Mohon tunggu...
Zacky Ahmad
Zacky Ahmad Mohon Tunggu... Doyan nulis

Zacky, emirzackyzacky@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Cerpen

Pulangnya Salah Jurusan Naik Bus

15 Oktober 2019   23:39 Diperbarui: 15 Oktober 2019   23:48 0 2 0 Mohon Tunggu...

Pada hari itu Tom yang ingin mendaftar sekolah
kesetaraan di PKBMN 16 berlokasi di Jl Rawasari. Semangat Tom berharap agar dapat mengantongi Ijazah Paket C yang setara dengan SMA dan ingin sekali melanjutkan ke jenjang pendidikan ke perguruan tinggi alias kuliah. Pagi hari ini jam 10:00 dengan keadaan yg sudah siap, sebelum berangkat Tom pun menghampiri kedua orang tuanya untuk pamit..'mereka yg masing-masing sedang sibuk dengan urusannya...hmm'..

Tom ; aku jalan dulu ya Bu,Pak...
Ibu/Bapak ; Baik nak, hati-hati dijalan..'
Tom ; iya Bu,Pak.
Nah aku berjalan deh keluar rumah dengan semangatnya!!! Tiba-tiba ibu memanggilku! Ibu ; hey nak..nak..nak!
Tom ; Menengok aku ke arah belakang balik menghampiri ibu.
Ibu ; kamu gak membawa motor ?
Tom ; "Tidak Bu", kali ini aku mau naik angkot saja, 'lagian aku belum punya SIM bu'. Lokasi ini lumayan jauh Bu, aku takut membawa motor khawatir ditilang hehe
Ibu ; ..oh iya ya, yasudah kalau gitu hati-hati ya
Tom ; hmm..'ibu kirain ada apa'.

Tom pun lanjut berjalan menuju terminal angkot yang tidak jauh dari tempat tinggalku. Sampai di terminal Tom langsung menemukan jurusan angkot yang siap mengantar ke tempat tujuan lokasi yaitu PKBMN16. Masuklah Tom kedalam, lalu duduk diposisi pojok, terus sang supir yg mulai menyalakan radio, hmm inisiatif juga nih supir cakeeep deh hehehe..'aku dalam hati"ujar Tom" membuat suasana di dalam angkot ini jadi relax untuk aku menikmati perjalanan sampai ditempat tujuan. "sambil mendengarkan talkshow".

Setibanya Tom ditempat, turunlah di persimpangan jalan. "Bayar Ongkos"
Tom ; Berapa Pak ongkosnya ?
Pak supir ; ..goceng dek.
Lalu angkot pun pergi..'penurunannya tidaklah jauh dari lokasi tujuanku',yaitu PKBMN16.
Berjalan lagi dengan jarak berapa meter saja untuk mencapai titik lokasi tujuan.

Sampailah aku dilokasi tujuan 'Alhamdulillah'.
Di depan gerbang ada security..."
Tom ; Pak,..saya ingin mendaftar sebagai siswa baru.
Pak security ; oh iya...mari saya antarkan ke ruang pendaftarannya.
Tibalah aku di ruangan pendaftaran, untuk bertemu dengan Kepala sekolah langsung.

Sangat banyak yang kepala sekolah jelaskan terhadap sistem pembelajarannya dan mengenai SOP yang dibuat dari pihak lembaga".
Dan kini Tom telah diterima sebagai siswa PKBMN16. 'Ternyata disini PKBMN16 sangatlah berbeda dari apa yang Tom ketahui sebelumnya dengan kata orang-orang yg tahu tentang apa sekolah Paket C itu, yang hanya masuk ketika ujian saja. Disini PKBMN 16 harus mengikuti pembelajaran secara rutin dalam artian setiap harinya masuk sebagaimana sekolah formal biasanya yg menaungi absensi dalam pendidikan. .."Waaaahh sepertinya spesialist nih PKBMN16 yang pernah saya temukan.

Melanjutkan untuk perjalanan pulang kerumah. Kali ini Tom ingin pulang naik Bus. Terus melangkah berjalan kaki dari terminal Bus yang tak jauh dari lokasi PKBMN16.

Sesampainya di terminal Bus masuklah Tom kedalam bus, tanpa melihat jurusan Bus, hanya mengenal warna cat bus. Setelah didalam bus Tom pun kebagian kursi untuk duduk "syukurlah aku bisa duduk",'ujar Tom'. Lalu kenek Bus menghampiri meminta tarif/ongkos, "Tom pun membayarnya".

"Lanjut Tom bersandar santai menikmati perjalanan Bus yang menuju rumahnya"

Perjalanan Bus terjadi kemacetan, 'lalu Tom mencoba menengok ke jendela...dengan merasa kecewa karena perjalanan tujuan kerumahnya pasti akan lebih lama, mending aku tidur dulu deh dari pada butek, 'ujar Tom'.

Ketika itu Tom telah tertidur pulas tanpa ada gerakan badan darinya...ya tidak mengganggu orang yang duduk disampingnya. Lalu seseorang disampingnya pun tampak heran, 'sepertinya mas ini tertidur dari 1 jam yang lalu deh,"saya coba bangunkan dulu deh kasian juga kalau sampe terlewat (takutnya) 'ujar orang disampingnya',(SD).

Seseorang disampingnya ; mas...mas...mas..!sambil mengoyak-kan pundaknya, "terbangun Tom" dengan kagetnya sambil mengusap wajahnya, 'menjawab' oh iya iya apa mas?! (Masih dengan keadaan mengumpulkan nyawa)..',

SD ; 'Mas,! Maaf saya ganggu, perjalanan Bus ini sudah hampir 1 jam lewat lhoo..'!
Tom ; Memang ini sudah sampai dimana mas?
SD ; ...'sudah sampai di Cibubur mas',,
Tom ; "haaah" saya salah jurusan dong kalau gitu",
SD ; ...'lah Mas gimana sih!..memang mas mau kemana?..tadi pas naik gak baca jurusan Bus-nya..?
Tom ; 'enggak sih mas'..langsung aja saya naik masuk kedalam terus duduk,..karena saya sudah hafal mas warna cat Bus-nya sama persis seperti Bus yang bertujuan jurusan melewati rumah saya',,,
SD ; 'ya ampuuun mas! Gak gitu juga, lain kali dibaca dulu rute jurusan-nya.
Tom ; 'yasudah mas' makasih ya.

Turunlah Tom dipersimpangan jalan sambil mengeluh. 'Karena tadi itu aku lagi senang-senangnya dapat diterima di PKBMN16, dan jadi karena cerianya aku sampe-sampe tidak membaca rute jurusan Bus-nya, huuuh......... 'ujar Tom'.

Setelah kejadian itu Tom pun menjadi lebih fokus untuk memasuki Bus yang ingin ditumpanginya. Hmmm' memang dasar ya kata google kesenangan itu bisa membuat jadi gagal fokus. 'ujar Tom'.

Kerap Tom menaiki sebuah Bus lagi yang kali ini ia sudah membaca rute jurusan-nya. Setelah 30 menit perjalanan, Tom pun memberi kode kepada kenek dengan cara mengetuk atap Bus agar sih kenek mengetahui bahwa ada penumpang yang ingin berhenti turun karena sudah sampai dilokasi tujuan.

Tom pun turun, 'hanya sedikit jarak berjalan menuju kerumahnya. Setiba dirumah Tom mengetuk pintu 'tok...tok...tok... assalamu'alaikum...dibukakan pintu oleh Ibunya.

Lalu Tom masuk...'Ibunya pun heran melihat wajah Tom yang begitu cemas.., "Tanya Ibu"

Ibu ; Gimana Tom lancar pendaftaran-nya?
Tom ; Pendaftaran-nya lancar kok Bu.
Ibu ; Wajahmu kok cemas seperti itu sih..?
Tom ; ..'Tadi aku salah naik jurusan Bus..."
Ibu ; 'lhoo kok bisa sih tom?
Tom ; 'jadi gini Bu,, setelah pulang mendaftar aku tuh merasa ceria aja entah mengapa hehehe..ketika aku melihat Bus yang cat-nya sama dengan jurusan Bus yang menuju arah rumah kita ya aku langsung naik masuk kedalam aja...
Ibu ; 'hadeeeuuh Tom..,hmm Ibu kira ada apa..
Tom ; 'jadi gitu Bu, aku jadi kesel malah nyasar kemana-mana'.
Ibu ; yasudahlah klo gitu kamu istirahat dan segera makan gih..!

KONTEN MENARIK LAINNYA
x