Mohon tunggu...
Yusya Rahmansyah
Yusya Rahmansyah Mohon Tunggu... Mahasiswa Ilmu Politik Universitas Siliwangi

Seorang mahasiswa yang besar di dua pulau di Indonesia sumatera dan jawa

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Filosofi Persaudaraan di Timur Nusantara

13 April 2020   19:21 Diperbarui: 13 April 2020   19:33 143 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Filosofi Persaudaraan di Timur Nusantara
Ilustrasi Tali Persaudaraan Membentuk Gambar Hati (mim.or.id)

Ambon, apa yang terlintas dibenak kalian ketika membaca kata Ambon? Kota yang terletak di pulau Maluku dengan suku Ambonnya.

Walaupun belum pernah pergi ke Ambon, namun terlintas sebuah daerah yang hangat, warga yang ramah, dan suasana kota Ambon yang manise. Sesuai jargonnya Ambon Manise. 

Selain itu apalagi yang muncul dibenak kalian ketika mendengar kata Ambon? Bagaimana kalau Saya tambahkan gambaran Ambon dibenak kalian, gambaran akan persaudaraan di Ambon. Cocok ya, baiklah.

Dua bulan yang lalu, Saya bertemu dengan orang Ambon. Sedikit banyak Saya gali berbagai macam informasi tentang Ambon, mulai dari asal usul Bika Ambon, kue lezat yang berasal dari Sumatera Utara, daerah yang terpisah hampir beribu-ribu kilometer dari Pulau Maluku dimana Ambon berada sampai darimana asal orang-orang Ambon.

"Tahu  kau, kalau orang-orang Ambon itu asalnya dari Pulau Seram, makanya orang Ambon seram-seram" Ujarnya, dengan memperagakan sosok orang Ambon yang gagah dan tegak.

Memang jika mencari asal-usul suku Ambon yang nantinya menjadi penduduk Kota Ambon seperti yang sekarang kita ketahui, memang orang-orang Maluku juga Ambon berasal dari Pulau Seram.

Belum habis membahas asal-usul orang Ambon, pembahasan berubah mengenai bagaimana keadaan Ambon. Pertanyaan itu berangkat dari keadaan Ambon yang terkadang bergejolak, salah satunya kejadian kerusuhan Ambon pada tahun 2011.

"Eiy, tau ga? Kalau di Ambon itu gak ada desa, adanya negeri. Jadi, kalau kesana bilang mau kedesa ini, nah pasti pendatang tuh. tapi, kalau bilangnya mau ke negeri ini, lewat mana? Nah, itu bisa dianggap bukan pendatang" Salah satu bagian dari uniknya Ambon, disana desa. Lebih dikenal dengan Negeri, jadi kalau kalian mampir ke Ambon coba bilangnya Negeri ya.

Usai membahas negeri, pembahasan mengenai keadaan Ambon mengarah ke peristiwa kerusuhan Ambon, kerusuhan yang dipicu oleh permasalahan SARA ini, bentrokan yang terjadi antara dua kelompok ini menjadikan Ambon mencekam selama hampir sepekan.

Berapa rumah rata dengan tanah setelah terjadi pembakaran dan pengerusakan oleh bentrokan dua kelompok ini. Kejadian yang ternyata dipicu oleh salah paham ini berujung pada, munculnya isu SARA sebagai pemicu kesalahpahaman dan berujung dengan konflik.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x