Mohon tunggu...
Zacky Ahmad
Zacky Ahmad Mohon Tunggu... Wiraswasta - Doyan nulis

Zacky, emirzackyzacky@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Cerpen

Pulangnya Salah Jurusan Naik Bus

15 Oktober 2019   23:39 Diperbarui: 15 Oktober 2019   23:48 22
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Cerpen. Sumber ilustrasi: Unsplash

Pada hari itu Tom yang ingin mendaftar sekolah
kesetaraan di PKBMN 16 berlokasi di Jl Rawasari. Semangat Tom berharap agar dapat mengantongi Ijazah Paket C yang setara dengan SMA dan ingin sekali melanjutkan ke jenjang pendidikan ke perguruan tinggi alias kuliah. Pagi hari ini jam 10:00 dengan keadaan yg sudah siap, sebelum berangkat Tom pun menghampiri kedua orang tuanya untuk pamit..'mereka yg masing-masing sedang sibuk dengan urusannya...hmm'..

Tom ; aku jalan dulu ya Bu,Pak...
Ibu/Bapak ; Baik nak, hati-hati dijalan..'
Tom ; iya Bu,Pak.
Nah aku berjalan deh keluar rumah dengan semangatnya!!! Tiba-tiba ibu memanggilku! Ibu ; hey nak..nak..nak!
Tom ; Menengok aku ke arah belakang balik menghampiri ibu.
Ibu ; kamu gak membawa motor ?
Tom ; "Tidak Bu", kali ini aku mau naik angkot saja, 'lagian aku belum punya SIM bu'. Lokasi ini lumayan jauh Bu, aku takut membawa motor khawatir ditilang hehe
Ibu ; ..oh iya ya, yasudah kalau gitu hati-hati ya
Tom ; hmm..'ibu kirain ada apa'.

Tom pun lanjut berjalan menuju terminal angkot yang tidak jauh dari tempat tinggalku. Sampai di terminal Tom langsung menemukan jurusan angkot yang siap mengantar ke tempat tujuan lokasi yaitu PKBMN16. Masuklah Tom kedalam, lalu duduk diposisi pojok, terus sang supir yg mulai menyalakan radio, hmm inisiatif juga nih supir cakeeep deh hehehe..'aku dalam hati"ujar Tom" membuat suasana di dalam angkot ini jadi relax untuk aku menikmati perjalanan sampai ditempat tujuan. "sambil mendengarkan talkshow".

Setibanya Tom ditempat, turunlah di persimpangan jalan. "Bayar Ongkos"
Tom ; Berapa Pak ongkosnya ?
Pak supir ; ..goceng dek.
Lalu angkot pun pergi..'penurunannya tidaklah jauh dari lokasi tujuanku',yaitu PKBMN16.
Berjalan lagi dengan jarak berapa meter saja untuk mencapai titik lokasi tujuan.

Sampailah aku dilokasi tujuan 'Alhamdulillah'.
Di depan gerbang ada security..."
Tom ; Pak,..saya ingin mendaftar sebagai siswa baru.
Pak security ; oh iya...mari saya antarkan ke ruang pendaftarannya.
Tibalah aku di ruangan pendaftaran, untuk bertemu dengan Kepala sekolah langsung.

Sangat banyak yang kepala sekolah jelaskan terhadap sistem pembelajarannya dan mengenai SOP yang dibuat dari pihak lembaga".
Dan kini Tom telah diterima sebagai siswa PKBMN16. 'Ternyata disini PKBMN16 sangatlah berbeda dari apa yang Tom ketahui sebelumnya dengan kata orang-orang yg tahu tentang apa sekolah Paket C itu, yang hanya masuk ketika ujian saja. Disini PKBMN 16 harus mengikuti pembelajaran secara rutin dalam artian setiap harinya masuk sebagaimana sekolah formal biasanya yg menaungi absensi dalam pendidikan. .."Waaaahh sepertinya spesialist nih PKBMN16 yang pernah saya temukan.

Melanjutkan untuk perjalanan pulang kerumah. Kali ini Tom ingin pulang naik Bus. Terus melangkah berjalan kaki dari terminal Bus yang tak jauh dari lokasi PKBMN16.

Sesampainya di terminal Bus masuklah Tom kedalam bus, tanpa melihat jurusan Bus, hanya mengenal warna cat bus. Setelah didalam bus Tom pun kebagian kursi untuk duduk "syukurlah aku bisa duduk",'ujar Tom'. Lalu kenek Bus menghampiri meminta tarif/ongkos, "Tom pun membayarnya".

"Lanjut Tom bersandar santai menikmati perjalanan Bus yang menuju rumahnya"

Perjalanan Bus terjadi kemacetan, 'lalu Tom mencoba menengok ke jendela...dengan merasa kecewa karena perjalanan tujuan kerumahnya pasti akan lebih lama, mending aku tidur dulu deh dari pada butek, 'ujar Tom'.

Ketika itu Tom telah tertidur pulas tanpa ada gerakan badan darinya...ya tidak mengganggu orang yang duduk disampingnya. Lalu seseorang disampingnya pun tampak heran, 'sepertinya mas ini tertidur dari 1 jam yang lalu deh,"saya coba bangunkan dulu deh kasian juga kalau sampe terlewat (takutnya) 'ujar orang disampingnya',(SD).

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Cerpen Selengkapnya
Lihat Cerpen Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun