Mohon tunggu...
Yustisia Kristiana
Yustisia Kristiana Mohon Tunggu... Dosen - Akademisi

Mendokumentasikan catatan perjalanan dalam bentuk tulisan

Selanjutnya

Tutup

Book Pilihan

Bagai Mimpi, Saat Bisa Menerbitkan Buku Karya Sendiri

8 Juli 2022   07:00 Diperbarui: 9 Juli 2022   11:50 242 37 13
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Karya buku (foto: dokumentasi pribadi)

Bila ditanya apakah saya punya karya buku? Saya akan menjawab, “punya…”

Ya, saya memiliki karya buku dan ada suatu kebanggaan dalam diri saya karena mampu menghasilkan karya. Saya akan berbagi pengalaman saat menerbitkan buku karya sendiri.

Karya buku dengan latar belakang Desa Wae Rebo, Nusa Tenggara Timur (foto: dokumentasi pribadi)
Karya buku dengan latar belakang Desa Wae Rebo, Nusa Tenggara Timur (foto: dokumentasi pribadi)

Menerbitkan Buku

Naskah buku saya yang diterbitkan secara ‘serius’ adalah melalui Penerbit Deepublish. Penerbit Deepublish termasuk ke dalam kategori penerbit buku indie atau penerbit buku mandiri.

Buku pertama yang diterbitkan melalui Penerbit Deepublish adalah buku yang memberikan panduan untuk salah satu profesi di sektor pariwisata. 

Saat saya menghubungi Penerbit Deepublish, pada waktu itu di tahun 2017, mereka menyampaikan prosedur penerbitan sebagai berikut:

  • Mengisi formulir dan surat perjanjian yang dikirimkan. Formulir dan surat perjanjian yang sudah diisi dikirimkan ke penerbit melalui email untuk dicek dan dicetak. Selanjutnya, penerbit akan mengirim surat perjanjian (melalui pos) untuk ditandatangani oleh penulis dan kedua saksi. Setelah tanda tangan terisi, penulis mengirimkan satu surat perjanjian ke penerbit dan surat keaslian naskah.
  • Mengirimkan draft naskah buku yang sudah siap beserta formulir yang telah dilengkapi kepada penerbit untuk kelengkapan database penulis.
  • Naskah yang sudah diterima akan diproses di bagian produksi. Rentang proses produksi paling cepat adalah 1 bulan (ini tergantung antrian) yang terdiri dari proses lay outing, desain cover, ISBN, hingga cetak sampel. Semua proses ini tidak dikenakan biaya.
  • Sampel (soft file) akan dikirim melalui email kepada penulis untuk direvisi apakah sudah sesuai atau belum, ini tidak dikenakan biaya.
  • Penulis mengirimkan hasil koreksi beserta poin-poin tambahan secara lengkap sesuai dengan formulir yang dikirimkan.
  • Waktu mencetak adalah mulai dari tertanggal penulis menyatakan bahwa tidak ada revisi kembali pada waktu tersebut.
  • Penjadwalan cetak dan jumlah cetak disesuaikan dengan kebutuhan penulis. Estimasi waktu pengerjaan untuk hitam putih 14 hari kerja dan berwarna 30 hari kerja.

Layanan Penerbit Buku

Penerbit Deepublish tergolong profesional karena mereka memiliki customer care yang sangat cekatan menjawab setiap pertanyaan baik itu melalui pesan singkat maupun email. Penerbit Deepublish juga mengirimkan "Buku Panduan Penerbitan Buku" yang sangat membantu penulis dalam memahami proses penerbitan buku.

Layanan yang diberikan oleh Penerbit Deepublish juga tergolong bagus. Dalam hal pembiayaan untuk proses cetak buku, penulis hanya membayar biaya produksi saja sedangkan untuk proses desain cover, editing, lay outing, pengurusan ISBN hingga finishing merupakan layanan dari penerbit (tidak dikenakan biaya). Penerbit Deepublish akan memberikan penawaran biaya cetak kepada penulis untuk menjadi pertimbangan.

Untuk pemasaran, sistem penjualan Penerbit Deepublih adalah secara direct selling, atau tidak bekerja sama dengan toko buku. Penjualan bisa dilakukan secara mandiri oleh penulis atau reseller, dan juga melalui website, katalog, serta dibuatkan versi e-book dan dipasarkan di google book dan situs online lainnya oleh Penerbit Deepublish.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Book Selengkapnya
Lihat Book Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan