Mohon tunggu...
Yustisia Kristiana
Yustisia Kristiana Mohon Tunggu... Dosen - Akademisi

Mendokumentasikan catatan perjalanan dalam bentuk tulisan

Selanjutnya

Tutup

Inovasi Artikel Utama

Radio Kampus, Menjawab Tantangan di Era Digital

8 Desember 2022   07:00 Diperbarui: 9 Desember 2022   01:15 360
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Universitas Multimedia Nusantara (UMN) Radio. Foto: umn.ac.id

Media massa yang mampu menyampaikan informasi secara satu arah dengan jangkuan yang luas adalah radio. Radio terdiri dari radio pemerintah, radio swasta, dan radio komunitas. Nah, salah satu yang termasuk ke dalam radio komunitas adalah radio kampus.

Radio kampus adalah radio komunitas yang dikelola oleh mahasiswa di suatu Perguruan Tinggi.  Radio kampus didirikan untuk mendukung pembelajaran dan menjadi media yang efektif untuk menyebarluaskan informasi pada kalangan kampus. Radio kampus juga dijadikan laboratorium bagi mahasiswa yang belajar tentang penyiaran (broadcasting).

Karakteristik Radio Kampus

Karakteristik radio kampus yang berbeda dengan jenis radio lainnya menyebabkan sistem pengelolaan tidak dapat disamakan dengan lembaga penyiaran lainnya.

Ciri radio kampus yang menjadi karakteristiknya yaitu target pendengarnya adalah kalangan mahasiswa sehingga informasi yang disampaikan harus sesuai dengan kebutuhan mahasiswa. Siaran radio kampus dibuat dengan pendekatan jurnalisme radio, pemahaman tentang karakateristik media radio harus dikuasai. Radio kampus bersifat independen dan nonprofit, pendanaan yang diperlukan masih mengandalkan pada pihak kampus.

Radio kampus menjadi sarana pembelajaran bagi mahasiswa, prinsipnya adalah dari mahasiswa, oleh mahasiswa, dan untuk mahasiswa. Bagi mahasiswa khususnya yang mengambil jurusan penyiaran, radio kampus dapat menempa mereka untuk menjadi profesional melalui praktik penyiaran.

Radio kampus berpotensi menjadi ruang publik bagi mahasiswa, dimana mahasiswa dapat menyampaikan ide, gagasan, hingga kreativitas kepada publik. Radio kampus mampu mendorong mahasiswa untuk berpikir kritis tentang kondisi yang ada di sekitarnya yang dapat diangkat dalam program-program siaran.

Melalui radio kampus, mahasiswa mampu mengaktualisasi diri sehingga potensi diri yang dimiliki dapat berkembang secara optimal.

Tantangan Radio Kampus

Radio merupakan ‘kendaraan’ untuk memproyeksikan kepribadian agar menarik bagi pendengarnya. Radio dinilai sebagai media yang efisien untuk menyampaikan pesan ke sejumlah besar orang pada saat yang sama, melampaui batas ruang dan waktu. Radio bahkan dianggap mampu meningkatkan kualitas hidup melalui program-program yang dikembangkan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun