Mohon tunggu...
Yusril Izha Mahendra
Yusril Izha Mahendra Mohon Tunggu... Mahasiswa Ekonomi Pembangunan

Kesadaran adalah matahari Kesabaran adalah bumi Keberanian menjadi cakrawala Dan perjuangan adalah pelaksanaan kata-kata (WS Rendra)

Selanjutnya

Tutup

Bisnis Pilihan

Honda: Kebanggaan Keluarga Indonesia dan Faktor Dibalik Kesuksesannya

31 Mei 2021   17:15 Diperbarui: 31 Mei 2021   17:52 101 2 0 Mohon Tunggu...

"...Ora Beat Ora Sweat..."

Perkataan di atas tersebutlah yang seketika diucapkan oleh seorang teman ketika dalam perjalanan ke suatu kota. Bukan tanpa alasan ia mengatakan hal demikian, setidak-tidaknya selama tiga jam perjalanan di atas motor kendaraan yang digunakan perempuan dan laki-laki dalam berboncengan (pacaran atau tidak) adalah motor Beat pabrikan Honda. Sejenak berpikir dan memperhatikan, saya pun menyadari hal yang sama bahwa mayoritas motor yang kami temui selama perjalanan juga berasal dari pabrikan yang sama, pun yang kami gunakan dalam perjalanan tersebut.

Apa yang menjadi alasan masyarakat membeli produk Honda? Dan kenapa produk dari pabrik tersebut sangat menjamur? Diskusi-diskusi demikianlah yang akhirnya meramaikan perjalanan kami, setidak-tidaknya kami tidak benggong dan mengantuk. 

Setelah saya pikir lebih jauh mengenai kondisi tersebut, nyatanya menjadikan motor-motor keluaran Honda sebagai kendaraan kebanggaan keluarga sudah cukup lama. Salah satunya adalah keluarga saya sendiri, tahun 2004 adalah pertama kalinya memiliki motor yang tidak lain Supra Fit tahun produksi 2003, selepas dari itu merek lain pun digunakan namun tetap dari pabrikan yang sama, Honda. 

Alasan mendasar memilih produk Honda saat itu tidak lain seperti kebanyakan orang jika ditanya, harga terjangkau, hemat bensin serta sparepart yang banyak tersedia.

Sebesar Itukah Honda?

Seperti dinyatakan dalam MotoCycles Data (McD) bahwa sejak memulai produksi pada tahun 1949  dan kemudian pada 1964 Honda menjadi perusahaan sepeda motor terbesar di dunia. Dengan kata lain telah memimpin pasar motor selama 56 tahun. Dalam waktu yang cukup lama tersebut Honda telah menjual lebih dari 400 Juta unit, serta memiliki 33 pabrik yang tersebar di 22 negara.

Berdasarkan data survei 2011-2021 yang dikeluarkan Statista pada 26 Mei 2021 lalu selain menyatakan bahwa pasar terbesar Honda adalah Pakistan, India, Vietnam dan Amerika Serikat. Di mana Honda Motorcycles and Scooters menguasai sekitar 27 persen pasar sepeda motor di India . Pada tahun 2020, penjualan Honda di Amerika Utara mencapai sekitar 332.000 unit, menjadikannya pasar regional terkemuka kedua. Honda Motor Corporation adalah salah satu pabrikan sepeda motor terbesar di Amerika Serikat dan dunia.

Di Indonesia sendiri berdasarkan rilis Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), pada tahun 2019 dengan total penjual motor sebanyak 6.487.430 unit 75,70% atau 4.910.688 unit di antaranya adalah produk Honda. Kemudian Yamaha sebesar 22,80%.

Sehingga wajar saja jika kita melakukan perjalanan hampir setiap beberapa detik sekali dapat dikatakan pasti akan ada motor pabrikan Honda yang melintas.

Bagaimana Honda Menjadi Perusahaan Besar?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN