukan budget yang besar.

Pendahuluan

Dimasa pandemik seperti saat ini, setiap orang pasti akan sangat memperhatikan kesehatan tubuh. Kebugaran jasmani menjadi kebutuhan setiap masyarakat yang harus dipenuhi setiap harinya, terutama bagi orang-orang yang harus tetap beraktivitas diluar rumah untuk memenuhi kebutuhan hidup atau sekedar melakukan hal penting lainnya. Guna menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh setiap orang perlu melakukan latihan dan kegiatan fisik, seperti berolahraga secara rutin.

Olahraga sekarang sudah menjadi gaya hidup, dimana selain untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh olahraga dengan teratur dan terjadwal dapat meningkatkan kepercayaan diri, menurunkan kegelisahan, serta dapat memperlancar metabolisme tubuh. Olahraga dapat dilakukan dimana saja, termasuk di rumah. 

Olahraga memiliki berbagai macam jenis, mulai dari olahraga berat hingga jenis olahraga ringan. Tapi cukup dengan melakukan olahraga singan asalkan rutin itu sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan guna menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh, salah satu contoh jenis olahraga ringgan adalah dengan melakukan senam aerobik.

Olahraga senam aerobik merupakan jenis olahraga yang ringan dan sangat mudah dilakukan, bahkan tidak perlu mengeluarkan biaya untuk jenis olahraga satu ini cukup dengan di rumah saja, sehingga setiap orang dapat tetap berolahraga. 

Senam   aerobik   adalah   serangkaiangerak   yang   dipadukan   dengan   irama   musik yang   telah   dipilih   dengan   durasi   tertentu. Aerobik sendiri mengandung  pengertian  suatu  sistem latihan fisik yang bertujuan untuk meningkatkan  efisiensi  pemasukan  oksigen  didalam jaringan tubuh.

Senam  aerobik  dibagi  menjadi:  (1)low  impact.  Cocok  untuk  para  manula  sesuai dengan   ambang   rangsang   mereka.   (2)   high impact. Cocok  untuk  orang  yang  terlatih.  Adapula  bentuk  senam  aerobik  bentuk lain  dari  kedua bentuk senam aerobik tersebut yaitu senam aerobik mix   impact.  

 Dikatakan   mix   impact karena     gerakan     yang     dilakukan     adalah gabungan  dari  high  impact  dan  low  impact.  Senam  aerobik  bentuk  ini dirasa  cocok  untuk  masyarakat  pada  umumnya terutama    untuk    menurunkan    denyut    nadi istirahat  guna  mengatasi kurangnya  gerak  dan menghindari  obesitas  agar  kebugaran  jasmani tetap terjaga. 

Metode Penelitian

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN