Mohon tunggu...
Yy Cor Jesu
Yy Cor Jesu Mohon Tunggu... Guru - Pembalap Baru

SOLI DEO GLORIA

Selanjutnya

Tutup

Bahasa Pilihan

Fenomena 'Hallyu' dalam Bahasa Indonesia

8 November 2022   13:30 Diperbarui: 8 November 2022   19:01 554
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
'Hallyu' atau Korean Wave | blog.supertext.ch

Seiring berjalannya waktu bahasa Indonesia berkembang kian pesat melebihi bahasa Melayu sebagai bahasa induknya. Dilansir di laman kemendikbud.co.id bahasa Indonesia memiliki keunggulan historis, hukum, dan linguistik. Bahkan di tingkat internasional, bahasa Indonesia telah menjadi bahasa terbesar di Asia Tenggara dan persebarannya telah mencakup 47 negara di seluruh dunia. (08/04/2022)

Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (Badan Bahasa), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi telah membuktikan bahwa layanan kebahasaan dan kesastraan yang telah diberikan semakin berkualitas dan telah memenuhi kebutuhan masyarakat dan mengikuti perkembangan zaman serta teknologi dengan meluncurkan Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan (EYD) Edisi V pada 16 Agustus 2022 yang lalu. EYD Edisi V ini ditetapkan bertepatan dengan 50 tahun penetapan EYD, yaitu 16 Agustus 1972.

Koleksi Kamus Bahasa Indonesia di Perpustakaan SMP Katolik Cor Jesu Malang | dok. pribadi 
Koleksi Kamus Bahasa Indonesia di Perpustakaan SMP Katolik Cor Jesu Malang | dok. pribadi 

Perkembangan teknologi informasi dari waktu ke waktu yang kian pesat sangat memengaruhi komunikasi verbal di tengah masyarakat yang semakin terbuka dan luas. Penggunaan bahasa pergaulan sehari-hari yang kaya dan variatif juga dirasa sangat merakyat dan layak diapresiasi positif. Pengayaan kosa kata bahasa Indonesia berasal dari sekian ratus daerah dan suku yang berada di Indonesia bahkan tak sedikit menyerap istilah dari bahasa asing yang familiar di kalangan masyarakat. Fakta unik yang penulis temui di EYD Edisi V ini adalah munculnya beberapa kata serapan dari bahasa Korea.

Hallyu atau “Korean Wave”

Hallyu atau dikenal dengan “Korean Wave” adalah sebuah istilah yang merujuk pada tersebarnya budaya pop Korea secara global di berbagai negara di seluruh dunia. Secara umum “Korean Wave” memicu banyak orang-orang di negara lain untuk mempelajari bahasa Korea dan kebudayaan Korea. (wikipedia.org). Fenomena Hallyu yang dijumpai di Indonesia berdampak dahsyat dalam keseharian hidup generasi milenial dan kaum gen Z. Antusiasme masyarakat milenial terhadap fenomena ini disebabkan oleh perkembangan teknologi informasi yang masif.

Korean Boyband | Instagram Official 
Korean Boyband | Instagram Official 

Para fans berat budaya Korea mengimplimentasikannya dalam hidup keseharian mereka dan akhirnya khalayak mulai menerima dan menikmatinya. Tak hanya musik (KPop) dan artisnya yang melekat di hati gen Y dan gen Z, namun drama (KDrama), fashion, skincare, makanan, hingga bahasanya sudah menjadi gaya dan style sehari-hari.

Apa saja sih kata serapan dari bahasa Korea yang masuk KBBI?

Fenomena Hallyu  pada bahasa Indonesia tertuang dalam resminya beberapa kosakata Bahasa Korea yang masuk dalam KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia). Kosakata ini dinilai memenuhi kriteria unik, euforik sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia, tidak berkonotasi negatif dan familiar  atau sering digunakan dalam pergaulan sehari-hari.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bahasa Selengkapnya
Lihat Bahasa Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun