Mohon tunggu...
Zaenal Arifin
Zaenal Arifin Mohon Tunggu... Guru - Kawula Alit

Guru matematika SMP di Banyuwangi, Jawa Timur. Sedang masa belajar menulis. Menulis apa saja. Apa saja ditulis. Siap menerima kritikan. Email: zaenal.math@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Humor Pilihan

Rujak Sing Pedes

26 Maret 2019   10:05 Diperbarui: 26 Maret 2019   10:58 93
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Setiap kelompok masyarakat, desa, kota, suku, bangsa, negara memiliki bahasa dan budayanya sendiri. Bisa berbeda-beda, terkadang hal tertentu ada yang sama.

Mungkin sesama suku, dialeknya bisa berbeda. Sebut saja, sesama di Pulau Jawa. Ada suku Madura, Sunda, Tengger, Osing, dan lain-lain. 

Sama-sama suku Madura, antara Kabupaten Sampang, Pamekasan, Bangkalan, dan Sumenep dialeknya tidak sama. Bahasanya bisa jadi sama, cara pengucapan, intonasi, penekanan, penggunaannya tak serupa.

****

Kejadian nyata terjadi waktu saya kuliah. Saya berasal dari Banyuwangi. Bahasa sehari-hari di rumah menggunakan Bahasa Jawa. Di Jember, tempat saya kuliah juga menggunakan Bahasa Jawa.

Saya membeli rujak uleg. Kebetulan penjual rujak bisa Bahasa Jawa, meskipun lagunya Bahasa Madura. Dimaklumi masyarakat asli sekitar kampus berasal dari Madura. Namun terjadi perbauran budaya dan bahasa. Sehingga terjadi Bahasa Jawa dengan logat Madura.

Saya.       : Bu, kulo pesen rujak sing pedes.

Bu rujak: Inggih Mas, monggo pinarak.

Saya.       : Inggih Bu.

Ibu penjual rujak masih melayani dua pembeli. Harus sabar menanti. Untuk menikmati rujak uleg favorit mahasiswa. 

Tiba giliran saya yang diulegkan. Saya perhatikan tangan Bu Rujak. Begitu lincah, bumbu-bumbu mulai dimasukkan. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humor Selengkapnya
Lihat Humor Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun