Mohon tunggu...
Zachrah Niken N
Zachrah Niken N Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi

senang menonton film fiksi dan petualangan

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pemberdayaan Kepemudaan Melalui Program SEPPEDAHAN: Semangat Penyuluhan dan Pelatihan Handcraft di Desa Ciburial

9 Desember 2022   20:39 Diperbarui: 9 Desember 2022   20:51 177
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Artikel ini disusun untuk memenuhi salah satu tugas Mata Kuliah Pemberdayaan Masyarakat Kota dan Desa dengan Dosen Pengampu:

  • Dr. Cik Suabuana, M.Pd.
  • Mirna Nur Alia, S.Sos., M.Si.

Latar Belakang

Dalam melakukan suatu pemberdayaan di suatu masyarakat tentunya kita tidak akan terlepas dari peran para pemuda, mengingat para pemuda merupakan orang yang akan melanjutkan segala sesuatunya di masa depan, peran para pemuda sangat dibutuhkan dalam membangun suatu daerah, hal ini dikarenakan kualitas suatu daerah akan tercerminkan dalam kualitas para pemudanya. Tidak hanya itu, para pemuda juga merupakan agen perubahan untuk mencapai sebuah keberlangsungan hidup yang lebih baik lagi untuk ke depannya.

Desa Ciburial memiliki daerah yang cukup luas, sehingga terdapat potensi yang bisa dikembangkan, baik itu dari segi lahan maupun SDM. Di Desa Ciburial sendiri terdapat banyak masyarakat yang memiliki usaha mandiri, tetapi mereka belum paham dalam memasarkan produk serta mengembangkan produknya. Sehingga kami dari mahasiswa Pendidikan Sosiologi berinisiatif untuk melakukan sebuah program yang bernama SEPPEDAHANyang mana pada program tersebut kami mendatangkan 2 pemateri, pemateri pertama menjelaskan mengenai tata cara berwirausaha dengan tepat dan juga cara memasarkan produk agar dapar dikenal oleh masyarakat luas. Sedangkan, pemateri kedua melakukan praktek produk handcraft pot bonsai bersama dengan para peserta program SEPPEDAHAN. Pada program SEPPEDAHAN ini diharapkan para peserta khususnya pemuda bisa terpancing lagi untuk melakukan sebuah kewirausahaan, dan dapat membantu masyarakat yang sebelumnya telah memiliki usaha sendiri baik itu dalam memasarkan produknya maupun yang lainnya berkaitan dengan kewirausahaan.

Artikel ini akan membahas mengenai proses pemberdayaan masyarakat untuk pemuda di Desa Ciburial, Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung melalui program "SEPPEDAHAN: Semangat Penyuluhan dan Pelatihan Handcraft." Kegiatan SEPPEDAHAN ini dilakukan pada hari Rabu, 16 November 2022 pukul 13.00 WIB s.d. selesai di Ruang Musyawarah Kantor Desa Ciburial dengan sasaran peserta yakni seluruh pemuda serta masyarakat sekitar di Desa Ciburial. Adapun bentuk kegiatan tersebut berupa penyuluhan mengenai kewirausahaan dan teknik marketing serta kegiatan pelatihan pembuatan handcraft pot bonsai. Kegiatan ini dilakukan dengan beberapa tujuan, diantaranya: 1) Menumbukan motivasi berwirausaha dalam diri pemuda Ciburial; 2) Memberikan wawasan mengenai teknik pemasaran agar produk handcraft pot bonsai dapat dipasarkan secara optimal, baik itu dari pemuda atau Pemerintah Desa Ciburial; 3) Mengembangkan potensi handcraft pot bonsai Ciburial agar lebih dikenal oleh khalayak umum, serta 4) Menjadi ruang diskusi sekaligus ajang silaturahmi bagi para pemuda di Desa Ciburial.

Berikut 9 proses pemberdayaan pemuda di Desa Ciburial melalui program SEPPEDAHAN:

1. Pemetaan Potensi

  • Profil Desa Ciburial

Nama Desa                        : Desa Ciburial

Call Center                        : (022)2536208

Email Desa                        : Desaciburial@Gmail.Com

Alamat Website                : Https://Ciburial.Desa.Id/ 

Alamat Desa                     : Jl. Ciburial No.98, Ciburial, Kec. Cimenyan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat 40198


  • Lokasi Desa Ciburial

Desa ini merupakan desa yang berada paling utara di Kabupaten Bandung yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Bandung Barat dan Kota Bandung yaitu sebagai berikut:

Sebelah Utara             : Kecamatan Lembang (Kabupaten Bandung Barat)

Sebelah Selatan         : Kota Bandung dan Kecamatan Cilengkrang (Kabupaten Bandung)

Sebelah Timur           : Kelurahan Dago (Kota Bandung)

Sebelah Barat             : Desa Mekarsaluyu Kecamatan Cimenyan (Kabupaten Bandung).

  • Nama peserta SEPPEDAHAN

Peserta program SEPPEDAHAN terdiri dari 36 orang yang didominasi oleh para pemuda yang kisaran umurnya 17 sampai 20 tahun, dan peserta yang memiliki usia lebih tua ialah yang umurnya 60 tahun.

  • Jumlah Penduduk Di Desa Ciburial Berdasarkan Jenis Kelamin

Berdasarkan jumlah penduduk Desa Ciburial jika dilihat dari jenis kelaminnya. Maka, yang berjenis kelamin laki-laki adalah sebanyak 5946 (51,0%) orang, sedangkan penduduk Desa Ciburial yang berjenis kelamin perempuan terdiri dari 5718 (49,0%). Di Desa Ciburial ini jumlah penduduk laki-laki lebih banyak dibandingkan dengan jumlah penduduk perempuan dengan selisih sebesar 2%. Desa Ciburial terdiri dari 3 Dusun, 12 unit RW dan 51 unit RT dengan jumlah penduduk sebanyak 11,664 orang.

  • Jumlah Penduduk Menurut Kelompok Umur  Desa Ciburial

Jika dilihat dari jumlah penduduk desa ciburial maka rata-rata penduduknya berada diusia produktif yakni dengan jumlah 9191 orang dengan umur 15-64 tahun. Sedangkan penduduk yang umurnya 0-14 tahun ada sebanyak 2532, dan penduduk yang lanjut usia ada sebanyak 746 orang.

  • Data Pendidikan Desa Ciburial

Mayoritas masyarakat di Desa Ciburial hanya bersekolah sampai tingkat dasar saja (SD). Beberapa diantaranya juga banyak yang tamatan dari SMP hingga SMA. Adapun terdapat masyarakat Desa Ciburial yang tidak bersekolah, sementara masyarakat yang lanjut ke Perguruan Tinggi juga hanya terdapat beberapa saja.

  • Data Lahan Desa Ciburial

Sebagian besar lahan di Desa Ciburial terdiri dari lahan kering yakni seluas 367,798 (61,4%) dan juga lahan hutan seluas 220.1565 (36,7%), sedangkan sebagian kecilnya merupakan lahan sawah dengan luas 2.6013 (0,4 %). Selain itu, juga terdapat lahan fasilitas umum yang memiliki luas sebesar 8.6542 (1,4 %). Di Desa Ciburial ini sebagian masyarakatnya bekerja sebagai seorang petani, seperti petani stroberi, kopi, dan beberapa tanaman lainnya. Selain petani, banyak juga penduduk Desa Ciburial bekerja sebagai seorang peternak.


2. Analisis Potensi

Strenghts (Kekuatan)

  • Pemuda di Desa Ciburial memiliki potensi yang cukup besar dan krusial untuk dikembangkan terutama dalam hal berwirausaha membuat kerajinan tangan seperti pot bonsai yang berbahan dasar semen
  • Pemerintah Desa Ciburial rutin mengadakan pesta rakyat sebagai wadah untuk mengembangkan UMKM Ciburial
  • Masyarakat Desa Ciburial khususnya pemuda sudah melek terhadap teknologi
  • Pemerintah serta Pemuda di Desa Ciburial sangat terbuka terhadap masyarakat luar yang ingin memberikan perubahan di desa tersebut ke arah yang lebih baik lagi.

Weaknesses (Kelemahan)

  • Saat ini, pemuda di Desa Ciburial memiliki minat yang cukup rendah terhadap kegiatan berwirausaha. Hal ini dikarenakan mereka cenderung ingin mendapatkan sesuatu secara instan tanpa adanya usaha yang lebih besar
  • Sumber daya manusia pembuat handcraft pot bonsai sangatlah terbatas
  • Pemuda yang tergabung dalam UMKM Handcraft Ciburial belum bisa memasarkan produk kerajinan tangan seperti pot bonsai secara optimal
  • Koordinasi dan komunikasi antara pemerintah dan pemuda di Desa Ciburial nyatanya tidak berjalan dengan baik, sehingga potensi yang dimiliki oleh pemudanya tidak bisa dibantu dikembangkan oleh pemerintah, baik itu dalam hal bantuan modal ataupun bantuan pemasaran produk.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun