Mohon tunggu...
Yuyun IqmatulAmalia
Yuyun IqmatulAmalia Mohon Tunggu... Yuyun Iqmatul Amalia

Hai welcome to my blog.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Mahasiswa KKN UM Lakukan Perbaikan Fasilitas Umum Desa Ngembat Melalui Kegiatan Pengecata Poskesdes

23 Juli 2021   02:28 Diperbarui: 23 Juli 2021   04:45 15 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mahasiswa KKN UM Lakukan Perbaikan Fasilitas Umum Desa Ngembat Melalui Kegiatan Pengecata Poskesdes
Gambar 1: Foto Perbaikan Fasilitas Umum oleh Mahasiswa KKN melalui kegiatan pengecatan POSKESDES Desa Ngembat Kecamatan Gondang Kabupaten Mojokerto (dokpri)

Mojokerto - Kuliah Kerja Nyata adalah bentuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat oleh mahasiswa dengan pendekatan lintas keilmuan dan sektoral pada waktu dan daerah tertentu di Indonesia. Pelaksanaan kegiatan KKN biasanya berlangsung antara satu sampai dua bulan dan bertempat di daerah setingkat desa.

KKN merupakan kegiatan yang erat sekali dengan praktek mahasiswa dari perguruan tinggi. Pada kegiatan ini, mahasiswa yang hampir mendekati akhir semester, mereka akan menjalankan yang namannya KKN. Mahasiswa yang menjalankan KKN akan belajar, mengabdi, mengajar dan berbaur dengan masyarakat, biasanya lokasi KKN dicari tempat yang pelosok.

Dalam kegiatan KKN ini, tentunya mahasiswa harus menyiapkan berbagai program kerja yang nantinya akan dijalankan di desa tersebut. Dimana program kerja tersebut harus dapat memberikan keuntungan kepada masyarakat desa dan pengalaman yang berarti untuk mahasiswa KKN.

Pada Minggu (27/06/2021) Para Mahasiswa KKN Pulang Kampung Universitas Negeri Malang Desa Ngembat Kecamatan Gondang Kabupaten Mojokerto mengecat ulang Pos Kesehatan Desa Ngembat  dengan warna biru. Warna tersebut dipilih karena melambangkan Universitas Negeri Malang. Kegiatan tersebut merupakan salah satu dari serangkaian program kerja utama KKN yakni Perbaikan Fasilitas Umum Desa. Berikut ini adalah tampilan POSKESDES Desa Ngembat sebelum dan sesudah dilakukan pengecatan.

Gambar 2: Tampilan POSKESDES Desa Ngembat sebelum dilakukan pengecatan (dokpri)
Gambar 2: Tampilan POSKESDES Desa Ngembat sebelum dilakukan pengecatan (dokpri)

perbaikan-3-60f97cbd152510303b7c7812.jpg
perbaikan-3-60f97cbd152510303b7c7812.jpg

Gambar 3: Tampilan POSKESDES Desa Ngembat sesudah dilakukan pengecatan (dokpri)

Tujuan dari kegiatan ini adalah sebagai upaya pemeliharaan fasilitas umum yang ada di Desa, dan untuk meningkatkan nilai fungsi fasilitas umum yang ada di Desa. Selain itu tujuan lain dari dilakukannya kegiatan ini adalah untuk memperbaiki tampilan POSKESDES agar terlihat lebih segar dan indah. Perencaan kegiatan diawali dengan memohon persetujuan Kepala Desa Ngembat terkait warna dan bagian mana saja yang boleh dicat ulang. Setelah itu dilanjutkan dengan membeli berbagai peralatan seperti cat tembok, tiner, dan kuas serta yang terakhir adalah pelaksanaannya.

Selain mengecat ulang POSKESDES, Para Mahasiswa KKN juga membersihkan daerah sekitar Balai Desa dan mencetak ulang nomor WhatsApp mobil desa yang sudah usang  dan ditempel kembali di dinding POSKESDES agar dapat dibaca dengan jelas. Dan dalam situasi pandemik seperti saat ini tentunya pelaksanaan kegiatan diterapkan sesuai dengan protokol kesehatan yang ketat seperti menggunakan masker dan memakai hand sanitizer pada saat sebelum dan sesudah melakukan kegiatan.

VIDEO PILIHAN