Anda pasti sering menunda atau setidaknya pernah menunda menyelesaikan suatu pekerjaan. Kebiasaan buruk ini akan mengakibatkan tugas-tugas anda menjadi menumpuk dan membuat anda kewalahan di akhir. Kebiasaan ini sering terjadi karena pemberian tenggat waktu yang lama, yang membuat anda berfikir masih memiliki banyak waktu untuk mengerjakannya di lain waktu. Pemikiran inilah yang membuat anda menjadi terlena hingga tak sadar bahwa tenggat waktu hanya tinggal beberapa hari lagi.
Dalam dunia psikologi, orang-orang berfikir bahwa pekerjaan yang di berikan tersbut terlalu sulit yang membuat mereka tidak memiliki semangat untuk mengerjakan nya. Akibatnya, mereka cenderung menunda pekerjaan yang seharusnya bisa di selesaikan. Berikut beberapa sebab-sebab penundaan yang paling sering muncul:
- Stres
- Terjebak dalam tumpukan tugas dan jadwal
- Rasa malas
- Kurangnya motivasi
- Kurangnya disiplin waktu
- Kurangnya manajemen diri karena kebiasaan buruk
- Takut menghadapi kesulitan
- Multitasking
Tidak perlu khawatir, berikut beberapa cara mengatasi sifat suka menunda pekerjaan:
- Membuat daftar prioritas
- Mengelola waktu dengan baik
- Mencari alas an agar termotivasi
- Menghargai usaha diri sendiri