Mohon tunggu...
Yuswanto Raider
Yuswanto Raider Mohon Tunggu... Saya seorang guru yang lahir di Surabaya pada 14 Februari 1974. Kini saya tinggal di Desa Kembangsri Kecamatan Ngoro Kabupaten Mojokerto

Saya seorang tenaga pendidik sekaligus trainer outbound. Saya punya hobi traveling dan sangat menyukai alam semesta yang terbebas dari berbagai polusi. Bagi saya, hidup ini adalah pengabdian, baik kepada agama, keluarga, masyarakat, bangsa dan negara.

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

SMAN 2 Mojokerto, 3 Kali Juara Umum KSN Mojokerto Raya

29 Mei 2020   13:16 Diperbarui: 29 Mei 2020   13:13 54 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
SMAN 2 Mojokerto, 3 Kali Juara Umum KSN Mojokerto Raya
Kepala SMAN 2 Mojokerto (tengah) saat berpose dengan 16 Delegasi KSN 2020

Masa pandemi COVID-19 bukanlah halangan. Hal itu dibuktikan 16 peserta didik SMAN 2 Mojokerto. Ketika dunia pendidikan harus lockdown, mereka justru mampu berprestasi. Kali ini, 16 peserta didik itu mampu bertengger sebagai juara umum pada Kompetisi Sains Nasional (KSN) 2020. Alhasil, mereka sekaligus mampu mempertahankan Juara Umum KSN untuk ketiga kalinya dari tahun 2018, 2019, dan 2020.

Prestasi membanggakan 16 peserta didik SMAN 2 Mojokerto itu, memang tak mudah untuk meraihnya. Apalagi proses pembimbingannya sebagian dilakukan dimasa sekolah harus diliburkan. Beruntung bila proses pendampingan sebelumnya, sudah lebih banyak dilakukan saat masih aktif di sekolah.

Proses Pembimbingan KSN sebelum Masa Pandemi Covid
Proses Pembimbingan KSN sebelum Masa Pandemi Covid
Hal itu diungkapkan Shyndu Utomo, S.Pd., selaku Ketua Panitia Pelaksana KSN SMAN 2 Mojokerto. Menurutnya, proses pembimbingan sudah dilakukan sejak akhir Januari hingga awal Maret 2020. Sehingga sebagian besar materi KSN sudah dapat dibahas para delegasi KSN dengan guru pendampingnya. Sementara ketika KSN berlangsung, sudah tinggal me-refresh saja materinya dan delegasi KSN sudah mulai mengikuti seleksi.

"Saya bersyukur sekaligus berterima kasih atas prestasi gemilang ini. Semua berkat kerja keras anak-anak dan bapak ibu guru. Setidaknya dua bulan kita mempersiapkan untuk mengikuti KSN 2020. Alhamdulillah, anak-anak mampu menorehkan prestasi yang sangat membanggakan sekaligus mempertahankan posisi juara umum untuk yang ketiga kalinya se-kab/kota Mojokerto," ujar Pak Shyndu, sapaan karibnya.

Wakasek Kesiswaan SMAN 2 Mojokerto bersama Delegasi KSN 2020 di Joglo sekolahnya
Wakasek Kesiswaan SMAN 2 Mojokerto bersama Delegasi KSN 2020 di Joglo sekolahnya
Masih menurut Pak Shyndu, keberhasilan itu tak lepas dari kebijakan dan kerjasama pimpinan sekolahnya. Motivasi dan dukungan yg luar biasa dari Kepala sekolah, bpk/ibu guru SMAN 2 Mojokerto  sangat berarti sekali. Utamanya untuk melejitkan prestasi siswa -siswi delegasi KSN SMAN 2 Mojokerto.

Pada KSN 2020 ini, lanjut Pak Shyndu, sedikitnya 16 peserta didik SMAN 2 Mojokerto mampu meraih juara. Bahkan 10 orang diantaranya akan mewakili wilayah kabupaten/kota Mojokerto di KSN tingkat Provinsi Jawa Timur. Khusus 1 siswa meraih passing grade 10 TK provinsi Jatim di mata pelajaran Matematika.

Peserta KSN Bersama Guru Pembimbing KSN SMAN 2 Mojokerto
Peserta KSN Bersama Guru Pembimbing KSN SMAN 2 Mojokerto
Seleksi KSN tingkat Kab/Kota Mojokerto yg diselenggarakan pada tanggal 10 Maret 2020 menjadi moment penting bagi SMAN 2 Mojokerto. Laga kecerdasan yang digelar di SMA Tamansiswa itu,  membuahkan hasil di 9 mata pelajaran yang dikompetisikan. Saat itulah 16 peserta didik SMAN 2 Mojokerto berhasil lolos.

Bahkan juara 1 dari 5 mapel (matematika, kimia, informatika, kebumian dan geografi) diraih siswa SMAN 2 Mojokerto. Sedangkan untuk peringkat   10 passing grade Jawa timur pada mapel matematika, diraih ananda Jemmy Febrian kelas XI IPA 1 SMAN 2 Mojokerto. Sungguh torehan prestasi yang membanggakan.

Daftar raihan prestasi delegasi KSN 2020 dari SMAN 2 Mojokerto
Daftar raihan prestasi delegasi KSN 2020 dari SMAN 2 Mojokerto
"Terima kasih saya sampaikan kepada Tim Kesiswaan. Berkat kerjasama yang baik selama persiapan KSN, akhirnya berjalan lancar dan mencapai target yang diharapkan. Kami juga mohon dukungan dan doa kepada semua pihak, khususnya warga sekolah, agar dilancarkan segala usaha 10 siswa yang mengikuti seleksi KSN Tingkat Provinsi," ujar Pak Shyndu yang juga Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan di SMAN 2 Mojokerto.

Sementara itu, Kepala SMAN 2 Mojokerto, Bapak Suyono, S.Pd., M.M.Pd., saat dikonfirmasi melalui telepon selulernya, membenarkan fakta prestasi sekolahnya. Dirinya juga sudah mendapat laporan lengkap dari para guru pembimbing dan khususnya Tim Pembina Kesiswaan.

Daftar Nama 10 Delegasi KSN 2020 Tingkat Provinsi Jawa Timur dari SMAN 2 Mojokerto mewakili Kab/Kota Mojokerto
Daftar Nama 10 Delegasi KSN 2020 Tingkat Provinsi Jawa Timur dari SMAN 2 Mojokerto mewakili Kab/Kota Mojokerto
"Saya hanya bisa bersyukur, bangga, sekaligus sangat berterima kasih. Tentunya kepada seluruh delegasi KSN, bapak ibu guru pembimbing, dan Tim Kesiswaan yang sudah mempersiapkan segala sesuatunya. Prestasi ini menjadi bukti bahwa sinergisitas dalam sekolah sangat dibutuhkan demi memberikan pelayanan terbaik pada peserta didik. Bila sudah baik, prestasi apapun sangat mudah diraih," ujar Pak Yono, sapaan karibnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN